cara membuat cv di word

Mudah, ini Cara Membuat CV yang Menarik di Word

Tahukah Anda bahwa pembuatan CV dapat dilakukan di word? tidak melulu harus menggunakan website tertentu, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai cara membuat CV di Word. Namun sebelumnya, job seeker pasti sudah tidak asing dengan CV bukan? CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen yang berisi gambaran tentang profil, kualifikasi sampai pengalaman seseorang. CV juga bisa disebut dengan daftar riwayat hidup seseorang. 

Biasanya CV ini digunakan dalam proses recruitment pekerjaan yang dilakukan oleh baik perusahaan maupun organisasi. CV menjadi salah satu yang dipertimbangkan dan menjadi alat untuk ‘menyaring’ pelamar kerja untuk kemudian diseleksi kembali mana yang sesuai. 

Itulah juga mengapa, CV yang menarik menjadi sangat penting untuk dimiliki para pelamar kerja. Untuk membuat sebuah CV yang akan digunakan untuk melamar pekerjaan ke perusahaan, para pelamar kerja ini harus dapat ‘menarik perhatian’ recruiter, salah satunya menggunakan CV yang baik dan relevan. 

Ada banyak cara dalam membuat CV. Ada yang membuat CV dengan template yang sudah ada maupun desain sendiri menggunakan tools yang lebih advanced. Sekarang juga dikenal adanya CV yang ATS friendly agar mudah terjaring dalam proses seleksi. Nah, salah satu cara simpelnya adalah membuat CV di Microsoft Word. Bagaimana cara membuat CV di Microsoft Word yang menarik? Yuk simak artikel di bawah ini!

 

Cara Membuat CV yang Menarik di Word

Salah satu cara paling mudah untuk membuat CV namun tetap menarik adalah menggunakan Microsoft Word. Ada dua cara yang bisa digunakan sebagai cara membuat CV menarik di word, menggunakan template yang ada atau tidak menggunakan template. 

Sebelum membuat CV dengan Word, pastikan Anda mengetahui apa-apa saja yang akan Anda masukan dalam CV Anda. Mulai dari profil singkat, data diri, hingga pengalaman kerja Anda. Anda bisa memanfaatkan Word untuk membuat CV yang menarik dengan beberapa panduan berikut:

 

Cara Membuat CV dengan Template

Jika Anda pemula dalam membuat CV sebaiknya Anda menggunakan template yang tersedia dari Microsoft Word terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan Anda dalam membuat CV yang terstruktur. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Microsoft Word
  2. Klik File kemudian pilih New 
  3. Pada search box ketik CV atau Resume 
  4. Maka akan muncul Template CV dari Microsoft Word
  5. Pilih salah satu yang Anda inginkan kemudian Klik Create
  6. Jika sudah Anda bisa langsung mengisi CV sesuai dengan data diri Anda
  7. Jangan lupa pastikan koneksi internet Anda tersambung agar bisa menyimpan template, ya!

 

Baca Juga : Jangan Buat CV Seperti Ini, Kalau Tidak Mau Dicuekin HRD!

 

Berikut contoh CV dengan template dari Microsoft Word:

cara membuat cv di word

 

Sumber: newslodge.com

 

Cara Membuat CV Tanpa Template

Pilihan lain saat Anda ingin lebih kreatif dalam membuat CV namun tidak menguasai software design adalah dengan membuat CV tanpa template di Microsoft Word. Banyak yang bisa Anda lakukan untuk mendesain CV Anda hanya dengan Microsoft Word. Berikut langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Buka Microsoft word
  2. Kemudian Klik Menu File dan pilih New Document 
  3. Atur Margin yang Anda inginkan di tab Layout
  4. Anda bisa mengatur desain CV dengan menggunakan fitur Shape 
  5. Untuk mengatur warna dan tampilan, pilih menu Design.

 

Membuat CV tanpa template sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa melihat referensi desain CV yang Anda inginkan untuk kemudian Anda buat di Microsoft Word. Anda bisa mencari contoh template atau layout CV yang Anda inginkan di Pinterest maupun website yang menyediakan template CV gratis. Berikut adalah salah satu contohnya:

cara membuat cv di word

Sumber: newslodge.com

 

Tips Membuat CV Menarik dari Microsoft Word

Walaupun tidak seahli software yang lain dalam mendesain CV, nyatanya Microsoft Word juga dapat membuat CV Anda menarik! Isi dari CV sendiri perlu diperhatikan agar informasi dan data diri Anda jelas juga terlihat profesional. Berikut beberapa tips agar CV Anda menarik:

 

Gunakan Kata dan Kalimat yang Jelas

Pemilihan kata dalam membuat CV merupakan hal yang penting. Jangan sampai CV yang Anda buat terlalu bertele-tele dalam menyampaikan informasi. Pemilihan kata yang jelas dan mudah dimengerti akan membuat CV Anda terlihat profesional dan menarik.

 

Baca Juga : Pencari Kerja Harus Tahu! Cara Ampuh Menulis Tentang Saya di CV

 

Jangan Terlalu Panjang 

Anda harus memilah apa saja informasi yang akan Anda masukan dalam CV. Mulai dari nama, profil singkat, riwayat pendidikan, pengalaman kerja hingga kemampuan biasanya ada dalam sebuah CV. Masukkan informasi-informasi penting di atas dengan jelas, jangan sampai CV Anda membutuhkan berlembar-lembar halaman karena deskripsi Anda yang terlalu panjang. 

 

Pilih Desain Simpel

Desain CV menjadi salah satu yang diperhatikan paling awal tentu saja. Anda harus memastikan desain CV yang Anda gunakan simpel dan enak dilihat. Jangan berlebihan dalam mendesain sebuah CV. Saat ini juga ada CV yang ATS friendly bisa jadi pilihan untuk Anda. 

 

Baca Juga : Daftar Website Untuk Buat CV Online

 

Demikian informasi cara membuat CV di word dan juga contohnya yang menarik untuk Anda. Jangan lupa di aplikasikan dengan baik. Semoga bermanfaat!