motivation letter

Cara Membuat Motivation Letter dan Contohnya

Banyak yang mengartikan bahwa motivation letter ditulis hanya untuk keperluan pengajuan beasiswa ke luar negeri saja. Padahal, tidak demikian. Motivation letter juga bisa digunakan untuk keperluan melamar pekerjaan khususnya jika Anda menginginkan bidang tertentu. Tentu saja, ketepatan dan kesesuaian setiap pemilihan kata menjadi penilaian tersendiri bagi tim HRD perusahaan maupun tim seleksi dari universitas luar negeri yang sedang Anda incar sekarang.

Lalu sebenarnya, apa itu motivation letter? Bagaimana cara membuatnya? Seperti apa contohnya?

Mari kita ulas secara lengkap tentang cara membuat motivation letter dan contohnya di bawah ini! 

 

Apa itu Motivation Letter ?

Motivation letter adalah salah satu jenis surat esai yang bersifat tidak resmi untuk menceritakan deskripsi perihal diri-sendiri tentang latar belakang pendidikan, kehidupan, prestasi yang diraih, dan juga kontribusi diri, serta menyebutkan mengapa Anda layak untuk memperoleh pekerjaan / beasiswa sesuai dengan bidang yang Anda inginkan.

Karena bersifat tidak resmi dan terkesan sepele, banyak yang kurang memperhatikan tentang poin-poin apa saja yang harus ada dalam motivation letter ini, adapun 2 poin yang penting dan harus diperhatikan adalah:

  • Jumlah kata tidak lebih dari 500 kata
  • Jangan bertele-tele harus singkat dan padat

 

Cara Membuat Motivation Letter

Untuk lebih jelasnya, baiknya Anda juga mempelajari bagaimana cara membuat motivation letter yang baik dan benar. 

Berikut, ini langkah-langkah yang harus Anda ikuti dalam membuat motivation letter:

 

1. Brainstorming / Perluas Ide untuk Membuat Konsep Tulisan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memulai untuk menulis motivation letter adalah melakukan brainstorming / memperluas kerangka-kerangka untuk ide Anda. Membuat kerangka / konsep ide bisa dilakukan melalui beberapa cara di bawah ini:

  • Pencapaian terbaik apa yang pernah Anda raih, apa saja latar belakang dari pencapaian tersebut? Mengapa pencapaian itu Anda anggap sebagai pencapaian terbaik? Ingat, pencapaian ini memiliki makna yang lebih luas, bukan hanya sekedar pencapaian prestasi, pencapaian dalam menerima penghargaan, tetapi juga pencapaian besar yang berhasil mengubah hidup Anda menjadi lebih baik
  • Skill, kompetensi, dan keterampilan yang Anda miliki, yang tentunya berbeda dari satu orang dengan orang lainnya. Sebut saja, ini adalah ciri unik Anda yang tidak dimiliki oleh orang lain, dan sebutkan pula bagaimana Anda mengembangkan skill tersebut.
  • Identifikasi melalui film, karya seni, ataupun buku-buku favorit Anda, lalu sebutkan juga alasan Anda mengapa karya itu menjadi pilihan terbaik Anda
  • Sebutkan peristiwa tersulit yang pernah terjadi di hidup ANda, dan bagaimana cara Anda melewatinya
  • Sebutkan juga peristiwa yang membuat Anda bangkit dari keterpurukan di hidup Anda, dimana peristiwa tersebut membuat Anda berjuang sekuat tenaga untuk mencapai sebuah tujuan dan akhirnya Anda berhasil mencapai tujuan
  • Apa kegagalan yang pernah Anda alami? Bahkan setelah Anda bekerja / berjuang keras, dan apa yang menjadi alasan dari kegagalan Anda?
  • Sebutkan mimpi Anda yang ingin diraih di masa depan.

 

Baca Juga: Apa itu Kaizen? Berikut Cara Penerapan dan Manfaatnya !

 

2. Fokuslah pada Cerita Terbaik di Hidup Anda

Fokuslah pada cerita terbaik yang terjadi dalam hidup Anda sehingga pembaca mampu melihat dan mengenal Anda secara lebih baik melalui motivation letter yang Anda buat. Jangan terlalu panjang, jangan bertele-tele sehingga membuat pembaca skip dan meletakkan motivation letter Anda sebelum selesai membacanya.

 

3. Hidupkan Cerita Anda

Cara mudah membuat pembaca tetap fokus pada cerita Anda adalah dengan menghidupkan cerita Anda. Visualisasikan cerita Anda. Buat cerita tentang hidup Anda benar-benar hidup dalam tulisan yang Anda buat. 

Buat cerita semenarik mungkin dan unik. Unik di sini berarti bahwa pada saat pembaca membaca motivation letter yang Anda buat, maka dia sudah tahu dan paham bahwa ini memang Anda, bahwa cerita itu memang hanya milik Anda.

 

4. Buat setiap Detailnya menjadi Spesifik

Ketika mendeskripsikan sesuatu, pastikan untuk membuat detailnya menjadi spesifik. Misalnya, poin apa yang membuat Anda berkembang? Prestasi seperti apa yang pernah Anda raih? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi hal tersulit dalam hidup Anda? Buat semuanya menjadi singkat, jelas, padat, dan spesifik dalam tiap detailnya.

 

5. Cek Ulang Isi dari Motivation Letter Anda

Terakhir, semenarik dan sebagus apapun motivation letter yang Anda buat, pastikan untuk mengecek ulang dengan membacanya kembali. Jika perlu, poin-poin yang masih terlalu panjang bisa Anda persingkat kembali dengan tetap mempertahankan poin-poin utama pada cerita Anda.

 

Contoh Motivation Letter

Setelah Ada memahami bagaimana cara membuat motivation letter, kini saatnya Anda membuatnya. Jika perlu, contoh di bawah ini mungkin bisa membantu membuat gambaran Anda tentang bagaimana membuat motivation letter yang menarik.

 

Baca Juga: Contoh Surat Peringatan SP1

 

Contoh Motivation Letter untuk Melamar Kerja / Magang Kerja

 

JL KP Bulak Desa Nanggerang, RT 04/01 No 40 

20-01-2021

Tim HR  PT Maju Bersama

Yang terhormat Tim HR PT Maju Bersama

Saya menulis surat ini untuk menyampaikan ketertarikan saya pada posisi HR Recruitment di perusahaan Anda.

Saya baru saja mendapatkan gelar sarjana di jurusan psikologi dari Universitas XXX ,  Sebagai seorang sarjana psikologi, saya telah dilengkapi dengan ilmu penting yang berkaitan dengan perekrutan karyawan,human capital, pelatihan personel dan kompensasi juga legal provisions dan masalah ketenagakerjaan lainnya.

Pengalaman magang saya sebagai HR Intern di Perusahaan DEFGH yang juga telah menambah keterampilan yang memadai untuk bekerja dengan beberapa professional di bidang human resource. Selama masa 3 bulan magang, saya telah belajar dan terus mengasah skill saya bidang human resource.

Beberapa pencapaian telah saya raih selama magang, termasuk ikut andil menjadi bagian hr engagement Saya bekerja sama dengan pekerja magang lainnya dan kami sukses mengatur sebuah perjalanan wisata untuk 100 karyawan dalam rangka meningkatkan engagement. Kami memperoleh  penilaian 90% dari hasil survey yang kami laksanakan kepada karyawan tersebut setelah kegiatan tersebut selesai.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan surat lamaran ini dan saya ingin sekali mendengar kabar kembali dari Anda.

 

Hormat saya, 

Tanda Tangan

 

naomi zaskia

 

performance review

Motivation Letter menjadi penting untuk anda buat agar anda dapat memberikan kesan yang baik kepada recruiter. untuk HR Recruitment anda dapat menggunakan Software Rekrutmen LinovHR untuk memudahkan proses rekrutmen karyawan seperti screening cv, psikotes karyawan, hingga proses onboarding. 

Tidak hanya rekrutmen, LinovHR memiliki modul dan fitur Performance Management, Payroll, Time Management, Succession Management, Loan, Personal Administration, dan masih banyak lagi, tentunya semua modul atau fitur tersebut dapat memudahkan pekerjaan anda sebagai seorang HR.

Sekian pembahasan tentang motivation letter semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk anda,