cara mempromosikan diri

Kamu Termasuk Karyawan Introvert? Gunakan 7 Hal Ini Untuk Mempromosikan Diri

Setiap orang memang dilahirkan dengan karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Beberapa orang tidak terganggu dengan sikap atau karakter kepribadian orang lain. Ada yang cuek saja, ada pula yang banyak bicara, bahkan ada yang sangat tertutup. Sikap tertutup ini kesannya seperti seorang yang dingin dan tidak mau tahu akan orang lain. Padahal belum tentu demikian. Bisa saja sikap tertutup dan berdiam diri ini karena seseorang tersebut pemalu atau minder. Bahkan ada yang memang sengaja diam karena hanya suka menjadi pengamat dan penonton.

Tetapi, bila Anda karyawan kantor dengan sikap introvert seperti ini, mungkin ini akan menjadi masalah tersendiri di tempat Anda bekerja. Karena saat Anda berada di kantor Anda berhadapan dengan banyak orang yang perlu diajak berkomunikasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Jadi tidaklah mungkin jika Anda hendak bekerja sama untuk tugas kantor tapi Anda hanya diam saja dan bersikap tertutup.

Perubahan bukanlah hal yang disukai orang introvert karena itu bisa melanggar zona nyaman. Waktu sangat dibutuhkan bagi orang introvert untuk menerima perubahan sekecil apa pun. Jika kamu termasuk karyawan introvert, berikut ada 7 tips yang menolongmu untuk mempromosikan diri.

 

1.Kembangkan sikap PeDE

Sikap percaya diri sendiri tentu tidak ada secara alami pada orang yang introvert. Sikap ini perlu dipupuk dan dikembangkan terus menerus. Meskipun banyak yang beranggapan bahwa seseorang yang introvert adalah seorang yang pemalu, canggung, atau kutu buku, tetapi orang tipe introvert bisa berada dalam profesi kerja apapun, dan ikut berkontribusi juga dalam perkembangan sejarah kemanusiaan di dunia. Seorang introvert juga bisa memiliki nilai lebih dalam mengerjakan berbagai jenis pekerjaan. Jadi percaya dirilah untuk mempromosikan diri di tempat kerja.

 

2.Tunjukkan ketulusan sejati

Ini sangat membantu mempromosikan diri bagi orang introvert. Tidak semua orang terutama rekan kerja memiliki ketulusan sejati. Bagi dunia di jaman sekarang, ketulusan itu sangat mahal harganya dan itu lebih berharga daripada kepandaian apapun.

 

3.Melatih kemampuan berkomunikasi

Kemampuanmu berkomunikasi mungkin tidak secemerlang orang berkepribadian ekstrovert yang memang memiliki bakat alami untuk berani berbicara di depan orang lain. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki keahlian berkomunikasi. Justru jika orang introvert berlatih terus untuk berbicara di tempat umum, ia akan handal. Jangan takut untuk mencobanya, ini tak seburuk yang dibayangkan.

 

Baca Juga :Ingin melatih soft skill ? Begini cara melatihnya

 

4.Bergaul dan berteman dengan orang kantor

Bila sedang bekerja di kantor, usahakan Anda bergaul dan berteman dengan beberapa teman kantor. Ini adalah cara mempromosikan diri di tempat kerja. Tunjukkan diri Anda adalah supel. Tidak masalah bila sepulang dari kantor Anda bersikap introvert lagi. Tapi usahakan menjadi profesional bila di kantor.

 

5.Promosikan keunikanmu

Di balik kekurangan diri manusia pasti ada kelebihan yang berpotensi untuk membawa keberhasilan. Tidak tertutup kemungkinan bagi orang introvert. Mungkin saat ini kamu belum menemukan potensimu, karena kamu belum menyadarinya. Fokusmu masih terarah pada kekurangan daripada kelebihan yang kamu miliki. Sekarang coba temukan kelebihan dan memanfaatkannya untuk mempromosikan diri.

 

Baca Juga :Ini dia alasan kenapa promosi jabatan tak kunjung tiba

 

6.Memilih informasi yang Benar

Banyak orang yang tidak suka jika sendirian dan memilih untuk mengisi kekosongan tersebut dengan apapun yang bisa mereka dapatkan untuk dipikirkan. Orang introvert melihat hal tersebut sebagai sebuah hal yang menguntungkan waktu mereka sendiri. Introvert dapat memiliki informasi data yang akurat yang dipakai di pekerjaan. Inilah yang disukai di tempat kerja, karena itu perlu tetap memegang data informasi yang benar bagi orang tipe introvert.

 

7.Menjadi Pendengar yang Baik

Sekarang ini sulit sekali ditemukan orang yang mau menjadi pendengar yang baik. Dengan kemajuan teknologi semua orang mau berkomunikasi dan terhubung dengan yang lain secara cepat. Ini bukanlah hal sulit bagi introvert menjadi pendengar yang baik. Tidak heran orang introvert mampu memecahkan masalah dengan baik karena berasal dari pendengar yang baik pula. Gunakan ini sebagai cara mempromosikan diri di kantor.

Itulah cara mempromosikan diri yang dapat dilakukan oleh karyawan introvet,  walau bagaimanapun karyawan introvet harus dapat mengembangkan dirinya agar dapat mempromosikan diri di dalam dunia kerja.