media promosi

Mau Produk Laris? Gunakan Media Promosi yang Tepat!

Seiring berkembangnya zaman, berbagai industri bisnis mulai beralih menggunakan media promosi yang lebih modern untuk mempromosikan produknya. Sebab, media tersebut dapat membantu industri bisnis memasarkan produknya secara lebih cepat dan lebih luas kepada pelanggan serta mampu membantu meningkatkan penjualan suatu bisnis. Lantas, apa yang dimaksud dengan media promosi? Simak penjelasannya dibawah ini.

 

Apa Itu Media Promosi?

Pengertian media promosi adalah sebuah alat promosi yang dapat digunakan untuk meningkatkan suatu bisnis. Selain itu, media promosi adalah alat yang digunakan untuk mempromosikan produk, ide, dan layanan suatu bisnis kepada pelanggan. Pemilihan media tersebut tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena mampu mempengaruhi strategi bisnis yang dijalankan perusahaan. 

 

Fungsi Media Promosi

Selain membantu meningkatkan bisnis, berikut beberapa fungsi lainnya dari media promosi dalam dunia bisnis:

 

Mendapat Perhatian Pelanggan &  Membangun Kesadaran Produk

Jika orang tidak tahu tentang keberadaan bisnis Anda, bagaimana bisa mereka menjadi pelanggan Anda, setuju? Maka dari itu, penting memilih media yang tepat untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di antara pelanggan, sehingga bisnis Anda dapat menjangkau pelanggan secara luas. Apabila bisnis Anda sudah dikenal dan mendapatkan banyak perhatian pelanggan, maka kesadaran produk (brand awareness) akan terbentuk di kalangan masyarakat. 

 

Baca Juga : Tips Jitu Meningkatkan Brand Awareness di Masyarakat

 

Meningkatkan Daya Tanggap (Responsif)

Media yang tepat juga mempermudah bisnis Anda memberikan dan menerima umpan balik. Jika pelanggan Anda memiliki masalah atau kendala dengan produk yang ditawarkan bisnis Anda, mereka dapat memberi tahu masalah tersebut secara lebih cepat. Dengan adanya media untuk promosi ini, pelanggan dapat dengan mudah dan nyaman mengekspresikan apa yang mereka rasakan terhadap produk yang Anda tawarkan. Platform promosi ini membantu bisnis melihat keluhan pelanggan dan meyakinkan pelanggan bahwa masalah mereka akan ditangani. 

 

Meningkatkan Persaingan dengan Kompetitor

Apabila kompetitor Anda menggunakan platform promosi digital untuk memasarkan produk mereka, maka Anda juga perlu mengikuti strategi pemasaran melalui media digital dan menerapkannya. Ditambah lagi,  kini dunia bisnis semakin kompetitif dan banyak perusahaan yang memanfaatkan media digital sebagai sarana promosi. 

Oleh karena itu, bisnis Anda juga perlu memanfaatkan platform promosi yang tepat agar dapat bersaing dengan para kompetitor lainnya. Tidak sampai disitu, pastikan juga Anda memberikan produk dan layanan yang terbaik kepada pelanggan.

 

Alat Pemasaran yang Efektif

Selanjutnya, fungsi dari media adalah sebagai alat untuk pemasaran produk yang lebih efektif. Anda dapat memanfaatkan platform promosi secara kreatif  untuk mengiklankan produk dan layanan dari bisnis Anda tanpa membuat pelanggan Anda merasa kewalahan dengan kampanye pemasaran yang dilakukan. 

Dengan menggunakan platform promosi yang tepat, Anda tidak hanya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bisnis Anda, tetapi sekaligus mengingatkan pelanggan tentang produk dan layanan yang Anda tawarkan.

 

Baca Juga : Tips Jitu Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

 

Jenis Media Promosi

Setelah mengetahui fungsinya, Anda juga perlu mengetahui beberapa contoh media promosi yang kerap digunakan dalam dunia bisnis, yakni:

 

  • Majalah 

Media promosi yang pertama adalah majalah. Keunggulan dari media ini adalah ulasan mengenai produk Anda dapat dibahas dengan lengkap dan mampu menjangkau pelanggan dengan lebih spesifik. Namun, kelemahan dari media ini adalah Anda tidak dapat menerima umpan balik secara langsung dari pelanggan sehingga sulit bagi Anda untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan.

 

  • Radio

Radio tidak hanya berfungsi untuk memberikan informasi atau memutarkan lagu, tetapi juga dapat berfungsi sebagai media untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu produk. Teknik periklanan yang digunakan media radio adalah teknik “word of mouth” atau “dari mulut ke mulut”. Word of Mouth merupakan salah satu strategi pemasaran yang berfungsi untuk membantu meningkatkan penjualan produk. 

 

  • Televisi

Platform promosi berikutnya yang cukup populer adalah televisi. Dibandingkan dengan radio, media televisi lebih efektif dalam mengiklankan produk karena mampu menampilkan bentuk promosi secara visual dan suara yang lebih optimal. Sehingga pelanggan akan merasa terkesan dan tertarik untuk membeli produk Anda.

 

  • Media Online

Selain televisi dan radio, salah satu platform yang banyak diminati oleh para pebisnis untuk memasarkan produknya adalah media online. Sebab, platform ini mampu menjangkau pelanggan secara lebih luas dan lebih cepat dibanding media televisi  maupun radio.

Apalagi di era internet seperti saat ini, sebagian besar orang sudah beralih menggunakan media online untuk mendapatkan informasi. 

Dikutip dari Kompas, jumlah pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 adalah 202,6 juta jiwa, angka ini meningkat 15,5 % dibandingkan dengan bulan Januari 2020. Jadi, peluang Anda untuk mendapatkan perhatian pelanggan akan lebih besar menggunakan media ini. 

 

  • Social Media

Social media merupakan salah satu platform berbasis internet yang dapat Anda manfaatkan secara optimal untuk mengiklankan produk bisnis Anda. Sebab, pengguna internet saat ini cukup banyak mulai dari kalangan remaja hingga dewasa. Bahkan, saat ini beberapa social media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain menawarkan layanan atau fitur iklan (ads) yang diperuntukan bagi pebisnis yang ingin mempromosikan produknya. 

 

Berbagai Hal yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Media Promosi

Sebelum memilih media yang tepat untuk membantu mempromosikan produk Anda, alangkah baiknya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut ini terlebih dulu:

 

1. Potensi Pasar

Pertimbangkan potensi pasar dalam memasarkan produk Anda, mulai dari jumlah pelanggan, penyebaran geografis pelanggan, kelompok usia, pola pendapatan, dan sebagainya.

 

Baca Juga : Inilah Sederet Manfaat Riset Pasar Dalam Dunia bisnis

 

2. Kredibilitas dan Citra Media

Kredibilitas sangat penting terutama bagi pebisnis yang menggunakan media koran dan majalah. Sebab, kedua media tersebut membawa kesan dan pengaruh yang lebih berat dibanding media lainnya.

 

3. Biaya

Biaya merupakan salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih media untuk promosi. Perlu diketahui, setiap jenis media memiliki range harga yang berbeda beda, maka usahakan pilih yang paling sesuai dengan budget perusahaan Anda. 

 

4. Klasifikasi Audiens

Penting bagi Anda untuk memperhatikan kelas audiens yang ingin Anda pengaruhi dengan promosi produk bisnis Anda.

 

5. Sifat Produk

Sesuaikan media yang dipilih dengan jenis produk yang ingin Anda promosikan. Misalnya, industri rokok lebih memilih media televisi untuk mengiklankan produknya dibandingkan menggunakan media penyiaran seperti radio, karena televisi dapat memberikan representasi visual sekaligus suara yang lebih optimal.

 

Itulah beberapa aspek yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih media promosi yang tepat. Saat ini, media digital berbasis internet seperti Social Media dan Google Ads banyak digunakan oleh para pebisnis untuk memasarkan produknya karena dapat menjangkau pelanggan lebih luas, terukur dan lebih cepat. Selain itu, kedua jenis platform tersebut mampu membantu membangun awareness di kalangan masyarakat.