cara menggaji karyawan

Cara Menggaji Karyawan Lebih Praktis dan Mudah Bersama LinovHR

Perhitungan hingga cara menggaji karyawan memang kadang terbilang sulit, terutama bagi HRD di perusahaan. Perhitungan manual seringkali memicu kesalahan manusia atau human error, seperti lupa tantang berapa upah yang harus kita berikan kepada karyawan, apalagi jika banyaknya karyawan di sebuah perusahaan mengakibatkan perhitungan gaji secara manual menjadi lebih rumit. 

Untuk itu, Modul Payroll pada Software HRD dari LinovHR bisa Anda gunakan untuk menggaji karyawan dengan cara yang lebih efektif dan efisien.Lalu apa saja yang dapat dilakukan Modul Payroll LinovHR untuk melakukan penggajian karyawan yang lebih praktis dan mudah?

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengelola Kompensasi dan Benefit?

 

Kemampuan Umum Modul Payroll LinovHR

Pekerjaan yang bersifat administratif tentunya dapat diselesaikan dengan lebih mudah berkat adanya modul payroll. Penghitungan payroll, pembayaran gaji secara rutin dan periodik, pengelompokkan gaji berdasar jenis atau jabatan karyawan, pembuatan slip gaji, hingga laporan penggajian dapat dikelola dengan akurat dan sistematis.

Adapun kemampuan umum modul payroll dari LinovHR yang sudah dirangkum untuk Anda.

 

Mengelompokkan Komponen Payroll

Terdapat beberapa kode akuntansi yang akan digunakan saat proses payroll.

Karena itu, payroll LinovHR pun hadir dengan fitur yang dapat menggabungkan atau mengelompokkan kode akuntansi agar memudahkan dalam proses pengerjaan.

 

Pengelolaan Gaji Beserta Komponen

Agar tidak terjadi keterlambatan penggajian saat akhir periode, admin payroll akan sibuk mengurus penggajian karyawan.

Anda bisa memanfaatkan fitur Payroll Component untuk mengelola gaji beserta komponen lainnya, seperti tunjangan transportasi, tunjangan makan, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, asuransi, beserta jaminan lainnya melalui modul payroll LinovHR ini.

 

Mengatur Proses Pembayaran Gaji

Untuk mengatur proses pembayaran gaji mulai dari periode, jadwal, hingga metode pembayaran gaji, pajak, dan lainnya, telah dikelompokkan oleh fitur payroll group yang akan melakukan pengelompokkan komponen payroll untuk proses pembayaran gaji.

 

Pengelompokan Karyawan Berdasarkan Gaji yang Diterima

Anda dapat memanfaatkan fitur Employee Set yang memudahkan admin payroll dalam hal pembayaran gaji, bila perusahaan memiliki jumlah karyawan yang banyak dengan jumlah gaji yang berbeda-beda.

Berdasarkan penerimaan gaji yang telah ditentukan oleh perusahaan, maka fitur ini pun tepat untuk mengelompokkan karyawan tertentu.

 

Melakukan Perhitungan Gaji

Admin payroll akan menghitung jumlah gaji pada masing-masing karyawan, setelah mengumpulkan seluruh komponen yang dibutuhkan untuk menghitung gaji.

Perusahaan bisa melakukan proses perhitungan payroll secara otomatis melalui 4 jenis proses, dengan menggunakan fitur Payroll Process.

Pertama, standard yang dipakai untuk menghitung gaji pada periode berjalan. Kedua, THR dan severance. Ketiga, retroactive atau rapel gaji.

 

Membuat Laporan Penggajian

Anda bisa membuat laporan penggajian atau payroll sesuai dengan kebutuhan perusahaan dengan fitur E-Payroll yang terdapat dalam modul ini. Hasil laporan payroll yang akurat karena fitur ini bisa menyediakan file-file yang dibutuhkan.

 

Mencetak Slip Gaji

Modul Payroll mampu untuk membuat slip gaji yang dapat digunakan oleh karyawan yang akan tersedia dalam bentuk softcopy dengan format pdf sehingga karyawan dan HRD bisa mengunduh atau mencetaknya. 

 

Menyimpan Seluruh Data Bank

Modul payroll memiliki kemampuan untuk menyimpan informasi data bank yang berkaitan untuk proses penggajian karyawan, karena perusahaan akan membutuhkan kerja sama dengan pihak bank dalam urusan payroll.

 

Menyimpan Seluruh Metode Pembayaran Finansial

Modul ini juga dapat menyimpan seluruh metode pembayaran yang dilakukan saat transaksi finansial perusahaan selain untuk menyimpan data bank, sehingga admin payroll tidak perlu kewalahan dan mempercepat proses pembayaran.

 

Melihat Simulasi Pembayaran Pajak Selama Satu Tahun

Disini juga terdapat fitur Tax Calculator yang dapat digunakan untuk melihat pembayaran pajak perusahaan selama satu tahun pada modul Payroll LinovHR.

Setelah itu, perusahaan bisa melakukan pembayaran pajak secara baik melalui fitur ini.

 

Baca Juga: Apa Itu Program Benefit Karyawan? Simak Ulasannya di Bawah Ini!

 

Perusahaan bisa mengefektifkan penggajian karyawan dengan memanfaatkan Modul Payroll dari Software HRD LinovHR. Seluruh proses penggajian karyawan dapat dilakukan secara otomatis, praktis, dan mudah, sehingga dapat mengefisiensi waktu pengerjaan.

Modul ini pun juga dapat membantu dalam menyajikan data yang akurat sehingga kesalahan yang sering dilakukan oleh admin payroll dalam mengurus penggajian karyawan akan terminimalisir. LinovHR akan menjamin amannya rahasia data perusahaan, sehingga perusahaan tidak perlu khawatir jika data akan hilang, rusak, atau bocor.

 

Baca Juga: Memahami Cost Benefit Analysis dan Cara Hitung yang Benar

 

Menggunakan Modul Payroll dari LinovHR merupakan cara menggaji karyawan yang efektif dan efisien. Ingin mengefektifkan manajemen penggajian di perusahaan Anda?

Gunakan segera Modul Payroll dari Software HRD Indonesia LinovHR yang akan memudahkan penggajian karyawan lebih praktis dan mudah, sekarang juga!