manajemen personalia

Apa Itu Program Benefit Karyawan? Simak Ulasannya di Bawah Ini!

Memberikan gaji kepada karyawan sudah tentu menjadi kewajiban perusahaan. Namun, bagaimana dengan memberikan benefit selain gaji kepada karyawan? Tujuan dari pemberian benefit adalah untuk meningkatkan produktivitas dan loyalitas. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini! 

 

Apa itu Benefit Karyawan? 

Program benefit karyawan adalah suatu kompensasi selain gaji kepada karyawan untuk mendukung kesejahteraan karyawan beserta keluarganya. Benefit biasanya diberikan dalam bentuk non tunai. Hal ini berbeda dengan tunjangan atau bonus yang biasanya diberikan dalam bentuk tunai. Semakin sulit suatu pekerjaan, biasanya benefit yang ditawarkan juga semakin banyak. 

 

reimbursement

Manfaat Benefit Karyawan

Pemberian benefit kepada karyawan akan membawa beberapa manfaat, yang mana manfaat tersebut akan berdampak bagi perkembangan perusahaan. Manfaat yang dimaksud antara lain: 

  • Meningkatkan kualitas hidup karyawan yang berdampak pada kinerja karyawan
  • Mengembangkan rasa aman dan nyaman saat bekerja 
  • Mengurangi beban stress khususnya ketika karyawan menghadapi project yang berat
  • Menumbuhkan loyalitas karyawan
  • Menarik kandidat unggulan untuk bergabung dengan perusahaan

 

Contoh Program Benefit Karyawan

Setelah mengetahui manfaat dari program benefit, selanjutnya mari membahas mengenai contoh-contohnya. Umumnya skala perusahaan akan menentukan seberapa besar benefit yang akan diterima karyawan. 

 

Jaminan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Di Indonesia, setiap karyawan berhak mendapatkan akses jaminan sosial  melalui BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Namun, perusahaan juga bisa memberikan jaminan ekstra berupa private insurance yang memungkinkan karyawan untuk menerima pelayanan kesehatan yang lebih luas. Pertimbangan untuk menggunakan jasa vendor asuransi swasta untuk menjamin keselamatan karyawan juga dapat diperhitungkan, khususnya jika perusahaan merupakan perusahaan pertambangan dan manufaktur yang melibatkan banyak alat berat serta penuh dengan risiko. 

 

Layanan Konseling Karyawan

Pentingnya kesehatan mental belakangan ini mulai disadari oleh banyak orang. Begitu pula dalam ruang lingkup perusahaan. Karyawan yang memiliki kondisi mental yang sehat dapat bekerja lebih baik dibandingkan karyawan yang mengalami stress.

Ironisnya, tekanan pekerjaan dan job load yang banyak justru salah faktor yang membuat karyawan stress atau mengalami burnout. Untuk mengatasi hal ini, perusahaan dapat menyediakan benefit berupa pelayanan konseling kepada karyawan. 

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental Karyawan dengan Employee Assistance Program

 

Makan Siang Sehat

Makanan yang dikonsumsi oleh tiap individu akan berpengaruh terhadap kesehatannya. Agar kesehatan karyawan selalu terjaga dengan baik agar mampu bekerja dengan maksimal, perusahaan juga dapat memberikan makan siang sehat untuk karyawan. Daripada karyawan jajan di luar yang belum tentu terjamin nilai gizinya, lebih baik makan siang sehat dari perusahaan. Maka kualitas kesehatan karyawan pun meningkat dan tidak mudah sakit. 

 

Akses Kredit Hunian

Siapa yang tak ingin mempunyai hunian yang layak? Karyawan pun sudah pasti juga menginginkannya. Akses Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dinilai mampu menumbuhkan semangat kerja karyawan. Perusahaan bisa bekerja sama dengan developer atau instansi yang menyediakan hunian bersubsidi. Sehingga karyawan merasa keberadaannya dihargai oleh perusahaan. 

 

Liburan Gratis

Penat dan padatnya dunia kerja mengharuskan karyawan rehat sejenak. Program benefit dapat berupa liburan gratis pun mulai banyak diberikan perusahaan. Biasanya karyawan akan menerima benefit berupa liburan gratis ketika sudah mencapai kinerja atau posisi tertentu. Jadi, tidak perlu selalu memikirkan pekerjaan saja. 

 

Jam Kerja Fleksibel

Jam kerja fleksibel sering dijadikan primadona bagi banyak karyawan, terutama karyawan generasi milenial dan generasi Z yang menyukai fleksibilitas. Dengan mengatur sendiri jam kerja, diharapkan karyawan bisa mencapai keseimbangan antara dunia kerja dan pribadi.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua perusahaan dapat menerapkan benefit berupa jam kerja fleksibel. Jadi, semua harus disesuaikan kembali kepada proses bisnis perusahaan. 

 

Baca Juga: Sistem Kerja Masa Kini Ala Flexible Working Hours

 

Mengelola Benefit Karyawan dengan Software HRD LinovHR

Implementasi program benefit karyawan diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas kerja karyawan, yang akan berdampak pada perkembangan perusahaan dan kualitas produksi. Di sisi lain, loyalitas dan sense of belonging pun juga akan muncul sendirinya ketika perusahaan memberlakukan program benefit karyawan. 

Perusahaan harus menganalisis mengenai kebutuhan dan keinginan karyawan di tengah perusahaan. Apakah bentuk benefit yang akan ditawarkan dapat membantu karyawan meningkatkan produktivitas atau tidak? Khususnya bagi perusahaan yang mempunyai lingkungan kerja dengan penuh mesin atau alat berat. Selanjutnya, pertimbangkan pula bagaimana memilih vendor jika perusahaan memilih menggunakan private insurance.  

Pada dasarnya implementasi pemberian benefit jangan sampai justru merugikan perusahaan karena harus mengeluarkan biaya yang tidak sepadan. Oleh karena itu HRD dan perusahaan pun harus mengelola dan mencermati dengan tepat dan akurat mengenai segala kebijakan yang akan diterapkan terkait dengan pengelolaan karyawan, yaitu program benefit. . 

Software HRD dari LinovHR dapat membantu perusahaan dan HRD untuk mengelola benefit karyawan dengan tepat dan akurat. Semua data dan informasi yang disimpan dalam cloud based server dapat diolah menjadi sebuah laporan otomatis untuk memudahkan HRD melakukan analisis. Pengelolaan benefit karyawan pun berlangsung secara tepat sasaran dan akurat. Untuk informasi lebih lengkap, hubungi LinovHR sekarang juga!