karyawan terbaik

Mengidentifikasi Karyawan Terbaik Top Talent, Andakah Diantaranya?

Menjadi karyawan terbaik atau top talent tentunya akan sangat dibanggakan dan diandalkan oleh perusahaan. Selain dibanggakan dan diandalkan, tentu saja predikat ini akan mendapatkan banyak sekali keuntungan yang sangat berguna untuk karyawan itu sendiri. Namun siapakah karyawan top talent? Apa saja ciri-cirinya?

 

Siapakah Karyawan Top Talent?

Top talent atau karyawan terbaik adalah mereka yang memiliki kualitas kinerja yang baik dan bisa memberikan hasil yang memuaskan. Karyawan top talent ini juga menjadi orang yang mendorong kemajuan bisnis perusahaan ke arah yang lebih baik.

Maka dari itu, karyawan seperti itu akan sangat dipertahankan perusahaan untuk menjaga kualitas bisnis.

 

Ciri Karyawan Top Talent

Tidak semua dari seluruh karyawan perusahaan sebagai top talent. Walau terlihat kinerja yang diberikan semua karyawan baik, pastinya terdapat satu orang yang paling memperlihatkan bahwa ia adalah karyawan terbaik.

Untuk itu langsung saja kenali ciri-ciri dari karyawan top talent, siapa tahu Anda memiliki salah satunya!

 

  • Jujur 

Jujur adalah cikal bakal untuk seseorang berbuat baik. Perilaku ini tentu saja sangat digemari di berbagai lingkungan, termasuk perusahaan. Sikap jujur yang diterapkan karyawan ini seperti halnya selalu mengakui setiap kesalahan, mempergunakan fasilitas kantor dengan sebaik mungkin, tidak berbohong untuk kepentingan pribadi.

Karyawan yang jujur seperti ini tentu saja akan sangat diandalkan oleh perusahaan.

 

  • Mudah untuk Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Selain jujur, ciri yang kedua adalah karyawan akan sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Perbedaan budaya dan lingkungan tidak menghalangi semangat karyawan dalam bekerja. Justru pada lingkungan baru ini, adalah menjadi kesempatan besar bagi mereka untuk mendapatkan koneksi baru dan mempelajari hal-hal baru.

 

  • Memiliki Rasa Tanggung Jawab Terhadap Pekerjaannya

Dengan rasa tanggung jawab kepada pekerjaan yang tinggi pastinya membuat karyawan untuk bisa lebih mengerahkan seluruh kemampuannya agar memberikan hasil yang maksimal. Seorang dengan tanggung jawab yang tinggi akan sangat berfokus pada pekerjaannya dan tidak akan menunda-nunda. Seluruh pekerjaan yang Anda berikan pastinya akan diselesaikan sesuai atau bahkan sebelum deadline.

 

  • Profesional Saat Bekerja

Profesional dalam bekerja berarti membedakan antara urusan kerja dengan urusan pribadi. Saat waktu kerja, mereka akan sangat memanfaatkan waktunya untuk bekerja dan berhenti ketika waktunya sudah selesai. Selain itu, profesionalitas ini juga dapat terlihat kepada sesama rekan kerja. Misalnya, dengan menumbuhkan persaingan yang sehat.

 

Baca Juga : 7 Cara Untuk Menjaga Profesionalitas Saat Bekerja

 

  • Memiliki Inisiatif yang Tinggi

Performa terbaik tidak akan menunggu seseorang untuk memberi tahu mereka agar segera melakukan suatu tugas. Karyawan dengan inisiatif yang tinggi akan mencari pekerjaan untuk mengisi waktu luang, mencari solusi untuk menyelesaikan masalah, dan dapat melihat adanya peluang baru. Inisiatif yang tinggi seperti ini tentu saja menjadikan dirinya layak untuk mendapatkan sertifikat karyawan terbaik.

 

  • Menjaga Hubungan Baik dengan Sesama Rekan Kerja

Selain berfokus pada hasil kerja, karyawan juga perlu memiliki hubungan dengan sesama rekan kerjanya. Keseimbangan antara pekerjaan dengan koneksi ini akan menekan tingkat stress karyawan serta saling bahu membahu dalam mencapai target kerja.

 

Manfaat Menjadi Karyawan Top Talent

Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dengan menjadi seorang top talent. Apa saja keuntungan yang didapatkan karyawan dengan predikat ini?

 

Promosi Jabatan

Karyawan dengan predikat terbaik akan diberi kepercayaan yang lebih untuk mengemban amanah yang lebih besar lagi. Dengan diberikannya promosi jabatan ini akan meningkatkan kualitas serta menumbuhkan citra yang baik terhadap karyawan.

 

Kenaikan Gaji

Tidak jarang dengan adanya promosi jabatan pastinya akan diiringi dengan kenaikan gaji. Hal ini membuat karyawan akan memiliki penghasilan yang stabil untuk membiayai hidupnya sendiri maupun keluarganya.

 

Mendapatkan Cuti Tambahan

Cuti menjadi hak yang istimewa bagi setiap karyawan. Dengan cuti ini, karyawan bisa memiliki waktu untuk beristirahat atau pergi berlibur untuk menghilangkan kepenatan suasana kantor. Sebagai karyawan top talent perusahaan, mereka bisa mendapatkan cuti tambahan yang bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

 

Mendapatkan Bonus

Bonus merupakan bentuk apresiasi dan terima kasih perusahaan kepada karyawan. Pemberian bonus ini dapat diberikan dalam bentuk uang, barang, voucher belanja, hingga memberikan liburan gratis.

 

Baca Juga : Contoh Reward dan Punishment Pada Perusahaan

 

Keberadaan top talent dalam perusahaan akan sangat menguntungkan. Bagi perusahaan, mereka bisa memiliki karyawan dengan kinerja terbaik untuk keberlangsungan bisnis perusahaan.

Sedangkan bagi karyawan terbaik akan mendapatkan banyak keuntungan dan manfaat yang bisa digunakan. Ada berbagai macam perhargaan yang dapat diberikan kepada karyawan top talent, salah satunya adalah sertifikat karyawan terbaik.