pekerja keras

Anda Pekerja Keras? Coba Simak 12 Ciri Pekerja Keras Berikut!

Tidak ada usaha yang instan dan bisa selesai begitu saja. Dibutuhkan banyak kerja keras agar seseorang dapat mencapai sebuah tujuan tersebut. Apakah Anda pekerja keras? Inilah ciri-ciri orang  pekerja keras!  

 

Siapa Itu Pekerja Keras?

Sebelum masuk ke ulasan lebih lanjut, mari selidiki siapa itu pekerja keras. 

Pekerja keras adalah seseorang yang bersedia untuk belajar dan selalu mencari cara baru untuk berkembang dalam perusahaan. Mereka tidak mudah puas dengan posisi yang diraih karena mereka ingin menjadi yang terbaik dan terdepan di antara rekan kerja mereka. 

Seorang hard worker biasanya senang mempelajari hal-hal baru dan berkembang bersama perusahaan. Serta, seorang hard worker berfokus pada pertumbuhan, pengetahuan, dan pengalaman dalam perusahaan. 

 

Baca Juga : Perbedaan Workaholic dan Pekerja Keras? Awas Jangan Sampai Keliru!

 

Ciri-Ciri Pekerja Keras

Setelah mengetahui definisinya, berikut ciri-ciri hard worker yang mungkin saja terdapat dalam diri Anda. 

 

1. Rajin

Ciri ciri orang pekerja keras adalah rajin mengingatkan diri sendiri betapa pentingnya melakukan pekerjaan dengan benar. Mereka cenderung menghindari kegiatan yang tidak dapat mereka lakukan dengan baik. Selain itu, mereka juga menghindari semua kegiatan yang membuang-buang waktu yang dapat menyebabkan kesalahan terhadap pekerjaan mereka sehingga menghambat proses kerja. 

 

2. Menikmati Proses Kerja yang Sulit

Seorang hard worker tidak takut mengambil pekerjaan yang sulit dilakukan. Sebab, hard worker cepat dalam menemukan solusi untuk setiap masalah. Selain itu, hard worker tidak akan bersikap berpura-pura tahu segalanya.

Misalnya, jika seorang hard worker tidak tahu cara yang benar dalam melakukan pekerjaan, dia akan mencoba memahami pekerjaan tersebut terlebih dahulu dibanding berpura-pura tahu segalanya. Jadi, apabila pekerjaan yang diberikan di luar kemampuan, tentunya seorang hard worker akan mengakui kesulitan tersebut. 

 

3. Perfeksionis

Sebagian besar hard worker membenci kegagalan dan akan melakukan segala kemungkinan untuk mencegah hal tersebut terjadi. Hard worker cenderung sangat kritis terhadap dirinya sendiri, jika mereka gagal memenuhi ekspektasi yang telah ditetapkan. Ketika hard worker melewatkan deadlines atau melakukan sesuatu yang mengecewakan orang lain, mereka akan bekerja lebih keras dan memastikan semua yang dilakukan berjalan sesuai rencana. 

Sehingga dapat dikatakan, rasa takut tidak bisa memenuhi ekspektasi yang ditetapkan dan mencapai standar yang tinggi membuat hard worker bekerja lebih keras dalam melakukan pekerjaan mereka. 

 

Baca Juga : Kekurangan dan Kelebihan Menjadi Seorang Perfeksionis

 

4. Menghindari Membuat Kesalahan

Seorang hard worker  akan melakukan yang terbaik untuk menghindari membuat kesalahan atau menyebabkan hambatan. Ketika sesuatu dijalankan tidak berjalan sesuai rencana, hard worker akan mencoba memperbaikinya dibanding membuat alasan-alasan tertentu dan melimpahkan kendala tersebut kepada orang lain.

 

5. Banyak Menghabiskan Waktu untuk Bekerja

Ciri-ciri orang pekerja keras ialah cenderung lebih banyak mencurahkan waktunya dalam pekerjaan untuk memastikan mereka mencapai hasil yang diinginkan atau memenuhi deadlines. Jadi, hard worker tidak hanya sekedar bekerja, tetapi mereka akan melakukan sesuatu yang terbaik dalam pekerjaan mereka untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

 

6. Mampu Memotivasi Diri Sendiri

Sebagian besar hard worker mampu memotivasi diri mereka sendiri. Mereka tidak butuh orang lain untuk mendorong mereka untuk bekerja. Justru, mereka memiliki semangat bekerja keras yang tinggi untuk melakukan pekerjaan mereka. Selain itu, seorang hard worker merasa lebih termotivasi jika mereka berhasil menyelesaikan pekerjaan dan hasil yang didapatkan memuaskan.

 

Baca Juga: Pengertian, Komponen, dan Cara Meningkatkan Motivasi Kerja

 

7. Bekerja Melebihi Ekspektasi

Kebanyakan hard worker akan melakukan pekerjaan mereka melebihi ekspektasi yang telah ditetapkan. Selain itu, hard worker cenderung suka memenuhi deadlines yang ketat sehingga mereka akan mencoba lebih keras untuk mencapainya.

 

8. Tidak Egois

Seorang hard worker bukanlah orang yang suka mengumbar tentang seberapa banyak tugas yang telah mereka selesaikan atau seberapa sukses pekerjaan mereka. Selain itu, seorang hard worker tidak akan cemburu terhadap pencapaian orang lain. Justru, mereka menjadikan pencapaian orang lain sebagai inspirasi untuk bekerja lebih keras dan tetap tidak iri dengan apa yang telah dicapai orang lain. 

 

9. Fokus Terhadap Hasil

Salah satu ciri utama dari seorang hard worker berfokus terhadap hasil yang didapatkan. Sebab, hasil yang tepat dan memuaskan  tidak dapat dicapai jika pekerjaan yang dilakukan tidak diselesaikan. Untuk mencapai hasil tersebut, maka Anda harus berusaha keras karena kesuksesan biasanya datang dari kerja keras.

Selain itu, seorang hard worker cenderung merasa lebih puas mencapai tujuan mereka dengan cara yang sulit dibanding menggunakan cara yang mudah.

 

10.Mendorong Kerjasama Tim

Seorang hard worker  biasanya mendorong orang lain untuk berbagi tanggung jawab dan pekerjaan dalam bentuk tim. Sebab, seorang hard worker cenderung lebih suka bekerja dan berbagi pemikiran dengan orang lain alih-alih harus bersaing satu sama lain dengan rekan kerja. 

 

Baca Juga : Beragam Cara Mendorong Kerjasama Tim Dalam Lingkungan Kerja

 

11. Membantu Orang Lain

Orang yang hard worker bisanya sering menawarkan bantuan saat dibutuhkan, dan tentu saja hal tersebut memperkuat hubungan kerja sama tim. Ciri khas dari seorang hard worker adalah bersedia untuk membantu orang lain atau rekan kerja yang kesulitan menghadapi tantang pekerjaan dan memiliki rasa kepedulian yang tinggi kepada tim dibandingkan kepentingan individu. 

 

12. Tidak Pantang Menyerah

Alasan mengapa banyak orang yang tidak berhasil adalah karena mereka mudah menyerah sebelum melihat adanya kesuksesan. Sementara, salah satu ciri utama dari seorang hard worker adalah tidak pantang menyerah. Seorang hard worker akan terus mendorong dan mencari solusi sampai mereka mencapai tujuan yang telah mereka tetapkan. 

Misalnya, saat bekerja terkadang Anda mengalami kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan, alih-laih menyerah dan melimpah pekerjaan tersebut kepada orang lain. Justru, sikap pantang menyerah ini akan mendorong Anda untuk mencari solusi atau jalan keluar untuk pekerjaan Anda. Jadi, sikap pantang menyerah penting bagi setiap pekerja.

 

Apabila Anda memiliki ciri-ciri seperti diatas, maka dapat dikatakan Anda merupakan seorang yang pekerja keras. Orang yang mempunyai semangat kerja yang tinggi merupakan calon karyawan idaman bagi setiap perusahaan. Sebab, mereka mampu membawa perusahaan ke arah yang lebih baik dan maju di masa mendatang.