cara menggunakan linkedin

Rekrut Karyawan Dengan LinkedIn, Begini Caranya!

Bagaimana cara menggunakan LinkedIn? Bagi anda yang belum tahu, LinkedIn adalah salah satu jaringan sosial yang berasal dari Amerika banyak digunakan oleh pekerja seperti Facebook danTwitter. LinkedIn berguna dalam membangun komunikasi sosial di bidang usaha. Fasilitas yang terdapat dalam LinkedIn juga dipakai untuk mengembangkan usaha bisnis yang baru berkembang karena platform LinkedIn mampu mengembangkan hubungan bisnis yang diperlukan perusahaan baru. Bukan saja berguna bagi perusahaan startup, LinkedIn juga menolong para profesional secara online untuk mempromosikan diri mereka, membangun jaringan untuk pekerjaan yang profesional. Dengan cara ini para profesional bisa berkenalan dengan profesional lainnya yang memungkinkan terbentuk kerja sama. Walaupun belum sehebat Facebook dan Twitter, jaringan sosial LinkedIn ini banyak dilirik perusahaan sebagai tempat untuk merekrut karyawan atau profesional yang mereka perlukan. Karena sekarang ini bukan hanya profesional saja yang berkumpul di LinkedIn tetapi juga orang-orang yang baru lulus kuliah dan sedang mencoba mencari kerja.

Hal ini sejalan dengan trend rekrutmen saat ini, seperti yang pernah dijelaskan pada artikel kami sebelumnya yang berjudulTren Rekrutmen 2018 membuat HR banyak mencari rekrutan karyawan LinkedIn. Hanya saja HR harus tetap teliti saat merekrut karyawan mengingat ada banyak pilihan dalam dunia LinkedIn. Berikut ada beberapa tips dalam menggunakan LinkedIn untuk merekrut karyawan.

 

Cantumkan ‘Buka Lowongan’ di Profile

Ini merupakan salah satu tips paling jitu untuk menarik perhatian banyak orang. Coba Anda tuliskan kata “Buka Lowongan” dalam profil, ini menandakan Anda sedang mencari ataupun merekrut karyawan baru. Bahkan dengan adanya tulisan ini, orang-orang akan menghubungi Anda untuk menanyakan untuk posisi apa yang sedang di cari. Karena orang-orang yang menghubungi Anda, maka dengan kata lain Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mempublikasikan tentang lowongan pekerjaan dan menghabiskan uang untuk iklan.

 

Memperbanyak Koneksi di LinkedIn

Jika Anda tertarik dan hendak menggunakan LinkedIn untuk merekrut karyawan, makaAnda harus memperbanyak koneksi. Ketika Anda memiliki banyak koneksi ini akan menaikkan personal branding Anda. Orang akan percaya bahwa Anda seorang yang profesional dan dapat dipercaya. Sehingga ketika Anda menawarkan suatu pekerjaan mereka akan memberikan tanggapan yang positif.

 

Buat Profile LinkedIn Anda Menarik

Anda juga perlu membuat profil LinkedIn Anda tampak lebih menarik untuk memikat banyak orang. Dengan demikian Anda akan mempunyai banyak koneksi yang memudahkan Anda dalam mencari informasi merekrut karyawan.

 

Kirim Pesan Langsung Pada Calon Karyawan

Seperti media sosial lainnya, LinkedIn dapat dipakai mengirim chat atau pesan langsung kepada orang yang Anda rekrut. Jika Anda merasa salah satu koneksi cocok untuk pekerjaan yang Anda tawarkan, maka Anda bisa langsung mengirim pesan melali platform LinkedIn dan menawarkan pekerjaan langsung kepada koneksi Anda. Ini akan menghemat waktu Anda sebagai HR dalam usaha merekrut karyawan.

 

Aktif di LinkedIn

Dengan Anda aktif di LinkedIn, Anda akan terhubung dengan koneksi-koneksi. Memberikan Like atau komentar adalah cara awal yang bagus untuk membangun sebuah komunikasi.

Di LinkedIn, apapun yang Anda Like dan komentar, akan dapat diketahui oleh network Anda. Sehingga network Anda dapat memahami lebih jauh Anda melalui apa yang Anda Like dan komentar. Selain itu dengan Anda berbagi (share) sesuatu di LinkedIn, maka apabila ada yang Like dan komentar, semua jaringan yang di miliki jaringan Anda juga akan mengetahuinya.

 

Baca Juga: Proses Rekrutmen Lebih Mudah Dengan Software HRD Indonesia

 

Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat mengetahui dengan jelas, bagaimana cara menggunakan linkedIn untuk mencari kandidat terbaik. Tidak perlu lagi bergantung pada situs pencari pekerja untuk mencari kandidat calon karyawan. Apalagi di LinkedIn, kita dapat mengetahui kepribadian dan karakter kandidat dengan lebih nyata di bandingkan sekedar melihat dari CV mereka. Menggunakan LinkedIn untuk mencari karyawan sangatlah menyenangkan.