Extrovert

Mengenal Kepribadian Karyawan Extrovert di Dunia Kerja

Tidak semua bidang pekerjaan yang ada di sebuah perusahaan akan cocok dengan kepribadian Anda, meskipun bidang pekerjaan tersebut sesuai dengan spesifikasi pendidikan yang Anda miliki. Ini karena ada banyak jenis kepribadian yang dapat Anda temui di tempat kerja, mulai dari yang hampir sama, mirip, atau sama sekali jauh berbeda dengan kepribadian Anda.

Dengan kata lain, setiap karyawan di tempat kerja memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda-beda, antara yang satu dengan yang lainnya dalam menyelesaikan pekerjaan. Salah satu kepribadian yang ditemukan di tempat kerja adalah extrovert. 

 

Lalu, Apa Itu Extrovert?

Extrovert sering digambarkan sebagai kehidupan yang mampu mempengaruhi orang lain, yang semakin berkembang dari waktu ke waktu dengan adanya interaksi. 

Mereka yang memiliki sifat extrovert adalah orang-orang yang bersemangat akan kehidupan. Semangat inilah yang kemudian mampu menarik orang lain ke arah mereka. Ya, ini karena mereka merasa kesulitan untuk mengalihkan perhatian dari si extrovert. sumber healthline.com : https://www.healthline.com/health/what-is-an-extrovert#1

Istilah extrovert sendiri pertama kali ditemukan di tahun 1960 oleh Carl Jung, seorang psikolog yang membagi kepribadian manusia menjadi 2 yaitu extrovert dan introvert (kebalikan dari extrovert). Dikatakan oleh Jung bahwa ia mengklasifikasikan dua kepribadian tersebut berdasarkan sumber energi yang dimilikinya. 

Extrovert adalah mereka yang diberikan energi oleh banyak orang dengan cara berinteraksi dengan dunia luar. Sedangkan introvert adalah mereka yang membutuhkan waktu sendiri untuk mengisi ulang sumber energinya dan seringkali menyukai sopan santun dan keterlibatan dengan orang lain.

 

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa HRD harus Kuasai Psikologi Kepribadian

 

Ciri-ciri Kepribadian Karyawan Extrovert

Sebenarnya, sekilas dan secara umum, Anda pun pasti bisa menyebutkan ciri-ciri umum yang dimiliki oleh seorang extrovert, mulai dengan sifatnya yang ceria, bersemangat, pandai dan suka berbicara, serta tipikal orang yang sangat mudah bergaul dengan orang lain, meskipun orang-orang tersebut baru pertama kali ditemuinya.

Lalu, bagaimana dengan ciri-ciri khusus seorang extrovert yang ditemui di sebuah perusahaan? Mari kita ulas bersama!

 

1. Ia Pandai Mencairkan Suasana

Jika Anda seorang extrovert, maka bukan masalah bagi Anda untuk berada di lingkungan baru yang berbeda dari lingkungan perusahaan tempat Anda bekerja. Bahkan, Anda senang dan menikmati momen berkenalan dengan karyawan baru dan mempelajari hal-hal baru yang belum pernah Anda kenal, lihat, dan dengar sebelumnya.

Ketika karyawan lain mungkin merasa kesulitan untuk mencari topik pembicaraan ketika bertemu dengan orang-orang baru, extrovert justru menikmati momen itu dan memanfaatkan situasi yang ada di sekitar sebagai bahan pembicaraan. Mulai dari berita terkini seputar dunia kerja, kesulitan pekerjaan, solusi agar pekerjaan bisa lebih mudah, masalah cuti, liburan, dan lain-lain hingga menemukan kecocokan dengan lawan bicaranya.


2. Extrovert sangat Percaya Diri

Rata-rata, karyawan dengan kepribadian extrovert cenderung memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi. Inilah yang menyebabkan mereka tidak canggung saat harus menyampaikan ataupun mempresentasikan project kepada karyawan lain di perusahaan.

 

3. Sifat Extrovert Itu Tegas

Selain punya kekuatan untuk mencairkan suasana dan rasa percaya diri yang tinggi, si extrovert di kantor punya kebiasaan bersikap tegas, baik dalam bertindak dan berperilaku.

Alhasil, Anda dengan kepribadian extrovert akan dengan mudah mencuri perhatian hampir seluruh karyawan di kantor sehingga mereka akan dengan mudah terpengaruh dan mengikuti apa yang Anda katakan.

 

 4. Bersosialisasi Secara Kelompok bisa Menjadi Preferensi Pertama yang Dipilihnya

Para karyawan yang memiliki sifat extrovert tidak bisa jika harus sendirian. Mereka suka berkelompok, baik itu dalam dunia kerja ataupun dalam bersosialisasi. 

Bagi seorang extrovert, berkelompok akan memberikan energi dan kekuatan tersendiri. Bahkan, seorang extrovert memiliki kekuatan untuk membuat kelompok tersebut tetap kuat dan erat. Baik sebagai karyawan maupun tim manajerial di kantor, extrovert selalu bisa fleksibel dalam dinamika sebuah kelompok.

 

5. Lebih Suka Berbicara daripada Berpikir

Sayangnya, si extrovert lebih suka berbicara daripada berpikir. Ini berarti, dalam sebuah organisasi, mereka lebih mengutamakan untuk mengeluarkan pendapat tanpa berpikir secara jernih dan menyeluruh.

 

Baca Juga: Kamu Termasuk Karyawan Introvert? Gunakan 7 Hal Ini Untuk Mempromosikan Diri

 

Keunggulan Karyawan Extrovert

Anda harus tahu, jika Anda seorang extrovert, Anda memiliki beberapa keunggulan seperti di bawah ini yang bisa terus Anda kembangkan untuk memajukan perusahaan tempat Anda bekerja.

 

1. Mudah Membuat Sebuah Relasi dan Pertemanan

Sikapnya yang selalu ramah dan ceria, membuat mereka yang memiliki kepribadian extrovert akan mudah menjalin pertemanan dan relasi baru. Inilah yang nantinya akan memudahkannya jika suatu saat menghadapi kesulitan.

 

2. Seorang Pekerja Keras

Faktanya, orang yang extrovert adalah tipikal pekerja keras yang tidak memilih pekerjaan mana yang ingin dikerjakannya. Jadi, jangan heran jika mereka memiliki kemampuan bersosialisasi yang tinggi.

 

3. Berjiwa Sosial dan Pandai Bergaul di Lingkungan Masyarakat

Selain mampu menarik perhatian teman di kantor, si extrovert juga memiliki kemampuan bergaul di lingkungan masyarakat. Mulai dari lingkungan sekitar, alam, dan masyarakat di sekitarnya.

Mereka pandai dalam kegiatan sosial di masyarakat dan mereka peduli pada teman juga kerabatnya.

 

4. Extrovert adalah Konsultan atau Pembicara yang Baik

Oleh karena mereka sangat suka berbicara, mereka sangat lihai menjadi seorang konsultan, juru bicara, ataupun pemimpin di sebuah perusahaan.

 

5. Multitasking

Nah, jika Anda adalah seorang extrovert, maka beruntunglah karena Anda adalah seorang multitasking yang bisa melakukan banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.

 

Kelemahan Karyawan Extrovert

Namun sayangnya, seorang extrovert juga memiliki beberapa kelemahan yang harus ditekan sekuat tenaga agar tidak semakin merusak kelebihan yang dimilikinya. Antara lain :

 

1. Terlalu Banyak Berbicara

Karena terlalu senang berbicara, seringnya, karyawan dengan sifat extrovert berbicara hingga tidak terkontrol dan lepas kendali ketika sedang marah. Sebisa mungkin, hindari percakapan yang tidak berfaedah untuk meminimalisir pembicaraan yang lepas kontrol.

 

2. Bisa Berbohong dengan Lihai

Kebanyakan berbicara membuat karyawan dengan sifat extrovert bisa melebih-lebihkan ataupun menambah cerita yang ada sehingga cerita yang ia sampaikan tidak sama lagi seperti cerita awal.

 

3. Tidak Pandai Menjaga Rahasia

Sikapnya yang banyak bicara seringkali membuat si extrovert lepas kontrol sehingga membicarakan rahasia organisasi yang seharusnya tidak boleh diketahui oleh organisasi lain dalam perusahaan.

 

4. Haus Pujian dan Perhatian

Ini karena mereka dengan kepribadian extrovert senang menjadi pusat perhatian. Mereka juga punya tingkat kepercayaan diri yang tinggi sehingga terkadang mereka over untuk mendapatkan pujian dan perhatian.

 

5. Ceroboh

Pemilik sifat extrovert yang lebih suka berbicara daripada berpikir membuat mereka ceroboh karena tidak berpikir panjang dan menyeluruh dalam berbicara maupun bertindak. Hal inilah yang membuat mereka terkadang membuat masalah tanpa disadari di kantor.

Nah itu tadi sekilas tentang extrovert, apa saja kelebihan dan kelemahannya. Jika Anda adalah pemilik kepribadian ini, cobalah untuk mengembangkan kelebihan yang Anda miliki dan meminimalisir kekurangan Anda agar dapat berkontribusi lebih besar bagi perusahaan.