rekrutmen pegawai

Tren Rekrutmen Pegawai Selama Pandemi Covid-19

Sejak pandemi covid-19 yang melanda Indonesia mulai dari Maret 2020 hingga sekarang ini, banyak perusahaan yang membatasi segala aktivitasnya untuk mengurangi penyebaran virus korona. Selain tren work from home (WFH), para rekruter juga menerapkan kebiasaan baru pada kegiatan rekrutmen pegawai baru.

Berbagai cara telah dilakukan perusahaan untuk melakukan pencarian kandidat selama pandemi. Berikut ini, LinovHR akan menjelaskan tren apa saja yang dilakukan perusahaan dalam proses rekrutmen pegawai baru. Langsung saja, simak artikel di bawah ini ya!

 

Tren Rekrutmen Pegawai Selama Covid-19

1. Interview Online

Wawancara secara langsung adalah hal yang pastinya dilakukan oleh HRD dalam melakukan rekrutmen pegawai. Tapi karena virus covid ini, kegiatan wawancara harus mencari alternatif lain untuk mengurangi kegiatan tatap muka secara langsung.

Untuk menanggulanginya, para rekruter memakai platform video conference seperti Zoom atau Google Meets untuk melakukan sesi wawancara. Ternyata dalam melakukan wawancara melalui platform ini memiliki banyak keuntungan yang dirasakan oleh kedua belah pihak.

Dengan menggunakan platform video conference, kegiatan wawancara akan lebih efisien dalam hal waktu dan juga biaya. Karena calon kandidat tidak perlu meluangkan waktu untuk hadir ke kantor. Selain itu para rekruter juga bisa tetap melihat ekspresi wajah kandidat melalui layar komputernya.

 

Baca juga: Strategi Rekrutmen Online Selama Pandemi COVID-19

 

2. Memberikan Test Online

Selain melihat cv dan juga portofolio para calon kandidat, perusahaan juga harus melakukan tes kemampuan terhadap divisi yang dilamarnya. Calon kandidat harus mengerjakan tes ini dengan waktu yang telah ditentukan oleh recruiter.

Tes kemampuan bakat ini biasanya diberikan kepada kandidat setelah recruiter melihat cv atau setelah melakukan interview online yang akan dikirim via email.

 

3. Menawarkan Aturan Kerja yang Fleksibel

Walaupun pandemi masih belum usai, roda pergerakan bisnis harus tetap berjalan. Agar perusahaan tetap bisa mempekerjakan karyawan baru, mereka menawarkan berbagai aturan kerja yang fleksibel. Aturan kerja yang ditawarkan ini meliputi para karyawan memungkinkan bekerja secara remote atau WFH.

Perkembangan teknologi yang sudah semakin maju seperti sekarang ini sangat memungkinkan para karyawan melakukan pekerjaan secara remote karena sudah banyak aplikasi yang akan mendukung kegiatan kerja. Selain itu, kesehatan karyawan juga akan tetap terjaga dan menghindari penyebaran virus di lingkungan kantor.

 

4. Menggunakan Job Portal atau Media Sosial dalam Menyebarkan Lowongan Kerja

Media sosial kini tidak hanya dipakai untuk menyebarkan cerita atau aktivitas sehari-hari. Saat ini sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan media sosial dan juga job portal dalam melakukan penyebaran lowongan pekerjaan.

Dengan cara ini, penyebaran lowongan pekerjaan bisa dikatakan lebih efektif dan akan dilihat oleh para jobseeker. Selain itu, para perusahaan juga lebih berhemat pengeluaran biaya karena mereka bisa memasang iklan lowongan pekerjaan di job portal atau media sosial secara gratis.

 

5. Melakukan Branding Perusahaan

Melakukan kegiatan branding merupakan salah satu tren yang sudah dilakukan oleh perusahaan. Tren ini dilakukan dengan tujuan untuk menarik minat calon kandidat untuk melamar dan juga menginformasikan bahwa perusahaan tersebut memiliki aktivitas kerja yang baik dan juga sumber daya manusia yang berkompeten pada bidangnya.

Selama pandemi virus korona, banyak perusahaan yang perlahan mulai bangkrut. Dengan melakukan branding perusahaan, mereka bisa meningkatkan, membangun, dan mempromosikan merek perusahaan. Kegiatan branding ini biasa dilakukan melalui iklan atau media sosial.


6. Memanfaatkan Software HRD dalam Pengumpulan Data

Kegiatan wawancara yang bersifat online, membuat seluruh informasi terkait dengan data calon kandidat harus dikirim melalui e-mail. Tentu saja dalam kondisi ini, perusahaan harus lebih efektif lagi dalam melakukan manajemen dokumen. Banyaknya file yang pelamar kirim mulai dari cv, surat lamaran kerja, portofolio, hingga beberapa dokumen penting harus disimpan secara baik dan benar.

Agar file seluruh informasi calon kandidat bisa disimpan secara rapi dan aman, banyak perusahaan yang memanfaatkan software HRD untuk mengefektifkan melakukan penyimpanan dan pengelolaan data. Melalui software HRD ini akan memudahkan pekerjaan divisi HRD.

 

Baca juga: 7 Tahapan Rekrutmen Karyawan Bersama LinovHR, HRD Wajib Tahu!

 

Lancarkan Proses Rekrutmen Online dengan Modul Recruitment LinovHR

Tren rekrutmen pegawai selama pandemi covid 19 membuat seluruh aktivitas dilakukan secara jarak jauh atau online. Tentu saja dalam hal ini, divisi HRD harus melakukan pengefektifan dalam melakukan perencanaan dan pencarian karyawan baru.

Agar proses rekrutmen pegawai bisa berjalan dengan lancar walaupun dilakukan secara jarak jauh, Modul Recruitment LinovHR menjadi solusi untuk memudahkan proses rekrutmen.

Modul Recruitment dari LinovHR akan membantu perusahaan untuk mencari bakat-bakat terbaik calon karyawan mulai dari proses perencanaan, interview, hingga perekrutan karyawan.

Kemudahan yang ditawarkan dalam modul ini antara lain adalah:

  • Perencanaan perekrutan karyawan dengan fitur Manpower Planning.

  • Mengelola kegiatan rekrutmen mulai dari penyerahan lamaran kerja, tes kemampuan, hingga proses interview.

  • Membuat detail lowongan pekerjaan yang sedang dibutuhkan melalui fitur Vacancy.

  • Fitur Career Website akan memudahkan perusahaan untuk mendapatkan halaman karir websitenya sendiri.

  • Dapat menyimpan seluruh data kandidat dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi.


Penutup

Demikianlah tren yang sudah banyak dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan proses rekrutmen pegawai selama pandemi covid 19. Walaupun proses wawancara dilakukan dengan jarak jauh, tentu saja tidak mengurangi esensi dan juga hasil karena pada saat ini sudah banyak platform video conference dan aplikasi lain yang mendukung kegiatan ini.

Agar divisi HRD bisa melancarkan proses rekrutmen hingga pengelolaan data setiap calon kandidat dengan mudah, Modul Recruitment dari LinovHR sangat cocok digunakan terlebih dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini. Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi tim LinovHR sekarang juga!