pelatihan karyawan

Menyukseskan Pelatihan Karyawan Bersama LinovHR

HRD melakukan segala upaya untuk mengembangkan kemampuan karyawan jauh lebih baik. Hal ini dilakukan semata-mata demi perkembangan perusahaan. Pelatihan karyawan sendiri adalah program yang disusun sedemikian rupa untuk meningkatkan kualitas kinerja karyawan atau mentransfer ilmu dari awalnya karyawan tidak mahir menjadi mahir. Karyawan yang telah mengikuti program pelatihan diharapkan dapat memahami tugas sehingga bisa meningkatkan kualitas kerja. 

Software HRD dari LinovHR dapat menyukseskan berbagai program pelatihan karyawan dengan fitur-fitur canggih yang mudah digunakan. Seperti apa caranya? 

 

Mengapa Perusahaan Harus Menyusun Program Pelatihan Karyawan?

Sebelum masuk ke pembahasan lebih dalam, mari ketahui pentingnya pelatihan. Banyak perusahaan bertanya seberapa penting program pelatihan karyawan.  Jawabannya adalah sangat penting. Mengapa demikian? Seperti yang diketahui, arus globalisasi ekonomi kian pesat dan membuat perusahaan harus menyesuaikan diri. Penyesuaian ini membutuhkan berbagai kompetensi baru yang tidak dimiliki oleh karyawan sebelumnya. Untuk itulah program pelatihan dirancang oleh HRD. 

Umumnya pelatihan diikuti oleh karyawan lama yang sudah bekerja di perusahaan. Namun, ada pula pelatihan yang diperuntukkan karyawan baru. Pelatihan ini diselenggarakan agar karyawan baru mampu beradaptasi lebih cepat di lingkungan perusahaan. Jadi, karyawan tersebut dapat lebih produktif. 

 

Baca Juga: Manfaat Program Pelatihan untuk Karyawan

 

Saat kinerja karyawan jauh produktif dan berkualitas, hasil produksi perusahaan juga meningkat. Peningkatan ini tentu diikuti dengan kualitas yang terjamin mutunya. Tentu hal ini akan membuat konsumen lebih memilih menggunakan produk perusahaan dibandingkan kompetitor. Maka dari itulah perusahaan dapat mempertahankan eksistensi dan berkompetisi dengan perusahaan lain. 

 

Keuntungan Program Pelatihan Karyawan untuk Perusahaan

Pelatihan dalam sebuah perusahaan akan menghasilkan manfaat kepada perusahaan. Manfaat tersebut antara lain: 

  • Meningkatkan Kinerja Karyawan
  • Mendorong Inovasi
  • Meningkatkan Reputasi Perusahaan
  • Mengurangi Turnover Karyawan
  • Dapat Lebih bersaing dengan Kompetitor
  • Tingkatkan Kualitas Layanan atau Produk

 

Keuntungan Program Pelatihan Bagi Karyawan

Jika penjelasan singkat di atas menjelaskan tentang keuntungan pelatihan di sisi perusahaan, maka pembahasan yang satu ini membahas keuntungan pelatihan untuk karyawan itu sendiri. Apa saja keuntungan yang didapatkan karyawan dari program pelatihan? 

  • Memperluas Jenjang Karir
  • Lebih Mengerti tentang Job Desk dan Tanggung Jawab
  • Meningkatkan Kualitas Diri
  • Dapat Menghindari Kesalahan Saat Bekerja
  • Menambah Skill

 

Learning & Development Bersama LinovHR: Sukseskan Pelatihan Karyawan

Merancang program pelatihan tidaklah mudah. HRD harus mendiskusikan hal ini bersama manajer divisi terkait agar daftar pelatihan yang disusun menghasilkan kompetensi yang dibutuhkan. Tentu saja, HRD akan merasa kesulitan jika mengandalkan cara manual untuk menyusun pelatihan. 

LinovHR yang telah berpengalaman membantu banyak perusahaan di berbagai industri menyediakan modul learning and development melalui Software HRD untuk mendukung berbagai pelatihan karyawan.  Apa saja yang dapat dilakukan oleh Software HRD dari LinovHR? 

 

1. Menyusun Daftar Pelatihan

Dengan cara manual, HRD harus menuliskan berbagai pelatihan yang harus dilakukan di kertas. Cara ini tidak praktis dan efisien. Data dan informasi yang ada pun rentan rusak. Namun, dengan fitur learning checklist, HRD dapat membuat daftar pelatihan yang akan diselenggarakan lebih praktis. Semua informasi terkait pelatihan tersebut disimpan dalam cloud based server

 

2. Mengkalkulasikan Anggaran

Semua program dalam sebuah perusahaan membutuhkan anggaran khusus. HRD dapat mengkalkulasikan anggaran lebih mudah dengan fitur budget calculation. Untuk menentukan cara kalkulasi, HRD bisa menggunakan fitur budget calculation setup. Sementara jika HRD ingin mengelompokkan pelatihan berdasarkan jenis anggaran yang sama, maka fitur budget group dapat digunakan untuk mengelompokkan pelatihan dengan cepat dan otomatis. 

 

3. Menetapkan Sesi Pelatihan

Ada beberapa jenis pelatihan yang membutuhkan satu sesi lebih tergantung dari kebutuhan dan kemampuan perusahaan. Fitur session dapat membantu HRD menentukan sesi dari setiap pelatihan. Sehingga setiap pelatihan lebih terperinci dan detail. 

 

4. Mengelola Jenis Pelatihan

Setiap latihan harus ditentukan jenis, anggaran, beserta, tempat, sarana pendukung, hingga pelatihnya itu sendiri. Kelola semua informasi pelatihan yang ada dengan fitur development activity. HRD juga dapat menentukan skala pengukuran untuk hasil dari pelatihan yang diikuti oleh karyawan. 

 

5. Merangkum Hasil Pelatihan

Dokumentasi pelatihan akan membantu HRD melakukan evaluasi dan perencanaan di periode mendatang. Semua pelatihan yang telah diselenggarakan dapat dilihat melalui fitur activity catalog beserta biaya yang sudah dikeluarkan untuk pelatihan. 

 

Itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana keuntungan pelatihan karyawan untuk perusahaan dan karyawan itu sendiri. Ingin menyukseskan pelatihan karyawan bersama LinovHR? Software HRD dari LinovHR memiliki user interface yang mudah digunakan dan menjamin kerahasiaan informasi karyawan. Jadi, HRD tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dan khawatir akan resiko kebocoran data. Dapatkan demo gratis dari LinovHR dengan klik tautan berikut ini