Para Job Hunter, Mari Ikuti Pelatihan Kerja!

Para Job Hunter, Mari Ikuti Pelatihan Kerja!

Sebelum menjadi karyawan dari suatu perusahaan, pastinya Anda perlu memiliki suatu kemampuan yang dapat menarik perusahaan tersebut. Sebagai job hunter Anda harus rajin mempelajari ilmu atau skill yang bermanfaat nantinya. Salah satunya melalui pelatihan kerja!

Mengikuti suatu pelatihan untuk meningkatkan skill merupakan salah satu kelebihan dari para job hunter. Dengan mengikuti pelatihan berarti usaha yang dikeluarkan untuk mendapat pekerjaan pun sangat besar. Pernahkah Anda mengikuti pelatihan ini?

Apa saja yang Anda dapatkan dari pelatihan tersebut? Yuk simak ulasan tentang pelatihan kerja berikut!

 

Apa itu Pelatihan Kerja?

Mungkin Anda akan berpikiran pelatihan yang dimaksud sama halnya dengan training kerja di perusahaan. Secara sederhana pelatihan kerja adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan kompetensi kerja juga produktivitas.

Tujuan pelatihan kerja ini akan membawa Anda pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang juga kualifikasi jabatan atau pekerjaan yang sedang Anda pegang ataupun posisi yang Anda inginkan.

UU Ketenagakerjaan bahkan telah mengatur tentang pelatihan secara khusus. Menurut UU Ketenagakerjaan sendiri pelatihan kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.

Tahukah kamu bahwa magang adalah salah satu bentuk dari pelatihan? Hal ini dijelaskan dalam UU Ketenagakerjaan secara langsung. Magang adalah bagian dari sistem pelatihan  yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan kerja dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan yang lebih ahli atau berpengalaman.

Jadi, pelatihan kerja sifatnya bukan hanya pelatihan yang disediakan oleh kantor atau perusahaan tempat Anda bekerja nantinya. Namun, sebagai job hunter Anda juga bisa mendapatkan pelatihan, dengan magang salah satunya. Tapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan Anda melakukan pelatihan melalui lembaga atau balai pelatihan kerja baik dari pemerintah maupun pihak lain.

 

Manfaat Mengikuti Program Pelatihan Kerja

Mendapat pelatihan tentunya memiliki banyak manfaat yang dapat membantu job hunter lebih percaya diri dan memiliki kemampuan yang lebih baik.

Selain itu, pelatihan juga bisa melatih para job hunter menghadapi bagaimana lingkungan kerja dari pekerjaan yang diinginkan nantinya.

Jika dijelaskan secara umum, berikut adalah beberapa manfaat mengikuti program pelatihan kerja untuk para job hunter:

 

Meningkatkan Skill dan Kinerja

Mengikuti pelatihan saat menjadi job hunter akan membantu Anda untuk meningkatkan skill Anda yang akan berguna dalam pekerjaan yang Anda inginkan. Peningkatan skill ini tentu akan berdampak juga pada kinerja Anda nantinya. Perusahaan tentunya akan mencari kandidat yang memiliki skill mumpuni dan kinerja yang baik.

 

Mempermudah Adaptasi dengan Dunia Kerja

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pelatihan bukan sekadar bersifat formalitas hadir dan mempelajari sesuatu. Magang juga merupakan salah satu bentuk pelatihan kerja. Hal ini akan memberikan Anda pengalaman bekerja secara langsung dalam bidang yang Anda inginkan sehingga memungkinkan Anda untuk beradaptasi dengan dunia kerja secara lebih baik.

 

Sebagai Pengembangan Diri

Bukan hanya skill akan software tertentu atau kemampuan analisis tertentu yang secara teoritik dan praktik dipelajari dalam pelatihan, begitu juga softskill. Melalui pelatihan Anda bisa mengembangkan diri Anda, belajar menghadapi dunia kerja termasuk di dalamnya kemampuan problem solving, leadership bahkan hingga manajemen.

 

Menambah Koneksi

Mengikuti program pelatihan juga bisa menjadi ajang untuk menambah networking. Kenalan peserta atau mentor dalam program pelatihan bisa menjadi kesempatan emas menambah kenalan juga pengetahuan. Jika program pelatihan diadakan oleh suatu perusahaan, hal tersebut juga bisa menjadi kesempatan Anda untuk mendapat pekerjaan.

 

Baca Juga: “Apa Pekerjaan yang Disukai dan Tidak Disukai?” Inilah Cara Menjawabnya!

 

Lembaga Pelatihan Kerja Gratis

Berdasarkan UU Ketenagakerjaan, dijelaskan bahwa pelatihan diselenggarakan oleh lembaga pelatihan pemerintah atau lembaga pelatihan kerja swasta.

Lembaga pelatihan kerja pemerintah juga bisa menyelenggarakan pelatihan kerja yang bekerja sama dengan swasta. Lembaga pelatihan kerja swasta yang dimaksud ini dapat berupa badan hukum maupun dari perorangan.

Berikut beberapa lembaga pelatihan gratis yang dapat Anda ikuti:

 

PPKD Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Program PPKD (Pusat Pelatihan Kerja Daerah) ini merupakan salah satu program yang ada di daerah Jakarta Selatan. Mungkin ada beberapa daerah yang juga menerapkan program yang sama. Program PPKD ini bersifat gratis dan dibuka setiap tahun. Beberapa skill yang dipelajari mulai dari bahasa inggris hingga pelatihan jadi barista!

 

Program Pelatihan dari Kemenaker

Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia sendiri sudah memiliki program pelatihan yang bekerja sama dengan berbagai pihak yang kemudian disebut sebagai Mitra Pelatihan. Banyak jenis kejuruan dan bidang yang bisa Anda pelajari. Anda bisa menemukan pelatihan sesuai dengan kebutuhan Anda di sini. 

 

PPKPI Jakarta

PPKPI adalah Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri yang ada di Jakarta. Lembaga pelatihan ini berada di bawah pemerintah provinsi DKI Jakarta. PPKPI Jakarta memang memiliki kewajiban untuk memberikan pelatihan secara gratis berbasis kompetensi dengan berbagai jenis kejuruan. Mulai dari Elektronika, Gambar Konstruksi, Bahasa Inggris, dan lain-lain.

 

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek melalui “Ayo Kursus”

Program ini gratis untuk anak usia tidak sekolah sampai lulusan SMA dan perguruan tinggi vokasi dimana juga akan diintegrasikan dengan program pendidikan kecakapan kerja (PKK) dan pendidikan kecakapan wirausaha (PKW) Direktorat Jenderal Vokasi. Program ini akan dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan tujuan meningkatkan kompetensi tenaga kerja.

 

Demikian ulasan tentang pelatihan kerja, sudah tahu pentingnya bukan? Tidak ada salahnya mengikuti pelatihan kerja terlebih dahulu sebelum Anda turun ke dunia kerja. Hal ini akan membantu Anda beradaptasi dan mengenal dunia kerja dengan lebih baik sehingga Anda bisa mempersiapkan diri untuk memberikan kinerja terbaik Anda.