referensi kerja

Apa Itu Referensi Kerja dan Bagaimana Cara Memintanya?

Pernah mendengar istilah referensi kerja? Banyak perusahaan yang seringkali meminta referensi kerja sebagai syarat perekrutan.

Sebenarnya apa itu referensi kerja? 

Referensi sendiri dalam KBBI diartikan sebagai sumber acuan, rujukan, atau petunjuk. Sedangkan referensi kerja adalah surat atau keterangan dari pihak yang pernah bekerja dengan Anda atau sudah mengenal Anda dengan baik secara profesional.

Referensi kerja biasanya berupa surat yang berisi pengalaman kerja, work habits, karakter dan cara kerja Anda juga kemampuan yang Anda miliki dalam bidang tertentu. Oleh karena itu, Anda perlu memilih siapa yang akan menulis referensi kerja Anda dengan baik.

Cari tahu tentang referensi kerja lebih dalam dengan simak ulasan tentang referensi kerja di bawah ini!

 

Mengapa Referensi Kerja Cukup Penting?

Mungkin beberapa orang masih belum mengetahui mengapa referensi kerja ini penting. Dalam proses rekrutmen misalnya, pada posisi tertentu yang Anda lamar, mungkin Anda akan diminta untuk menyertakan surat referensi kerja.

Bahkan terkadang, tidak hanya dari satu orang saja. 

Penggunaan referensi kerja yang seringkali untuk proses melamar pekerjaan dan atau naik jabatan, berikut adalah beberapa alasan mengapa referensi kerja cukup penting untuk beberapa kepentingan yang diantaranya ada kedua kepentingan yang telah disebutkan di atas.

 

Menjadi Pihak Ketiga

Referensi kerja bisa menjadi pihak ketiga dalam proses rekrutmen ini. Selain dengan kandidat, pemberi kerja juga bisa mengetahui kebutuhan informasi juga kemampuan-kemampuan yang Anda miliki dari sumber yang berbeda.

Bukan dari diri Anda sendiri juga tentunya. Ini menjadi salah satu penilaian penting. 

 

Memastikan Company Culture Cocok 

Company culture yang tidak cocok atau perpindahan yang terlalu kentara dari perusahaan sebelumnya juga bisa menjadi pertimbangan penting. Melalui surat referensi kerja ini, perusahaan akan mengetahui apakah Anda cocok dan sejalan atau tidak dengan company culture yang Anda lamar. 

 

Baca juga: Bagaimana Budaya Perusahaan Membentuk Motivasi Karyawan

 

Salah Satu Cara untuk Verifikasi Kemampuan

Sebagai kandidat, Anda tentunya akan menunjukkan kemampuan yang Anda miliki. Referensi kerja ini bisa menjadi ajang untuk memverifikasi kemampuan yang Anda miliki dari pihak yang sudah pernah bekerja sama dengan Anda. 

 

Siapa yang Dapat Memberikan Referensi Kerja?

Setelah mengetahui pentingnya referensi kerja, Anda harus bijak dalam memilih siapa saja yang bisa menuliskan referensi kerja untuk Anda. Berikut adalah beberapa pihak yang dapat memberikan surat referensi kerja untuk Anda.

Jangan lupa juga untuk sesuaikan dengan persyaratan dari perusahaan pemberi kerja.

 

Atasan atau Manajer 

Atasan atau manajer ini bisa menjadi pilihan yang akan sangat dipercaya oleh recruiter. Atasan Anda akan memberikan referensi kerja untuk Anda sesuai dengan pekerjaan yang Anda lakukan. Akan lebih baik jika pihak ini adalah recent company Anda.

Pada kasus ini, jika Anda tidak ingin bos Anda mengetahui Anda mencari pekerjaan lain, maka setidaknya ada rekan kerja Anda dari satu rekan kerja yang menuliskan referensi untuk Anda. 

 

Rekan Kerja

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rekan kerja bisa menjadi pilihan yang juga baik untuk membuat referensi kerja. Pilihlah rekan kerja yang memang sering berkomunikasi dan bersinggungan pekerjaan dengan Anda dan sudah mengenal Anda dengan baik. 

 

Anggota Tim

Jika Anda bekerja dalam tim di perusahaan sebelumnya, Anda bisa memilih salah satu anggota dari tim Anda. Ini akan baik untuk Anda karena anggota tim tentu mengenal Anda dengan baik juga mengetahui kebiasaan dan kemampuan kerja Anda. 

 

Profesor atau Dosen

Referensi kerja juga bukan selalu datang dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Dalam beberapa kasus, referensi kerja juga bisa Anda dapatkan dari profesor atau dosen yang mengajar Anda, atau yang pernah melakukan penelitian bersama. 

 

Teman ‘Profesional’

Selama Anda bekerja, tentunya Anda akan menambah relasi. Misalnya jika Anda melakukan kerja sama di pekerjaan sebelumnya, maka Anda akan mengenal beberapa teman baru.

Teman yang Anda kenal karena sikap profesional ini juga bisa menuliskan referensi kerja untuk Anda jika Anda pikir bisa menguntungkan posisi Anda. Namun, tentu saja akan lebih baik jika Anda juga mengenal dengan baik. 

 

Baca juga: 10 Manfaat Membangun Relasi dengan Rekan Kerja

 

Organisasi atau Volunteer

Jika Anda anggota organisasi atau rutin melakukan volunteer pada lembaga tertentu, mereka juga bisa mengambil peran dalam hal ini.

Siapa tahu, hal ini akan menambah nilai Anda di depan pemberi kerja karena kegiatan-kegiatan yang Anda lakukan. Baik yang in-line dengan posisi yang Anda lamar atau tidak. 

 

Cara Meminta Referensi Kerja 

Jika Anda sudah mengetahui pihak yang ingin Anda minta untuk menuliskan surat referensi untuk Anda, kira-kira bagaimana cara memintanya? 

Sebenarnya hal ini lumayan sederhana. Hal pertama tentunya sudah menentukan siapa saja yang akan Anda minta untuk menulis surat referensi kerja, dan pastikan juga sudah sesuai dengan persyaratan dari pemberi kerja (jika ada). 

Selanjutnya langkah kedua adalah dengan memberikan informasi kepada pihak yang akan menuliskan surat referensi Anda mengenai karir Anda, proses pencarian pekerjaan, dan hal-hal dasar lain.

 Anda juga harus menjelaskan kepada mereka posisi apa yang menjadi tujuan Anda dan sedang Anda lamar, juga jelaskan mengapa Anda merasa cocok untuk ada di posisi tersebut. Kemudian langkah selanjutnya bertanya apakah mereka bisa menuliskan positive reference untuk Anda.

Jika hal-hal ini sudah dilakukan dan Anda sudah mempertimbangkan dengan baik pihak mana saja yang akan menuliskan surat referensi kerja untuk Anda, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. 

Demikian ulasan mengenai referensi kerja. Komunikasikan dengan baik maksud dan tujuan Anda, maka surat referensi kerja akan Anda dapatkan. Semoga bermanfaat!