Produktivitas Kerja

Antara Produktif Vs Sibuk. Apa Bedanya?

Sering mendengar istilah produktif dan sibuk? Keduanya memang memiliki kaitan dengan produktivitas kerja tetapi ternyata menjadi sibuk tidak sama dengan menjadi soerang yang produktif. Percayalah, ada orang besar yang jarang sekali mengatakan “tidak,” saat mereka akan melakukan agenda pertemuan dengan kawan atau keluarganya. Namun ada juga yang yang sangat sering mengatakan “tidak,” saat mereka diajak untuk ikut serta dalam sebuah pertemuan.

Ini tentunya berhubungan dengan produktivitas dan sibuk. Kedua hal yang memang berbeda, namun sama-sama akan mengambil waktu untuk melakukannya. Lantas, apa sih bedanya antara produktivitas Vs sibuk? Dan Mana yang lebih baik untuk produktivitas kerja ?

Berikut ini adalah Perbedaan Orang Produktif & Sibuk

 

1. Orang Sibuk Akan Memiliki Banyak Prioritas, Orang Produktif Sedikit Tapi Penting

Seorang yang produktif vs sibuk salah satunya akan terlihat pada prioritas yang dimilikinya atau seberapa banyak pekerjaan serta aktivitas sehari-hari. Mereka yang menjadi orang sibuk biasanya mempunyai banyak sekali prioritas yang harus diperhatikan atau dikerjakan, sementara mereka yang produktif hanya sedikit namun tentu itu sangat penting, Hal ini akan berimbas kepada produktivitas kerja mereka .

 

2. Orang Sibuk Mudah Mengatakan “Ya,” Orang Produktif Bisa Mengetahui Kapan Harus Mengatakan “Ya,” atau “Tidak”

Perbedaan selanjutnya ada pada cara menanggapi suatu ajakan baik bisnis atau yang lainnya. Seorang yang sibuk akan mudah mengatakan “Ya,” namun percayalah terkadang secara mendadak jawaban “Ya,” bisa berubah menjadi “tidak,” dan “maaf.” Namun ini berbeda dengan mereka yang produktif, mereka akan tahu kapan harus mengatakan “Ya,” dan “Tidak,” sehingga perubahan rencana yang mendadak sangat jarang untuk dilakukan.

 

Baca Juga :  8 Tips Efektif Manajemen Waktu Dalam Bekerja

 

3. Perbedaan Dalam Cara Bertindak

Antara produktif VS sibuk juga bisa dibedakan dari cara mereka bertindak. Orang sibuk biasanya tak akan berpikir panjang saat akan bertindak, seperti sebelumnya sudah dijelaskan, sangat mudah mengatakan “Ya.” Sementara untuk orang produktif, mereka akan mempertimbangkan sebelum melakukan sesuatu, apakah akan mengganggu pada produktifitas mereka atau tidak. Bila memang memungkinkan maka jawaban “Ya,” tentu saja akan dikeluarkan, Tetapi jika itu hanya membuang waktu, Maka mereka tidak akan sungkan untuk mengatakan ” Tidak “

 

4. Orang Sibuk Lebih Multitasking, Orang Produktif Akan Fokus Pada Satu Urusan

Dalam hal mengerjakan suatu hal juga antar produktif dan sibuk akan berbeda. Mereka yang sibuk lebih terbiasa melakukan multitasking, melakukan 2 hal dalam satu waktu tak akan jadi masalah. Sementara orang produktif mereka harus fokus untuk menyelesaikan 1 urusan dulu agar bisa memberikan hasil maksimal baru berpindah pada penyelesaian urusan lain.

 

5. Orang Produktif Akan Berfokus Pada Hal Detail, Orang Sibuk Akan Melihat Pada Tujuan Besar

Dalam menyelesaikan sebuah permasalahan pun ada perbedaan antara mereka yang produktif vs sibuk. Orang produktif akan melihat pada detail masalah. Berbeda dengan orang sibuk yang akan melihat pada tujuan besarnya.

 

Baca Juga : Santai Tapi Produktif, Inilah Budaya Kerja

 

Antara orang produktif vs sibuk keduanya memiliki nilai positif masing-masing tergantung dari cara menggunakannya. Namun dalam dunia kerja, karyawan biasanya akan dituntut bisa produktif, oleh sebab itulah adanya sebuah divisi yang hanya berfokus pada pekerjaan utama nya saja namun masih berkaitan dengan divisi lain.