Pentingnya Data Flexibility bagi Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

data flexibility
Isi Artikel

Di era yang serba digital ini, ada banyak data yang diterbitkan setiap hari. Data-data ini mengandung informasi yang perlu disimpan oleh setiap orang. Semakin banyak data yang disimpan, semakin besar pula penyimpanan yang dibutuhkan. 

Para ahli telah memprediksi bahwa di tahun 2025, volume data global akan mencapai 175 zettabytes atau setara dengan 1 triliun GB. Angka tersebut sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan tahun 2002 yang jumlah total datanya hanya mencapai 5GB. 

Oleh karena itu, setiap individu, komunitas, hingga organisasi perlu memerhatikan data flexibility. Apa yang dimaksud dengan data flexibility dan mengapa hal tersebut sangat penting?

Agar kita bisa lebih memahaminya, mari simak artikel LinovHR di bawah ini!

 

Apa Itu Data Flexibility?

Bisa dibilang, data flexibility adalah kemampuan suatu sistem untuk bisa beradaptasi dengan jumlah data yang semakin berkembang. Data flexibility adalah aspek penting dalam sistem manajemen database. Aspek ini kini menjadi solusi dalam mengantisipasi penyimpanan data yang jumlahnya kian hari kian meningkat.

Penerapan data flexibility bertujuan agar data dapat dikelola dan diproses dengan benar. Selain itu, aspek ini juga mampu memberikan kemudahan dalam menampilkan data-data yang diperlukan. 

Oleh karena itu, perusahaan yang memiliki banyak data berharga dan ingin meningkatkan kualitas sistem manajemen database perlu mempertimbangkan fleksibilitas data.

 

Baca Juga: Cloud Object Storage: Solusi Teknologi Penyimpanan Database Bisnis Perusahaan Anda

 

Alasan Pentingnya Fleksibilitas Data

Alasan mengapa data flexibility itu penting bagi perusahaan akan dijawab dalam poin-poin berikut.

 

1. Lebih Banyak Lingkup yang Dapat Dianalisis

Data flexibility memiliki peran penting dalam menentukan kualitas laporan analisis. Seperti pada laporan pemasaran, anggaran, dan masih banyak lagi. Selain itu, data flexibility juga akan memperluas cakupan analisis data. 

Contohnya pada penyimpanan model data lake yang lebih fleksibel. Dengan fleksibilitas model penyimpanan ini, data bisa bergerak bebas apabila dibandingkan dengan penyimpanan model data warehouse. 

Oleh karena itu, perusahaan perlu mengutamakan aspek data flexibility agar dapat mengakses hingga data terdahulu dan dapat membandingkannya dengan data terbaru.

 

2. Lebih Banyak Ruang untuk Data

Perusahaan perlu mempertimbangkan banyaknya data yang akan muncul di masa depan. Ini karena karyawan akan bertambah seiring berjalannya waktu. 

Tak hanya itu, banyak juga karyawan yang akan meninggalkan perusahaan. Belum lagi, daftar talent pool akan terus bertambah. Oleh karena itu, perusahaan perlu beralih pada aspek data flexibility yang memberi kesempatan bagi data untuk terus berkembang dalam ruang penyimpanan lebih besar. 

 

3. Lebih Siap dengan Perubahan Data di Masa Depan

Semakin banyak data yang disimpan, semakin mudah perusahaan dalam menghadapi perubahan data di masa depan. Apalagi jika mengingat perusahaan memiliki banyak sekali data yang bisa menjadi referensi apabila dibutuhkan. Dengan data flexibility, data yang diinginkan juga dapat ditampilkan dengan mudah.

 

4. Keakuratan Data Terjaga

Fleksibilitas data juga berarti keakuratan data. Dengan data flexibility, sistem bisa menghapus data yang sudah tidak relevan atau menghapus data duplikat. Sehingga, keakuratan data pun dapat terjaga.

 

Aplikasi HR LinovHR Berikan Fleksibilitas Data Bagi Perusahaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perusahaan yang terus berkembang akan menghadapi penambahan data secara terus menerus. Mulai dari data karyawan yang masuk atau keluar hingga daftar talent pool yang semakin panjang. 

Tentu saja penyimpanan data yang terbatas pada perangkat tidak dapat menampung seluruh data besar yang dimiliki oleh perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan software HRIS yang menawarkan penyimpanan data berlandaskan data flexibility.

 

software hris

 

Software HRIS LinovHR dapat menjadi solusi dari tantangan di atas. LinovHR adalah software HRIS yang menawarkan penyimpanan data berbasis cloud sehingga HRD hanya memerlukan koneksi internet untuk mengakses data karyawan.

Selain itu, software HRIS LinovHR juga dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan jumlah karyawan dalam perusahaan. Anda bisa memilih berbagai modul yang tersedia dalam software LinovHR, mulai dari pengelolaan data karyawan, absensi, performance review, hingga proses rekrutmen. 

Dengan keunggulan pengelolaan data yang akurat, cepat, dan mudah, LinovHR mendukung perusahaan untuk mencapai fleksibilitas data dan menghadapi era baru dunia digital di masa depan. Jangan menunda-nunda lagi, mari beralih ke Software HRIS dengan penyimpanan data berbasis cloud dengan LinovHR!

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter