perhitungan payroll

7 Pertanda Perhitungan Payroll Anda Bermasalah!

Perhitungan payroll tentu saja harus dilakukan dengan baik dan akurat. Karena sedikit kesalahan bisa berakibat fatal. Umumnya, kesalahan perhitungan tersebut disebabkan karena masih menggunakan cara manual. Maka dari itu, LinovHR menghadirkan Modul Payroll yang dapat memudahkan perhitungan gaji karyawan Anda.

 

Pertanda Perhitungan Payroll Bermasalah

Berikut ini terdapat 7 tanda perhitungan gaji atau payroll perusahaan bermasalah. Bisa jadi Anda mengalami salah satu cirinya!

 

Sulit Menyesuaikan Aturan Pemerintah Terbaru

Setiap pergantian periode, biasanya terdapat perubahan aturan pemerintah. Salah satu aturan tersebut adalah tentang ketetapan perhitungan gaji pegawai. Dengan begitu, setiap HR payroll pastinya harus menyesuaikan perhitungan tersebut dengan aturan yang berlaku.

Namun masih banyak HR payroll yang belum mengetahui adanya aturan tersebut atau sulitnya mengubah rumus perhitungan gaji pada setiap pegawai. Akibatnya, terjadinya kesalahan perhitungan dan karyawan tidak menerima gaji yang sesuai.

 

Gaji Sering Dibayar Telat

Biasanya perusahaan memiliki satu waktu untuk melakukan pembayaran gaji karyawan secara konsisten. Namun jika perusahaan Anda sering telat membayar gaji dan hal ini dilakukan berulang-ulang kali, bisa saja terdapat masalah pada akuntan atau HR payroll yang menyebabkan perhitungan gaji selesai sepenuhnya.

 

Baca Juga: Solusi Ampuh Anti Salah Hitung dan Telat Bayar Gaji 

 

Gaji Karyawan yang Tidak Sesuai 

Jika karyawan Anda sering mengeluh tentang gaji yang tidak sesuai tentu akan membuat penurunan produktivitas kerja mereka. Besaran gaji karyawan tentunya harus dihitung berdasarkan jumlah kehadiran, performa, potongan pajak, dan lain sebagainya. Cara perhitungan yang manual biasanya akan sulit untuk memasukan semua komponen perhitungan gaji tiap karyawan.

 

Sering Mengalami Masalah pada Administrasi Payroll

Kesalahan dalam administrasi payroll tidak luput dari adanya human error atau kesalahan manusia. Kesalahan ini menyebabkan kesalahan pada perhitungan deductiona, insentif, lembur dan cuti, lalu membutuhkan proses recheck dan koreksi yang harus memakan waktu yang lama, dan bingung saat membedakan atau mengelompokkan karyawan. Jika hal itu sering terjadi, karyawan bisa menuntut perusahaan.

 

Terjadi Kesalahan Saat Rekap Absensi

Dalam sebulan, HR payroll akan menghitung jumlah kehadiran karyawan beserta dengan waktu lembur yang mereka gunakan. Biasanya kesalahan yang terjadi adalah HR payroll tidak memasukkan data waktu lembur karyawan yang menyebabkan karyawan menerima gaji yang kurang.

 

Salah Input Data

Selain kesalahan saat rekap absensi, perhitungan gaji bisa bermasalah jika salah dalam menginput data karyawan. Hal ini diakibatkan karena HR payroll harus menghitung gaji karyawan satu persatu, sehingga tidak menutup kemungkinan salah dalam menuliskan angka, memasukkan nama, atau menginput data karyawan.

 

Kelebihan Membayar Gaji Karyawan

Kelebihan saat membayar gaji tentunya menjadi hal yang menyenangkan bagi karyawan, namun hal ini justru berdampak buruk bagi perusahaan. 

Pasalnya jika perusahaan kelebihan saat memberikan gaji memiliki hak untuk meminta kelebihan tersebut kepada karyawan. Tetapi bisa saja uang tersebut sudah digunakan dan mereka tidak sanggup untuk mengembalikan kelebihan gaji tersebut. Hal ini justru akan menimbulkan hubungan yang renggang antara karyawan dengan perusahaan.

 

Baca Juga : Komponen, Manfaat Serta Metode System Payroll 

 

Apakah Ada Solusi dari Masalah Payroll di Atas?

7 tanda perhitungan payroll perusahaan bermasalah di atas jika dibiarkan tentu saja akan menimbulkan dampak yang fatal seperti penurunan produktivitas kerja, banyaknya karyawan yang resign, kecilnya keuntungan bisnis yang didapatkan dan masih banyak lagi.

Agar 7 pertanda di atas tidak terjadi lagi pada perusahan Anda solusinya adalah menggunakan program payroll dari LinovHR!

Program payroll dari LinovHR dapat membantu perusahaan untuk mengefektifkan urusan penggajian karyawan yang kompleks. Seluruh komponen gaji karyawan akan dihitung secara otomatis melalui sistem dan akan memberikan hasil yang akurat. Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot untuk menghitung secara satu-persatu dan memiliki lebih banyak waktu untuk mengerjakan hal yang lebih penting.

Fitur-fitur yang ditawarkan pada program payroll LinovHR sangat mudah digunakan untuk mengerjakan berbagai urusan penggajian seperti:

  • Menyimpan seluruh data bank yang telah bekerja sama dengan perusahaan
  • Menyimpan seluruh metode pembayaran gaji
  • Mengelompokkan komponen payroll berdasarkan kode akuntansi
  • Membuat slip gaji
  • Menghitung gaji otomatis
  • Menghitung pajak karyawan yang sesuai dengan aturan yang berlaku

 

Anda tidak perlu khawatir soal keamanan data, karena LinovHR akan sangat menjaga kerahasiaan data perusahaan dan meminimalisir terjadinya kebocoran, kehilangan, hingga penjualan data perusahaan kepada pihak luar.

Ingin menghilangkan masalah perhitungan payroll karyawan Anda?

Segera beralih ke program payroll LinovHR. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Customer Service kami sekarang juga!