cloud object storage

Cloud Object Storage: Solusi Teknologi Penyimpanan Database Bisnis Perusahaan Anda

Data menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kegiatan perusahaan. Baik itu data karyawan, data organisasi perusahaan, hingga data keuangan perusahaan. Data-data tersebut harus disimpan dan dikelola dengan tepat dan aman. Guna memudahkan Anda dalam mencari, menyortir, melacak, menganalisis, dan melaporkan data.

Untuk mencapai hal tersebut, Anda bisa menggunakan cloud object storage. Ini adalah sistem penyimpanan yang mengelola data sebagai objek dan disimpan ke dalam cloud.

Adanya cloud object storage bisa menjadi solusi yang tepat untuk penyimpanan data dalam bisnis Anda. Oleh karena itulah, Anda perlu mengenali seluk beluk tentang sistem penyimpanan ini.

Ulasan dari LinovHR di bawah ini akan membantu Anda mengetahui kapan dan alasan perusahaan harus menggunakan cloud object storage.

Simak selengkapnya untuk memahaminya.

 

Kapan Perusahaan Harus Pakai Cloud Object Storage

Hal pertama yang harus diketahui adalah waktu penggunaan cloud object storage. Kapan seharusnya perusahaan mulai menggunakan teknologi ini?

Perusahaan bisa menggunakan sistem penyimpanan data ini apabila perusahaan sudah semakin berkembang. Ketika perusahaan semakin berkembang, maka data yang diterima akan semakin banyak.

Data karyawan bertambah karena perusahaan senantiasa merekrut untuk mendapatkan karyawan baru. Data organisasi pun juga berubah karena bertambahnya tenaga kerja menyebabkan perubahan struktur organisasi.

Bertambahnya data juga akan menyebabkan pengelolaan data semakin kompleks. Salah satu contohnya adalah pengelolaan data payroll karyawan yang semakin rumit seiring dengan bertambahnya jumlah tenaga kerja.

Hal tersebut membuat penyimpanan dan pengelolaan data tidak dapat dilakukan secara manual dengan dokumen cetak. Perusahaan harus melakukan digitalisasi data yang dapat diwujudkan dengan cloud object storage.

 

Baca Juga: Keuntungan Perusahaan Menggunakan Software Cloud

 

Manfaat Menggunakan Cloud Object Storage

Mengapa perusahaan perlu menggunakan cloud object storage sebagai media penyimpanan? Ternyata, ada beberapa alasan pentingnya. Berikut ini adalah alasannya.

 

1. Kemudahan Input dan Akses Data

Alasan yang pertama adalah adanya kemudahan dalam meng-input dan mengakses data. Hal ini merupakan faktor yang sangat penting apabila perusahaan memiliki data yang cukup banyak.

Melalui storage berbasis cloud, perusahaan dapat memasukkan dan mengakses data kapan saja dan di mana saja. Pada umumnya, data-data yang ada bisa dimasukkan dan diakses melalui aplikasi berbasis web maupun smartphone.

 

2. Keamanan Data

Keamanan data merupakan keunggulan cloud object storage yang tidak didapatkan pada penyimpanan data manual. Ini karena penyimpanan data secara manual rawan terkena kebocoran, manipulasi, ataupun penyalahgunaan data.

Cloud object storage memiliki sistem keamanan yang ketat, sehingga perusahaan tidak perlu khawatir datanya akan bocor keluar. Selain itu, data-data tertentu pun bisa diatur sehingga hanya orang-orang berkepentingan saja yang memiliki akses terhadap data tersebut.

 

3. Kemudahan Integrasi Data

Semakin berkembang perusahaan, data yang dimiliki pun semakin kompleks. Pada umumnya, data-data ini saling berhubungan. Misalnya saja data informasi pribadi karyawan dengan payroll.

Saling terhubungnya data-data tersebut menunjukkan bahwa perusahaan membutuhkan sistem penyimpanan data yang saling terintegrasi. Hal ini bisa dilakukan menggunakan cloud object storage.

 

4. Fleksibilitas Perkembangan Data

Data perusahaan akan semakin bertambah seiring dengan perkembangan perusahaan. Bisa dibilang bahwa data-data tersebut membutuhkan penyimpanan yang besar.

Melalui cloud object storage, perusahaan bisa menyesuaikan ukuran penyimpanan data. Sejatinya penyimpanan cloud dapat menyimpan data dalam jumlah yang besar.

Sehingga, perusahaan tidak perlu takut dengan perkembangan jumlah data yang ada karena semuanya dapat diakomodir oleh cloud object storage.

 

Baca Juga: Manfaat Data Collection Tools untuk Perusahaan

 

LinovHR Solusi Penyimpanan Data untuk Bisnis Anda

Cloud object storage menjadi pilihan sempurna untuk membuat penyimpanan data penting perusahaan dapat terkelola dengan baik. Sistem penyimpanan ini memungkinkan juga perusahaan mengelola seluruh data secara digital. Sehingga proses perubahan dan penambahan data bisa dilakukan lebih cepat.

Cloud object storage juga menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas dan meningkatkan efektivitas pekerjaan karyawan.

Solusi cloud object storage terbaik bagi perusahaan Anda adalah Software HRIS LinovHR. Software ini merupakan solusi penyimpanan terbaik bagi perusahaan yang bisa mengakomodir berbagai data karyawan dan perusahaan serta menyimpannya dengan baik dan aman.

Bukan hanya data pribadi karyawan saja yang bisa disimpan dalam software ini. Software HR LinovHR juga memiliki berbagai modul yang memungkinkan banyak jenis data untuk disimpan dan dikelola. Modul-modul tersebut yaitu:

  • Organization Management untuk menyimpan data organisasi misalnya struktur organisasi dan profil perusahaan.
  • Personnel Administration untuk menyimpan dan mengelola data pribadi karyawan.
  • Recruitment untuk menyimpan data pribadi kandidat dan proses rekrutmen yang tengah dijalaninya.
  • Payroll untuk menyimpan data penggajian dan pajak penghasilan karyawan serta memprosesnya.
  • Competency Management untuk menyimpan data tentang kompetensi yang harus dikuasai karyawan.
  • Performance Management untuk menyimpan data evaluasi kinerja dan feedback karyawan.
  • Time Management untuk menyimpan dan menganalisis data absensi dan izin karyawan.
  • Reimbursement untuk menyimpan data pengajuan reimbursement karyawan.
  • Succession Management untuk menyimpan data posisi tinggi yang kosong dan karyawan yang menjadi kandidat untuk mengisi posisi tersebut.
  • Loan untuk menyimpan data peminjaman uang kepada karyawan.
  • Employee Self Services untuk menyimpan data absensi dan pengajuan cuti karyawan.
  • Learning and Development untuk menyimpan data perencanaan dan penerapan pelatihan karyawan.

 

Software HRIS bisa menjamin data yang telah dimasukkan ke dalam software aman dan terkendali. Belum lagi, software ini juga mendukung adanya integrasi data sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir menggunakannya.

Hubungi kami sekarang dan ikuti demo aplikasi gratis!