Apa Itu Distraksi? Ini Cara Mengatasinya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

distraksi adalah
Isi Artikel

Distraksi adalah tantangan terbesar dalam pekerjaan yang dapat berpengaruh pada produktivitas karyawan. Mengutip dari Clockify, studi menunjukkan bahwa 70-90% karyawan yang bekerja di kantor merasa terdistraksi oleh rata-rata 56 gangguan dalam sehari.

Selain itu, dikatakan juga bahwa karyawan memerlukan 2 jam per hari agar dapat kembali fokus. 

Artikel LinovHR berikut ini akan mengupas tuntas apa itu distraksi hingga bagaimana karyawan dapat mengatasi distraksi saat bekerja. Yuk, simak artikel berikut ini!

 

Arti Distraksi

Distraksi adalah gangguan yang dapat mengalihkan perhatian seseorang dari mode fokusnya. Adapun distraksi dibagi menjadi 2 berdasarkan sumber distraksi, yaitu distraksi internal dan distraksi eksternal.

 

1. Distraksi Internal

Distraksi internal adalah gangguan yang bersumber dari pikiran diri sendiri. Adapun yang termasuk dalam distraksi internal adalah kelelahan, penyakit, masalah dan kecemasan pribadi, melamun tentang hal lain.

 

2. Distraksi Eksternal

Di sisi lain, distraksi eksternal adalah gangguan yang bersumber dari luar pikiran atau berasal dari lingkungan sekitar. Adapun yang termasuk dalam jenis gangguan ini adalah suara bising, panggilan telepon, pesan dan notifikasi, serta masih banyak lagi.

 

Contoh Distraksi di Tempat Kerja

Di lokasi kerja sendiri, ada beberapa distraksi yang dapat memecah fokus karyawan dan menyebabkan penurunan pada produktivitas mereka. Berikut adalah 7 contoh distraksi teratas yang sering mengalihkan fokus karyawan. 

 

1. Mengobrol dengan Rekan Kerja

Berkomunikasi dengan rekan kerja sangat penting untuk membangun hubungan baik dengan mereka. Selain itu, obrolan santai akan memudahkan kolaborasi dan membangun suasana kerja yang nyaman. 

Namun, jangan sampai Anda terjebak dalam percakapan yang tiada akhir dan justru bergosip. Percakapan semacam itu bisa saja timbul sewaktu-waktu dan mengurangi tingkat produktivitas Anda.

 

2. Kebisingan Kantor

Banyak karyawan merasa terganggu akan kebisingan kantor. Kebisingan kantor menyebabkan karyawan kehilangan konsentrasi sehingga mereka harus meninggalkan kantor agar pekerjaan bisa segera selesai.

 

3. Penggunaan Email

Banyaknya email yang diterima dan dibalas bisa menjadi distraksi bagi karyawan. Pemberitahuan email dapat menghentikan Anda dari suatu proyek penting yang sedang dikerjakan.

Akibatnya, Anda akan merasa sangat sibuk hanya karena penggunaan email dan proyek yang sedang dikerjakan menjadi tidak selesai di penghujung hari.

 

4. Penggunaan Gawai maupun Perangkat Lainnya

Fokus dan kinerja Anda akan terganggu ketika harus mengecek gawai berkali-kali karena gawai maupun perangkat lainnya dapat menarik perhatian kita. Sehingga kita beralih mengecek gawai untuk mengirim pesan, menonton, maupun mengerjakan hal lain di luar pekerjaan.

 

5. Media Sosial

Berkaitan dengan penggunaan gawai, karyawan mudah terdistraksi ketika membuka media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan media sosial lainnya. Sering kali karyawan mengalihkan perhatiannya dari pekerjaan karena menunggu notifikasi yang muncul dari media sosial.

 

6. Rapat

Rapat tentu sangat penting untuk saling mengetahui kemajuan satu sama lain. Namun, apabila rapat yang dijalankan memiliki tujuan yang kabur dan kurang produktif, maka karyawan akan kehilangan 1-2 jam secara sia-sia. 

 

7. Multitasking

Terkadang, kita perlu multitasking dalam periode tertentu. Namun, ada baiknya Anda menghindari multitasking karena dapat mengurangi produktivitas dan kreativitas.

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengubah Kebiasaan Multitasking?

 

Cara Mudah Atasi Distraksi Saat Bekerja

Berdasarkan contoh distraksi yang telah disebutkan sebelumnya, berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengatasi distraksi-distraksi di atas:

  1. Apabila rekan kerja mengajak Anda untuk terus mengobrol, cobalah untuk mengobrol di percakapan yang berbeda dampak dari hal tersebut bagi Anda.
  2. Tutup pintu kantor atau carilah ruangan yang situasinya tenang. Apabila ada rekan kerja yang membuat keributan, dekatilah dengan perlahan dan beritahukan pengaruhnya pada konsentrasi Anda.
  3. Bekerjalah secara offline atau sisihkan waktu khusus untuk membaca dan membalas email.
  4. Matikan notifikasi gawai dan letakkan agak jauh dari Anda.
  5. Susun agenda rapat dan pilih pemimpin rapat agar rapat menjadi lebih produktif.

 

Melalui penjelasan di atas, Anda kini memahami bahwa distraksi adalah sesuatu yang tidak boleh disepelekan karena dapat mengganggu produktivitas Anda saat bekerja. Semoga penjelasan mengenai contoh distraksi dan cara mengatasi dapat Anda terapkan saat bekerja.

Nantikan artikel informatif LinovHR lainnya!

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter