Kenali Employee Awareness, Pentingkah bagi Perusahaan

Kenali Employee Awareness, Pentingkah bagi Perusahaan?

Dalam dunia kerja saat ini, employee awareness adalah sebuah pendorong dalam meningkatkan keterlibatan dan kinerja karyawan di tempat kerja.

Ada banyak manfaat positif yang dihasilkan dari employee awareness ini. Misalnya, ini dapat menciptakan sikap, motivasi, dan produktivitas karyawan yang unggul, serta membentuk budaya perusahaan yang positif.

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai apa saja aspek serta cara meningkatkan employee awareness, mari simak artikel berikut ini!

 

Apa Itu Employee Awareness?

Apa Itu Employee Awareness?
Pahami Employee Awareness

Employee awareness adalah tingkat di mana seorang karyawan mengetahui mengenai kebijakan, situasi, dokumen tertentu, atau informasi penting di perusahaan.

Ini merupakan elemen penting dari strategi keterlibatan karyawan. Oleh karena itu, banyak perusahaan atau organisasi yang memiliki program peningkatan awareness ini. 

Program tersebut dapat mencakup pengetahuan tentang tujuan strategis perusahaan, kebijakan untuk mengurangi pemborosan energi dan waktu, penurunan biaya operasional, peningkatan efisiensi, serta peningkatan pengetahuan profesional.

 

Mengapa Kesadaran Karyawan Penting?

Employee awareness menjadi sangat penting karena dapat mengatasi ketidakjelasan yang mungkin muncul dalam pekerjaan.

Saat karyawan memiliki pemahaman yang jelas tentang tugas dan tujuan mereka, mereka akan merasa lebih yakin, termotivasi, dan bersemangat dalam melakukan pekerjaan.

Sebaliknya, ketidakjelasan atau kurangnya kesadaran dapat menimbulkan stres, kehilangan semangat, dan bahkan mengurangi motivasi untuk berkinerja optimal.

Kurangnya kejelasan akan hal ini dapat mengakibatkan perasaan kurang dihargai atau diremehkan, sehingga berdampak negatif pada produktivitas dan kinerja secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, menjaga kesadaran karyawan kini menjadi penting. Ini bukan hanya bermanfaat untuk kepentingan karyawan, tetapi juga penting bagi perusahaan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan memberdayakan setiap anggota tim.

 

Baca Juga: Mengapa Kehadiran Karyawan Penting bagi Perusahaan

 

Apa Saja Aspek Penting dalam Employee Awareness?

Apa Saja Aspek Penting dalam Employee Awareness?
Beberapa Aspek Penting dalam Employee Awareness

Ada beberapa aspek penting yang harus dipertimbangkan ketika melakukan strategi peningkatan employee awareness di perusahaan.

Beberapa pertimbangan itu seperti pemahaman karyawan terhadap status saat ini, nilai yang mereka bawa ke perusahaan, kontribusi terhadap kesuksesan perusahaan, hingga ekspektasi yang diberikan kepada mereka.

Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa melakukan peningkatan kesadaran ini tidak mudah. Oleh karena itu, perhatikan aspek di bawah ini untuk membentuk kebijakannya dengan efektif:

  • Keterlibatan: Perlu melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan dan perencanaan kerja untuk meningkatkan tanggung jawab dan keterlibatan mereka dalam pekerjaan.
  • Survei: Hal ini dapat meningkatkan kinerja bisnis karena perusahaan memperoleh pendapat berharga dari karyawan. Di sisi lain, ini juga menunjukkan bahwa perusahaan menghargai suara karyawan.
  • Update: Perusahaan juga perlu melakukan pembaharuan secara berkala. Misalnya, pembaruan berita bisnis, kemajuan proyek, dan prestasi perusahaan untuk memastikan bahwa karyawan memperoleh berita terbaru.
  • Input: Karyawan perlu menerima masukan dan memberikan feedback melalui survei terkait organisasi untuk memperbaiki lingkungan kerja dan memfasilitasi tugas mereka.

 

Bagaimana Cara Meningkatkan Kesadaran Karyawan?

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan employee awareness di perusahaan. 

Untuk meningkatkan kesadaran karyawan ini, mari perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buat topik yang harus dipahami karyawan untuk meningkatkan kesadaran mereka. Misalnya, keamanan data, standar kinerja, kebijakan perusahaan, dan rencana kerja (work plan).
  2. Lakukan berbagai instrumen penilaian, seperti tes, sertifikasi, pelacakan kinerja, dan survei untuk menguji pemahaman karyawan. Ini dapat memberikan gambaran mengenai sejauh apa kesadaran karyawan terhadap berbagai kebijakan perusahaan.
  3. Libatkan karyawan dalam proses pengambilan keputusan, manajemen mutu, dan kolaborasi dalam perencanaan kerja bersama.
  4. Secara rutin, ajak karyawan untuk ikut serta dalam berbagai survei di lingkungan kerja yang memungkinkan mereka untuk menyampaikan pendapat serta sudut pandang mereka terkait berbagai aspek bisnis.
  5. Identifikasi bagaimana karyawan dapat mencapai tingkat pemahaman tertentu. Perusahaan dapat melakukan beberapa strategi seperti:

-) Pelatihan dan pengembangan karyawan

-) Pertemuan dan diskusi tatap muka secara berkala, seperti townhall.

-) Membuat buletin reguler.

-) Menyediakan dokumen penting perusahaan.

-) Mendorong kegiatan pembelajaran mandiri.

 

Tingkatkan Employee Awareness dengan ESS LinovHR

Tak perlu khawatir, Anda dapat sukses meningkatkan employee awareness dengan menggunakan Employee Self Service dari LinovHR. 

Employee Self Services Dashboard
Employee Self Services Dashboard

ESS (Employee Self Services) LinovHR menyediakan platform terpadu yang membantu karyawan dengan mudah mengakses data mereka, seperti slip gaji ataupun manual book, informasi terkini tentang perusahaan, dan informasi penting yang diumumkan oleh manajemen. 

Berbasis mobile, karyawan dapat mengakses cepat dan mudah ke informasi yang relevan. Mereka juga dapat mengajukan pembaruan status seperti sakit, izin, lembur, yang nantinya akan disampaikan secara otomatis pada manajemen.

Secara keseluruhan, EES LinovHR membantu menciptakan lingkungan kerja yang terinformasi, serta memberikan karyawan kontrol lebih besar atas perkembangan dan kontribusi mereka dalam perusahaan.

Segera ajukan demonya sekarang dengan menghubungi kami sekarang juga!