Apa Itu Team Work? Ini Pengertian, Skill dan Tujuan Membangunnya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

team work
Isi Artikel

Di dunia kerja atau lingkungan sosial mungkin Anda pernah mendengar istilah teamwork. Bahkan ada pepatah yang mengatakan jika ingin berjalan cepat maka jalan sendiri, namun jika ingin berjalan jauh berjalanlah bersama-sama. 

 

 

Apa itu team work? Lalu apa tujuan dari team work? Ulasan ini mencoba membahas berbagai hal mengenai kerjasama tim yang dapat berguna bagi Anda. 

Apa Itu Team Work?

Pada dasarnya, team work adalah bekerja dengan rasa hormat dengan penuh rasa saling menghargai dan efektif bersama kelompok sembari melakukan tugas tanggung jawab dari setiap orang. 

 

Ada pula beberapa pendapat dari para ahli berikut ini:

    • McIntyre & Salas (1995). Teamwork adalah bagian penting di dalam kinerja tim untuk menjelaskan perilaku tim dengan mengukur beberapa karakteristik perilaku; pemantauan kinerja, umpan balik, komunikasi tertutup, dan pendukung perilaku. 
    • Fancies & Young (2003). Teamwork adalah sekelompok orang yang bekerja demi meraih sasaran umum. Mereka menikmati pekerjaan itu dan mampu meraih hasil terbaik berkualitas tinggi dari kerjasama mereka itu. 
    • Henderson (2002). Teamwork adalah sekelompok orang yang bekerjasama dimana kesuksesan setiap anggota atau setiap orang yang terlibat di dalamnya bergantung pada kesuksesan yang didapatkan oleh kelompok. 

 

Baca Juga: Karyawan Resign Saat Masa Training, HR Harus Gimana?

 

Mengapa Team Work Penting?

Ada beberapa alasan mengapa team work itu penting. 

1. Banyak Kepala Lebih Baik Daripada Satu Kepala

Mungkin Anda merasa kerepotan harus menghadapi banyak pendapat. Namun percayalah, dengan munculnya banyak ide maka kemungkinan solusi dari sebuah permasalahan akan ada lebih dari satu.  Jika Anda harus memikirkan segalanya sendiri, mungkin akan ada banyak pilihan solusi yang tidak pernah terpikirkan oleh Anda.

 

2. Terdapat Banyak Sudut Pandang

Sebuah tim yang baik memiliki berbagai sudut pandang berbeda. Karena setiap orang memiliki latar belakang, pengalaman dan kemampuan yang berbeda pula. Dengan menggabungkan seluruh aspek ini, maka Anda dapat mencari sudut pandang terbaik. 

Anda juga dapat menggabungkan berbagai sudut pandang yang ada untuk meraih satu kesimpulan terbaik. 

 

3. Menghasilkan Ide-Ide Segar

Jika Anda adalah pengusaha, maka ide-ide segar harus selalu Anda miliki. Dengan bantuan tim yang baik, mereka akan memberikan Anda ide-ide yang mereka miliki. Bayangkan jika seluruh ide tersebut dicari jalan tengahnya, bisa jadi Anda akan menemukan sebuah cara baru yang tidak pernah dilakukan sebelumnya. 

 

4. Saling Mendukung dan Mengingatkan

Di dalam sebuah tim yang ingin meraih tujuan, sesama anggotanya akan saling mendukung jika ada masalah. Begitu pula mereka akan saling mengingatkan satu sama lain apabila terjadi potensi kesalahan atau tenggat waktu yang semakin dekat. Akhirnya produktivitas pun akan melonjak naik. 

 

5. Membangun Kepercayaan Diri

Dengan saling bekerja sama di dalam tim, akan timbul rasa saling memiliki di antara anggota. Kesuksesan yang diraih oleh tim akan dianggap kesuksesan bersama. Sehingga kepercayaan diri dari setiap orang akan ikut meningkat. 

 

Baca Juga:  5 Tata Tertib Perusahaan yang Justru Menurunkan Produktivitas Karyawan

 

Skill Team Work yang Harus Dikuasai

Agar team work dapat berjalan dengan baik, berikut ini beberapa skill team work yang harus dikuasai:

1. Jujur

Kejujuran adalah pintu gerbang menuju kepercayaan. Setiap anggota tim harus bersikap jujur dan terbuka. Jika ada rasa tidak nyaman maka semua itu harus didiskusikan bersama apa adanya. 

 

2. Komunikasi

Agar setiap anggota tim mampu menyampaikan kejujuran dengan baik maka skill komunikasi harus dimiliki. Sebab jika penyampaian pesan salah maka dapat berujung pada salah paham. Bekali diri dengan pengetahuan bagaimana cara menyampaikan komunikasi dengan tepat. Baik secara lisan maupun tertulis. 

 

3. Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah skil berikutnya yang harus dimiliki. Jika setiap anggota tim memiliki tanggung jawab, maka keseluruhan tim akan dipandang sebagai tim yang mampu diandalkan. 

 

4. Kemampuan Mendengar

Selain kemampuan komunikasi, kemampuan mendengar juga harus dimiliki oleh anggota tim. Mendengar bukan hanya menggunakan telinga, namun juga hati. Sehingga seluruh pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. 

 

5. Berempati

Jika anggota tim mampu mendengarkan dengan baik, maka kemampuan untuk berempati juga otomatis akan dimiliki. Setiap anggota memahami perasaan dan sudut pandang mengapa seseorang memiliki pendapat atau perilaku tertentu. 

Dengan memenuhi skill-skill di atas, sebuah tim akan mampu untuk saling menghargai dan berproses bersama untuk mencapai tujuan yang diinginkan. 

 

Tujuan Membangun Team Work

Tujuan utama membangun team work adalah agar setiap anggotanya mampu berkontribusi untuk mencapai tujuan. 

Selain itu ada beberapa tujuan berikut ini:

 

 

  • Mendapatkan partisipasi penuh saat menjalankan keputusan. Keputusan yang telah diambil secara kelompok akan dijalankan bukan hanya satu orang, melainkan seluruh anggota kelompok. 
  • Komitmen. Dengan adanya team work menjamin komitmen untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan oleh tim. 
  • Kontribusi saat mengambil keputusan. Karena keputusan yang akan diambil berdampak untuk keseluruhan kelompok, maka setiap anggota akan memberikan kontribusi terbaik untuk meraih keputusan terbaik. 
  • Merasa memiliki. Team work yang baik akan mendorong rasa memiliki dari setiap anggotanya. Karena mereka semua berkontribusi atas apapun keputusan, perubahan, kegagalan dan keberhasilan bersama. 

 

 

Tips Memperkuat Team Work

Ada beberapa cara untuk memperkuat team work. 

Tingkatkan kebersamaan

Kebersamaan adalah hal penting bagi sebuah tim. Misalnya ketika tim baru terbentuk lakukan permainan tim sederhana yang menyenangkan bersama. Atau ketika tim baru mengalami kegagalan, maka tidak ada salahnya untuk hangout sejenak untuk memulihkan kondisi mental dan semangat tim. 

 

Pelihara Komunikasi

Jantung dari kerja sama tim adalah komunikasi. Bukan berarti harus selalu setuju, namun mencari persamaan dari perbedaan sudut pandang yang ada. Tanpa komunikasi yang baik kinerja tidak akan saling sinkron satu sama lain. 

 

Infografis Teamwork

Lihat Lebih Lengkap Cara Membangun Team Work

 

Cari Figur Pemimpin

Agar sebuah tim dapat bekerja dengan baik, maka diperlukan sosok panutan. Sosok ini harus mampu menunjukkan arah yang tepat dan menjadi motor bagi kelompok dan organisasi. Cari sosok pemimpin dari anggota kelompok yang paling mampu memahami karakter anggotanya. Tidak harus yang paling cerdas, namun ia yang mampu mengenali dengan baik anggotanya. 

 

Tetapkan Aturan yang Jelas

Jika ingin meraih tujuan maka perlu adanya aturan yang jelas. Hal ini untuk menjaga agar tim tidak keluar dari jalur. Ingatkan alasan apa yang membuat mereka bekerja bersama Anda. Dan jika tujuan tercapai maka mereka akan semakin dekat dengan alasan tersebut. 

 

Kesimpulan

Team work adalah bagaimana mencapai tujuan bersama. Setiap individu yang ada di dalam sebuah tim ingin mencapai tujuan tersebut karena mereka memahami dan bertanggung jawab akan proses dan hasil yang dicapai. Seseorang bergantung kepada kelompoknya dan begitu juga sebaliknya. Kelompok yang baik adalah kelompok dengan anggota yang saling percaya, berkomunikasi, dan berkomitmen untuk meraih tujuan bersama. 

Bangun team work yang sehat dengan terus membangun skil yang dibutuhkan, dan perkuat terus kinerja anggota yang ada. Niscaya produktivitas perusahaan akan meningkat karena memiliki tim yang hebat. 

 

Referensi:

 

https://www.commonsensemedia.org/character-strengths-and-life-skills/what-is-teamwork

https://www.sciencedirect.com/topics/medicine-and-dentistry/teamwork

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru