employee branding

Kiat Meningkatkan Employee Branding Demi Bersaing dalam Rekrutmen

Banyaknya calon karyawan yang potensial membuat HR membutuhkan strategi dalam menarik calon karyawan tersebut. Belum lagi persaingan dengan kompetitor. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melalui  employee branding.

Apa itu employee branding? Apakah dengan penerapan ini, metode rekrutmen menjadi lebih mudah dan tepat sasaran? Mari kita cari jawabannya di bawah ini! 

 

Apa Itu Employee Branding?

Employee branding adalah proses membuat karyawan bergabung serta memahami dengan benar apa saja misi, nilai, dan visi perusahaan Anda.

Tujuan utamanya adalah memotivasi karyawan untuk membantu menyampaikan pesan tersebut kepada client atau konsumen, pimpinan, dan rekan kerja lainnya. Atau sebagai mudahnya, employee branding juga bisa disebut brand ambassador bagi perusahaan tersebut.

 

Perbedaan Employee Branding dan Employer Branding

Employer branding dan employee branding memiliki persamaan dalam memperlihatkan perusahaan dari sisi yang terbaik dan efektif untuk menarik calon karyawannya.

Walaupun nama yang hampir sama, terdapat perbedaan antara employee branding dan employer branding, dan bagaimana menggunakannya dalam  meningkatkan proses rekrutmen bagi perusahaan Anda?

Employer branding adalah cara perusahaan untuk mempromosikan lingkungan kerja yang ada di perusahaan sebagai tempat kerja yang ramah, menarik, dan membangun perkembangan karir bagi karyawan.

Dengan menunjukkan kepada calon karyawan seberapa baik Anda memperlakukan karyawan saat ini, dan memberi mereka perlakuan yang sama selama proses rekrutmen dan orientasi, Anda dapat membuat pelamar nyaman dan merasa dihormati.

 

Employee branding adalah lanjutan setelah employer branding.

Employee branding fokus pada mengubah karyawan Anda menjadi brand ambassador perusahaan Anda. Selain itu, mendorong karyawan untuk berperilaku dengan cara yang sesuai dengan value dan core perusahaan untuk meningkatkan merek perusahaan.

Hal baik yang didapatkan, tentunya akan menjadi hal positif dan secara tidak langsung disebar luaskan ke kerabat atau klien potensial.

Employee branding memberikan manfaat bagi perusahaan agar point of view kandidat serta masyarakat secara umum memandang bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan yang kompeten serta tertarik untuk menjadi bagian di perusahaan. 

 

Baca Juga: 7 Strategi untuk Membangun Team Engagement

 

Cara Meningkatkan Employee Branding

Untuk itu, ada beberapa cara yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan employee branding. Seperti apa?

 

Mendidik Karyawan Tentang Detail Organisasi 

Memberikan informasi pada karyawan selengkap mungkin terkait nilai, visi, misi, dan produk/layanan perusahaan. Hal ini akan membantu karyawan untuk meningkatkan awareness terhadap perusahaan dan menetapkan cinta pada perusahaan.

 

Menyelaraskan Harapan Karyawan dengan Produk

Keselarasan ini akan membantu dalam membangun perasaan aliansi dengan item tersebut. Misalnya, dengan pengenalan produk bagi karyawan dan karyawan memang menggunakan produk tersebut, akan membantu perusahaan secara tidak langsung mempunyai pelanggan tetap dan trik marketing mouth-to-mouth akan berlangsung.

Selain itu juga membantu untuk menginovasikan produk sekiranya terdapat kekurangan atau cacat produk. Masukan dari internal pastinya lebih didengar dan langsung segera diperbaiki.

 

Rayakan Keberhasilan Karyawan

Karyawan sebagai aset perusahaan juga harus diperlakukan sebaik mungkin. Jangan hanya fokus pada kesalahan dan lupa akan kebaikan dan kerja kerasnya selama ini. Mungkin Anda dapat membuat program bulanan semacam awarding atau employee of the month.

Hal ini bermaksud juga untuk menaikkan semangat karyawan dan membuat karyawan merasa dihargai.

 

Berikan Feedback Secara Kontinu

Memberikan feedback bagi karyawan sebagai upaya perbaikan kerja agar dapat lebih maksimal dan meningkatkan performa perusahaan.

Mungkin dapat dijadikan rutin bulanan atau mingguan agar seluruh hambatan dapat diselesaikan secepat mungkin. Rutin memberikan feedback juga membuat karyawan merasa lebih dihargai karena semua masukan tersebut dapat digunakan untuk peningkatan kinerja. 

 

Baca Juga: Pentingkah Strategic Performance Management dalam Perusahaan?

 

Transparansi Komunikasi

Dalam bekerja di perusahaan, pastinya lebih banyak bekerja dalam tim ataupun partner. Untuk itu, menjaga komunikasi menjadi peran penting agar terlaksananya pekerjaan dengan baik dan maksimal.  Transparansi dalam komunikasi dalam meredam berbagai konflik selama kinerja yang mengintai. 

 

Kelola Karyawan Secara Maksimal dengan Software  HRD LinovHR!

software hris

 

Untuk mengelola karyawan hingga karyawan unggul, dibutuhkan tenaga ekstra bagi perusahaan. Namun hal itu tidak menjadi pekerjaan sulit karena LinovHR hadir membantu Anda untuk mengelola karyawan dengan software HRD yang mudah dan akurat.

Adanya software HRD dari LinovHR dapat membantu HRD dalam menyelesaikan tugas-tugas administrasi seperti penggajian, rekap absensi, penilaian kinerja, dan sebagainya dalam waktu yang cepat dan akurat. Tak hanya itu, semua informasi karyawan juga dapat disimpan dengan aman dan rahasia didukung oleh cloud based server. 

Dengan kemudahan dalam pengelolaan karyawan, diharapkan HRD bisa  mendalami serta fokus melakukan tugas analisis dan strategis seperti meningkatkan employee branding untuk kinerja karyawan yang jauh lebih unggul. Untuk informasi lengkap mengenai Software HRD dari LinovHR, segera ketuk tautan berikut ini!