Employee Of The Month

Perlukah Memilih Employee of The Month?

Selain gaji, employee of the month menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas karyawan terhadap perusahaan. Namun bagi sebagian orang masih merasa ragu apakah hal tersebut benar dapat membuat kualitas karyawan menjadi lebih baik. Apa benar demikian? 

 

Siapa Itu Employee Of The Month?

Julukan employee of the month merujuk kepada karyawan yang berhasil meningkatkan kinerja dan produktivitas kerja dalam satu periode dan berhak untuk diberikan apresiasi atas hasil kinerja yang sudah diberikannya.

Bentuk apresiasi yang diberikan perusahaan kepada karyawan bisa beragam, mulai dari mendapatkan bonus, voucher belanja atau makan di restoran, liburan, dan lain sebagainya.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan employee of the month (EOM) hingga memasangkan Wall of Fame untuk memuat foto dan nama karyawan yang berhasil meraihnya. Penerapan EOM ini bisa dikatakan ampun untuk meningkatkan semangat, kinerja, serta produktivitasnya dalam bekerja. Selain itu, hal ini juga menjadikan motivasi bagi karyawan lain agar bisa mendapatkan predikat EOM.

 

Kriteria Employee of The Month

Untuk memberikan predikat employee of the month ini pastinya tidak semua karyawan bisa mendapatkanya. Maka dari itu, terdapat beberapa kriteria employee of the month. 

 

Rajin Memberikan Ide Brilian

Karyawan dituntut untuk bekerja dan menyelesaikan tugasnya sesuai dengan permintaan perusahaan. Namun salah satu pertanda bahwa Anda harus memberikan apresiasi kepada karyawan adalah mereka yang selalu memberikan ide brilian untuk keberlangsungan perusahaan.

 

Selalu Datang Tepat Waktu dan Bekerja Sesuai dengan Waktu Kerja

Selain memberikan ide brilian, karyawan yang tidak pernah datang terlambat dan selalu bekerja sesuai dengan waktu kerja yang telah ditetapkan juga patut untuk diberikan penghargaan dan apresiasi. Karena dengan begitu, karyawan sudah mencerminkan bahwa dirinya disiplin dan sangat menghargai waktu yang telah diberikan untuk bekerja.

 

Memiliki Rasa Tanggung Jawab yang Tinggi

Masing-masing karyawan memiliki beban dan tugas pekerjaannya sendiri. Untuk memberikan penghargaan kepada karyawan dapat dinilai berdasarkan sebesar besar rasa tanggung jawab karyawan terhadap tugas, waktu, ataupun ide-ide yang diberikannya. Tanggung jawab tersebut dapat memperlihatkan bahwa karyawan memiliki jiwa sebagai pemimpin untuk dirinya sendiri maupun bagi orang banyak.

 

Baca Juga: Berbagai Hal Baik yang Menurunkan Kinerja Karyawan

 

Menyelesaikan Target Kerja Sesuai dengan Deadline

Setiap karyawan juga pastinya memiliki KPI atau Key Performance Indicator pada tiap tugas yang mereka terima. Dalam satu periode, terdapat beberapa indikator yang harus mereka selesaikan. Jika terlihat bahwa karyawan bisa menyelesaikan sesuai atau bahkan sebelum deadline pengumpulan dengan hasil yang maksimal akan menjadi nilai plus bagi mereka.

 

Menunjukkan Attitude yang Baik

Walau terlihat pintar dan mampu menyelesaikan seluruh tugas pada waktunya jika tidak diimbangi dengan karakter yang baik akan sangat percuman. Memiliki attitude yang baik tentu saja akan membantu mereka untuk mudah diterima dalam kelompok atau lingkungan lain dan dapat menjadi contoh bagi karyawan yang lainnya.

 

Loyal Terhadap Perusahaan

Kesetiaan karyawan Anda terhadap perusahaan membuktikan bahwa mereka siap untuk membantu dengan memberikan seluruh kinerjanya terhadap perusahaan. Jika Anda memiliki karyawan yang seperti ini, sudah tidak ada keraguan lagi untuk memberikannya predikat employee of the month.

 

Manfaat Menetapkan Employee of The Month

Selain memberikan apresiasi dan penghargaan kepada karyawan, employee of the month memiliki manfaat bagi karyawan dan juga perusahaan. Apa sajakah manfaat yang akan diterima oleh kedua belah pihak?

 

Melahirkan Persaingan yang Sehat

Dengan memberikan penghargaan ini akan membuat karyawan lebih bersemangat dan berusaha keras untuk menyelesaikan tugas yang diberikan secara maksimal. Selain itu hal ini juga dapat menularkan semangat kepada karyawan lainnya sehingga menciptakan persaingan yang sehat dalam kantor.

 

Meningkatkan Retensi Karyawan

Ketika kerja keras karyawan sudah dihargai dengan sangat baik, pastinya akan membuat mereka untuk tidak ingin meninggalkan perusahaan. Sehingga hal ini dapat membuat perusahaan untuk mempertahankan karyawan terbaiknya.

 

Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Meningkatnya keterlibatan karyawan ini dapat menimbulkan rasa memiliki karyawan terhadap pekerjaan ataupun perusahaan semakin tinggi. Dengan begitu, karyawan merasa memiliki tanggung jawab yang lebih untuk memberikan hasil yang baik dengan cara meningkatkan performa kerjanya.

 

Baca Juga: Mengukur Kinerja Perusahaan dengan Goal Measurement

 

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Karyawan yang bahagia pastinya tidak akan merasa terbebani dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Sehingga, hal ini dapat meningkatkan produktivitas serta kinerja karyawan agar bisnis perusahaan bisa semakin lancar dan memuaskan seluruh pihak yang terlibat.

Memberi penghargaan kepada employee of the month ini terkadang dilihat dari beberapa komponen yang telah dilakukan dalam penilaian kinerja. Perlu diketahui bahwa penilaian kinerja adalah kegiatan penilaian karyawan berdasarkan dengan job description yang telah mereka terima, apakah sudah diselesaikan secara maksimal atau terdapat hambatan.

Berbeda dengan penghargaan karyawan bulanan ini adalah penilaian yang dilakukan secara menyeluruh mulai dari kinerja, ketepatan dalam pengumpulan tugas, karakteristik, hubungan dengan karyawan lain, dan sebagainya. Contoh employee of the month adalah dapat dilihat dari aspek kedisiplinan atau keaktifan karyawan terhadap perusahaan.

 

Jadi, Apakah Perusahaan harus Menerapkan Employee of The Month?

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa penghargaan bulanan yang diberikan kepada karyawan ini memiliki banyak manfaat baik untuk karyawan maupun kepada perusahaan. Sehingga, penerapan employee of the month ini bisa dikatakan efektif untuk meningkatkan kinerja, produktivitas, serta semangat kerja karyawan.

Dengan memberikan kebahagian kepada karyawan melalui pemberian penghargaan dan apresiasi ini tentu akan membuat karyawan merasa diperhatikan dan meringankan tingkat stress mereka terhadap beban kerja yang harus mereka selesaikan. Namun, Pemberian penghargaan ini dapat disesuaikan dengan kemampuan perusahaan. Semoga membantu!