Karyawan part time

Tips HR: Karyawan Part Time dan Strategi Terbaik untuk Merekrutnya

Dalam dunia kerja, terdapat banyak sekali tipe-tipe pekerjaan yang tersedia di dalamnya, seperti pekerjaan full-time, kontrak, magang, hingga part time.

Tipe pekerjaan yang beragam tersebut, secara tidak langsung membuat tipe karyawan di dalam dunia kerja juga semakin banyak, sesuai dengan jenis pekerjaan yang mereka lakukan, salah satunya yaitu karyawan paruh waktu atau part time.

Karyawan part time adalah karyawan yang memiliki jam kerja fleksibel kurang dari 40 jam seminggu atau 8 jam per harinya. Pekerjaan part time umumnya memiliki jam kerja setengah dari waktu normal atau full-time, hal ini berhubungan dengan sistem kerja part time yang lebih fleksibel, dibandingkan tipe pekerjaan full-time.

Secara sederhana orang yang melakukan tipe pekerjaan part time, maka disebut sebagai karyawan part time. Sedangkan tipe pekerjaan kontrak, maka pekerjanya disebut dengan karyawan kontrak, dan begitu seterusnya.

Kali ini, LinovHR akan membahas secara dalam, mengenai strategi yang dapat digunakan perusahaan untuk merekrut pegawai part time. Perhatikan dan simak penjelasannya di bawah ini!

 

Strategi Merekrut Karyawan Part Time yang Tepat

Ada beberapa tips atau strategi yang bisa Anda terapkan dalam melakukan perekrutan karyawan part time, agar mendapatkan SDM yang sesuai dengan kondisi dan keinginan perusahaan. Berikut adalah beberapa strateginya

 

1. Tentukan Pekerjaan yang Sesuai

Poin penting yang harus Anda perhatikan yaitu, tidak semua pekerjaan bisa ditangani oleh karyawan part time. 

Perlu untuk diketahui, bahwa karyawan part time adalah fungsinya sebagai support untuk membantu pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan tetap. Sehingga, jenis pekerjaan yang diberikan kepada karyawan ini harus tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Mengingat pegawai part time bukanlah pegawai tetap, maka beban pekerjaan yang diberikan harus disesuaikan dengan posisinya. Jangan sampai beban pekerjaan yang diberikan sama beratnya dengan karyawan tetap.

 

2. Buat Jobdesk Sejelas dan Semenarik Mungkin

Pastikan jobdesk yang Anda buat dan tampilkan berisikan informasi yang dibutuhkan dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat ini. 

Semakin lengkap dan detail jobdesk yang ditampilkan, akan memudahkan calon kandidat untuk memahami posisi yang ditawarkan tersebut. Selain lengkap dan jelas, jobdesk juga harus dikemas semenarik mungkin. 

Tujuannya agar banyak kandidat yang tertarik untuk melamar dan bekerja di perusahaan Anda.

 

3. Gunakan Media yang Tepat untu Publikasi Lowongan Pekerjaan

Salah satu poin penting dalam merekrut kandidat yang tepat, yaitu menggunakan media yang tepat dan sesuai dengan calon kandidat yang ditarget.

Sesuaikan media yang digunakan oleh perusahaan dalam mempublikasikan lowongan pekerjaan yang dibuat. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan calon kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan juga pekerjaan yang akan dikerjakan nantinya.

 

4. Komunikasikan Tujuan Rekrut dengan Calon Kandidat

Sepele namun tidak bisa dianggap enteng. Jika Anda ingin mendapatkan kandidat yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka Anda perlu mengkomunikasikan tujuan tersebut pada saat interview.

Karyawan part time seringkali dianggap sebelah mata oleh para interviewer. Padahal, baik karyawan part time maupun karyawan tetap, memiliki peran dan fungsinya masing-masing.

Keduanya tetap memberikan kontribusi penuh terhadap perusahaan dan kemajuan bisnis, sehingga karyawan part time harus diperlakukan dan dihargai selayaknya karyawan tetap.

 

Baca juga: HRD Harus Tahu Ini! Hak Pekerja Harian Lepas (PKHL) dan Ketentuannya

 

Fitur Terbaik Software HRD LinovHR Memudahkan Merekrut Kandidat Lebih Efektif

Software HRD
Software HRD LinovHR

 

Melakukan proses rekrutmen dan menemukan talenta-talenta terbaik yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan, seringkali menjadi pekerjaan yang menguras banyak waktu dan tenaga.

Banyak sekali aspek yang harus diperhatikan dalam merekrut calon kandidat yang akan mengisi posisi di perusahaan, begitu pun dalam merekrut karyawan part time untuk perusahaan.

Meskipun tidak sama dengan karyawan tetap, namun karyawan part time juga memegang peranan penting dalam kemajuan bisnis dan perusahaan.

Sehingga perusahaan tidak bisa asal-asalan dalam melakukan perekrutan calon kandidat part time.

Aplikasi rekrutmen dari Software HRD LinovHR hadir sebagai solusi bagi perusahaan Anda, dalam melakukan proses rekrutmen, mulai dari pembuatan lowongan, hingga pada tahap akhir seleksi, semua dapat dilakukan dengan mudah bersama Software HRD Indonesia LinovHR.

Terdapat 3 menu utama yang dapat memudahkan Anda untuk merekrut karyawan part time yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, yakni

 

1. Menu Vacancy

Fungsi utamanya yaitu memudahkan user dalam membuat lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan secara lengkap, detail, dan jelas.

 

2. Menu Candidate

Menu satu ini memiliki fungsi utama untuk menyimpan seluruh data yang berkaitan dengan kandidat perusahaan.

Data yang masuk tersebut, bisa berasal dari website karir perusahaan, maupun hasil input secara manual yang dilakukan oleh admin atau user.

 

3. Menu Library

Menu terakhir berguna untuk mengatur kebutuhan proses rekrutmen atau master data, mulai dari PIC HR rekrutmen, PIC interview user, hingga detail job kandidat.

 

Selain 3 menu di atas, terdapat juga menu dan fitur lain yang berguna untuk menunjang dan membantu proses rekrutmen di perusahaan.

Simak Informasi lebih lengkap tentang Software Rekrutmen LinovHR Disini 

 

Demikian pembahasan mengenai strategi merekrut karyawan part time, agar sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan perusahaan.

Umumnya orang-orang melakukan pekerjaan part time memiliki tujuan khusus, seperti menambah penghasilan, uang tabungan, mengasah kemampuan, hingga mengisi waktu luang atau kosong. 

Tidak semua karyawan part time dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa.

Nyatanya ada juga orang-orang sudah memiliki pekerjaan, namun melakukan part time untuk menambah pundi-pundi pemasukan yang mereka miliki. Semoga bermanfaat!