working mom

Working Mom, ini 3 Manfaat Fleksibilitas Kerja

Working mom adalah salah satu istilah yang terdengar familiar di kalangan para pekerja wanita. Lantaran, istilah ini digunakan sebagai sebutan bagi para ibu yang tetap bekerja di luar rumah walaupun sudah menjadi seorang ibu.

Seorang ibu yang juga berperan sebagai karyawan tentu akan memiliki tantangan tersendiri. Ini karena mereka harus bisa menyeimbangkan tanggung jawab pekerjaan dengan tanggung jawab pada keluarga.

Dalam menyikapi kondisi ini, perusahaan sebaiknya memberikan pengaturan kerja yang fleksibel kepada working mom. Bagaimana penerapannya?.Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut sampai tuntas ya!

 

Mengenal Para Working Mom 

Melalui penjelasan di atas, Anda sudah dapat mengetahui sekilas mengenai arti working mom. Working mom adalah istilah yang ditujukan untuk seseorang yang menjalankan dua peran sekaligus, yaitu karyawan dan seorang ibu yang membesarkan anak-anaknya.

Semenjak terjadinya pandemi Covid-19, peralihan pekerjaan jarak jauh memberikan kesempatan bagi ibu pekerja untuk tinggal di rumah dan merawat anak secara sekaligus. Sistem kerja jarak jauh ini dinilai dapat memberikan kenyamanan bagi ibu pekerja. Oleh karena itu, saat ini perempuan di seluruh angkatan kerja menuntut perusahaan agar dapat memberikan fleksibilitas kerja agar menjadi bagian dari new normal.

 

Baca Juga: 11 Tips Menjadi Wanita Karir yang Sukses

 

Sistem Kerja yang Cocok dengan Working Mom 

Perusahaan yang ingin mempekerjakan working mom dapat memberlakukan sistem kerja fleksibel. Adapun beberapa sistem kerja yang cocok dengan kondisi working mom, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Kerja Flex-Time dan Part-Time

Salah satu sistem kerja yang cocok untuk working mom adalah flex-time atau juga part-time. Sistem kerja flex-time memberikan kebebasan kepada karyawannya dalam mengatur jam kerja yang mereka miliki. Sementara itu, sistem kerja part-time memiliki jam kerja yang lebih sedikit dari pekerjaan full time.

Dengan sistem kerja ini, ibu yang bekerja bisa menyeimbangkan waktunya untuk bekerja dan mengurus anak. 

 

2. Telecommuting

Perkembangan dalam bidang teknologi yang terjadi saat ini juga dapat mempermudah working mom dalam melakukan pekerjaannya. Kini, perusahaan bisa mempekerjakan karyawan dari mana saja karena sudah ada sistem kerja telecommuting.

Sistem kerja ini memungkinkan karyawan untuk bekerja dari mana saja. Karyawan akan dibantu dengan teknologi untuk melakukan pekerjaan dari jarak jauh. Sistem kerja telecommuting sangat cocok untuk ibu bekerja karena mereka tidak harus keluar rumah untuk bekerja.

 

 

3. Self-Employment

Self-employment adalah salah satu sistem kerja yang tidak memiliki ikatan dengan perusahaan tertentu. Umumnya, hal ini dikenal dengan istilah wiraswasta atau wirausaha.

Bagi working mom yang kesulitan dalam menemukan sistem kerja yang sesuai dengan kondisi mereka, maka mereka dapat membuka usaha sendiri agar dapat menetapkan keseimbangan antara pekerjaan dengan keluarga.

 

Tips untuk Para Working Mom

Setelah mengetahui sistem kerja apa saja yang cocok untuk working mom, maka hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah working mom tips.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat working mom terapkan untuk menjaga keseimbangan di antara karier dan rumah tangga.

 

  • Mengajarkan kemandirian terhadap anak.
  • Menyempatkan waktu bermain bersama anak.
  • Membuat meal plans atau rencana makan untuk seminggu ke depan.
  • Membagi tugas rumah dengan pasangan.
  • Meluangkan waktu untuk diri sendiri atau me time.
  • Membuat rencana jadwal kerja.
  • Membuat jadwal liburan keluarga yang berkualitas.

 

Manfaat Kerja Fleksibel untuk Ibu Pekerja

Adapun beberapa manfaat bagi working mom jika memiliki pekerjaan yang fleksibel, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Memiliki Work Life Balance

Memiliki pekerjaan yang fleksibel akan memungkinkan ibu yang bekerja untuk memiliki work life. Ini karena ibu pekerja dapat mengurus anaknya tanpa harus kehilangan tanggung jawab di perusahaan.

 

2. Memiliki Waktu Lebih Banyak Bersama Keluarga

Sistem kerja yang fleksibel juga memberi kesempatan bagi ibu bekerja untuk memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga. Hal ini disebabkan karena working mom tetap bisa bekerja meski dari rumah.

 

3. Memiliki Kesempatan Untuk Tetap Bekerja dan Memajukan Karir

Dengan menerapkan fleksibilitas kerja, maka para working mom memiliki kesempatan untuk tetap bekerja. Mereka pun tak perlu khawatir untuk mengembangkan karier. 

 

Baca Juga: 10 Fasilitas Pekerja Wanita yang Harus Dipenuhi Perusahaan

 

Berikan Fleksibilitas untuk Working Mom dengan Aplikasi Absensi LinovHR 

aplikasi absen online
Aplikasi Absensi

 

Melalui penjelasan di atas, Anda sudah tahu bahwa fleksibilitas kerja bagi ibu bekerja sangat penting. Dengan menerapkan fleksibilitas kerja, working mom dapat memiliki work life balance, baik sebagai karyawan maupun sebagai seorang ibu.

Oleh sebab itu, perusahaan perlu mengakomodir fleksibilitas kerja bagi working mom. Tentunya, dalam penerapannya perusahaan akan membutuhkan strategi tertentu.

Salah satunya adalah menggunakan aplikasi absensi online baik itu aplikasi absensi android maupun IOSkepada karyawan yang bekerja dari luar kantor. Cara ini jauh lebih praktis daripada menggunakan cara manual seperti menulis absensi pada Microsoft Excel. Apalagi mengingat absen manual memungkinkan terjadinya kesalahan yang berdampak dalam penggajian para karyawan.

Aplikasi absensi terbaik yang dapat Anda gunakan adalah Aplikasi Absensi LinovHR yang dapat mempermudah perusahaan dalam mencatat kehadiran karyawan walaupun dilakukan melalui jarak jauh.

Aplikasi Absensi LinovHR akan memberikan kemudahan bagi karyawan dalam melakukan absensi online karena sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint dan face recognition.

Selain itu, Aplikasi Absensi LinovHR juga memiliki keunggulan lain di mana dalam aplikasi ini karyawan dapat melihat data pribadi, mengajukan cuti, lembur, izin sakit, jadwal kerja, melihat jadwal meeting online di kalender, hingga dapat melihat goal yang harus dicapai.

Tertarik dengan kemudahan Aplikasi Absensi LinovHR? Segera gunakan sekarang juga!