FAQ adalah: Fungsi, Contoh, dan Cara Membuatnya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

faq adalah
Isi Artikel

FAQ adalah salah satu instrumen penting yang dapat menambah customers experience. Kehadirannya mampu menjadi jalan pintas bagi mereka kebingungan terkait hal-hal yang berkaitan dengan produk. Umumnya, FAQ ini bisa ditemukan di website-website.

Adanya FAQ dapat membantu proses bisnis lebih sederhana. Untuk itulah perusahaan perlu membuat FAQ yang baik dan benar.

Sudah penasaran dengan fungsi, contoh dan cara membuatnya? berikut penjelasan artikel dari LinovHR, simak ya!  

 

Apa Itu FAQ?

Frequently Asked Question atau disingkat dengan FAQ adalah daftar pertanyaan umum yang sering diajukan pelanggan. Dari daftar pertanyaan tersebut, nantinya perusahaan akan menjawab dengan jelas dan ringkas.

FAQ menjadi alat yang cukup efektif dalam meminimalisir pertanyaan-pertanyaan berulang pelanggan. Sehingga pelanggan bisa lebih efektif dalam menggunakan situs website.

Daftar pertanyaan FAQ ini sering dimuat dalam situs website bisnis yang menyajikan informasi dengan detail, ringkas, dan cukup mudah diakses.

Untuk beberapa perusahaan, topik FAQ bisa menjadi sangat kompleks, maka tidak jarang mereka perlu membaginya berdasarkan beberapa sub-topik. Seperti halaman FAQ di situs Shopee yang dibagi menjadi beberapa kategori. 

 

Fungsi FAQ

Tentu ada fungsi tersendiri mengapa banyak perusahaan memasukan FAQ ke dalam website mereka. Berikut adalah beberapa fungsi dari FAQ, antara lain:

 

  1. Efisiensi waktu

Fungsi dari FAQ yang pertama adalah efisiensi waktu. Penggunaannya dalam sebuah website dapat menghemat waktu untuk menjawab pertanyaan yang berulang dari pelanggan, baik dari sosial media, email, ataupun chat.

 

  1. Meningkatkan web traffic dan pelanggan baru

Jika Anda menampilkan teks dalam format tanya jawab di situs web, maka kemungkinan besar akan muncul di mesin pencari Google. Hal tersebut memberikan peningkatan traffic yang cukup besar.

 

  1. Membangun kepercayaan 

Halaman FAQ dibuat untuk menunjukkan kepercayaan dan profesionalisme terhadap pelanggan. Pertanyaan-pertanyaan umum yang sering ditanyakan akan membangun citra profesional perusahaan karena telah mengerti apa yang sering pelanggan tanyakan. 

Ini adalah salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan profesionalisme dan membangun kepercayaan pelanggan.

 

Apakah FAQ Efektif?

Jika dalam sebuah situs web bisnis, salah satu alasan pelanggan tidak membeli barang yang paling umum adalah situs web yang tidak ramah bagi pelanggan. Seperti pertanyaan-pertanyaan yang tidak terjawab, dan terlalu minim informasi.

Nah, penggunaan FAQ dapat membantu perusahaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang sering dilontarkan customer. Hal ini cukup efektif digunakan bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki banyak pelanggan.

Cara ini juga bisa menjadi senjata andalan perusahaan untuk meningkatkan customer journey  dan customers experience terhadap brand. Sehingga, mereka bisa lebih yakin untuk membeli atau menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Selain itu, penggunaan FAQ juga membantu meningkatkan traffic peringkat situs web dalam mesin pencari Google. Dengan semakin seringnya website Anda ditemukan, maka ini meningkatkan peluang brand semakin dikenal.

Maka, dapat disimpulkan, Frequently Asked Question menjadi salah satu cara yang efektif untuk bisnis.

 

Baca Juga: Tips Meningkatkan Customers Experience

 

Cara Membuat FAQ yang Efektif

Agar bisnis Anda dapat membuat FAQ yang efektif, ada baiknya Anda perlu memahami target audience. Pahami pelanggan Anda dan pahami juga pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul.

Jika Anda telah memahami pertanyaan yang diajukan calon pelanggan, jawablah dengan keyword untuk masuk dalam mesin pencarian di Google.

Setelah itu, saat menulis jawaban FAQ, perlu memastikan bahwa jawaban tersebut singkat, padat dan jelas serta menautkan layanan yang sedang dipromosikan.

Tidak perlu jawaban yang bertele-tele di halaman FAQ, cukup jawaban yang akurat dan tepat sasaran untuk efektivitas FAQ.

Selain itu, format pembuatan di halaman FAQ harus dapat memberikan informasi yang bisa dikonsumsi oleh seluruh pengguna.

Terakhir gunakan keyword long-tail agar meningkatkan kualitas konten serta lebih ramah dengan mesin pencarian Google. Kombinasikan keyword research short-tail hingga long-tail untuk optimasi yang lebih maksimal.

 

Contoh FAQ

Perusahaan-perusahaan besar akan memiliki halaman FAQ yang efisien serta ramah bagi penggunanya. Berikut adalah beberapa contoh FAQ yang perlu Anda ketahui:

 

  1. Twitter

FAQ twitter
FAQ Twitter

 

Halaman FAQ Twitter memiliki fungsionalitas dan personalisasi pencarian yang cukup mudah digunakan. Tidak hanya itu, tampilan halaman FAQ juga cukup singkat, padat dan jelas. Cukup mudah dipahami bagi pembacanya.

 

  1. Whatsapp

faq whatsapp
FAQ Whatsapp

 

Whatsapp adalah aplikasi yang paling sering digunakan untuk mengirimkan pesan, telepon maupun video telepon. Halaman FAQ Whatsapp cukup mudah untuk digunakan. FAQ Whatsapp dikategorikan secara mudah untuk penggunaan mobile atau desktop.

 

  1. FAQ Shopee

FAQ shopee
FAQ Shopee

 

Halaman FAQ di perusahaan Shopee dibagi menjadi dua, yaitu diperuntukkan bagi pelanggan dan penjual. Halaman FAQ Shopee terlihat cukup mudah digunakan. Selain itu, FAQ Shopee mudah digunakan dan menyediakan akses topik yang paling sering ditanyakan.

 

Demikianlah artikel tentang mengenal FAQ beserta fungsi, contoh dan kegunaannya. Semoga artikel dari LinovHR ini dapat menambah wawasan Anda dalam mengetahui FAQ di situs website. Selain itu, diharapkan penjelasan di atas dapat memberikan pemahaman yang dapat membantu Anda dalam membangun halaman FAQ di website.

 Terimakasih telah membaca sampai akhir. 

Tentang Penulis

Picture of Sasa Karyono
Sasa Karyono

SEO specialist yang mengombinasikan antara pengoptimasian situs web dan membagikan wawasan HRD melalui artikel lengkap dan menarik. Follow her on Linkedin.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Sasa Karyono
Sasa Karyono

SEO specialist yang mengombinasikan antara pengoptimasian situs web dan membagikan wawasan HRD melalui artikel lengkap dan menarik. Follow her on Linkedin.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter