outing adalah

Outing Kantor Adalah: Definisi Hingga Manfaatnya untuk Perusahaan

Penat bekerja adalah masalah yang wajar dialami karyawan. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya, beban kerja yang menumpuk, jam kerja yang terlalu panjang, atau rutinitas kerja yang membosankan.

Anda tidak bisa membiarkan penat bekerja pada karyawan begitu saja. Sebab jika tidak ditangani, karyawan yang lelah bekerja akan mengalami penurunan produktivitas dan performa kerja.

Jika melihat karyawan Anda kelelahan ketika bekerja, sebaiknya Anda mengambil langkah penanganan. Mungkin, sudah waktunya untuk Anda melaksanakan outing kantor.

Apa itu outing kantor? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

Apa Itu Outing?

Outing adalah aktivitas hiburan di luar kantor yang dilakukan untuk menyenangkan karyawan. Outing memungkinkan karyawan untuk saling berinteraksi di luar kerja, tanpa membahas rumitnya pekerjaan.

Sementara outing kantor adalah salah satu cara efektif untuk melepaskan penat dari pekerjaan dan mendekatkan sesama karyawan.

Dengan menyelenggarakan outing, motivasi dan performa kerja karyawan akan meningkat karena terjalin solidaritas yang kuat.

Ketika melakukan outing, biasanya karyawan akan bermain games, jalan-jalan ke tempat wisata, atau sekadar makan bersama di restoran. Namun, aktivitas outing tidak hanya terbatas pada ketiga hal tersebut.

Anda juga bisa menyelenggarakan outing dengan melakukan piknik atau kemah di alam terbuka, karaoke, mengadakan kegiatan barbeque atau masak bersama, menonton film bersama, menonton konser musik bersama, dan menonton pertandingan olahraga bersama.

 

Perbedaan Outing, Outbound, dan Gathering

Selain outing, Anda mungkin familiar dengan istilah lain seperti outbound dan gathering. Ketiga istilah ini sering disamakan sebagai kegiatan karyawan di luar kantor yang dilakukan secara bersamaan atas nama perusahaan.

Penjelasan itu tidak salah. Namun, outing, outbound, dan gathering juga tidak dapat disamakan. Ketiga aktivitas itu memiliki perbedaan sebagaimana berikut ini.

 

Outing

Outing adalah kegiatan santai yang diadakan di luar kantor untuk menghilangkan kelelahan dan kepenatan kerja karyawan. Outing merupakan aktivitas ringan yang berfungsi sebagai rekreasi karyawan.

Biasanya, outing diadakan di tempat terbuka seperti pantai, pegunungan, atau taman bermain.

 

Outbound

Berbeda dengan outing yang sekadar senang-senang, outbound memiliki maksud lain dalam penyelenggaraannya. Output yang diharapkan dari outbound adalah karyawan dapat meningkatkan kerja sama tim, kemandirian, problem solving, kepemimpinan, dan komunikasi.

Kemampuan itu ditingkatkan melalui serangkaian aktivitas outbound yang melibatkan fisik dan mental. Beberapa contoh aktivitas outbound yaitu brain games, permainan strategi, dan team building.

 

Gathering 

Gathering merupakan kegiatan berkumpulnya karyawan dalam suatu aktivitas luar ruangan untuk membangun keakraban dan solidaritas. Tak hanya karyawan, gathering biasanya juga turut mengajak keluarga karyawan atau vendor yang telah bekerja sama dengan perusahaan.

Gathering umumnya mengikuti suatu tema yang telah ditentukan. Tema itu biasanya melibatkan hiburan atau hal yang menyenangkan. Misalnya, kunjungan tim perusahaan ke taman bermain bersama-sama.

 

Manfaat Outing

Tidak diragukan lagi, outing kantor memiliki manfaat bagi perusahaan. Manfaat outing yang dimaksud ialah sebagai berikut:

 

Meningkatkan keakraban sesama karyawan

Saat ini, karyawan Anda mungkin tidak saling akrab. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya interaksi di luar topik pekerjaan.

Berkat outing kantor, Anda dapat meningkatkan keakraban sesama karyawan. Sebab, outing kantor memungkinkan Anda untuk saling berinteraksi dan bersenda gurau. Hal ini tidak hanya dilakukan pada karyawan yang memiliki tingkat jabatan yang sama.

Karyawan dari berbagai tingkat jabatan–mulai dari pimpinan hingga staf juga bisa saling berkomunikasi dalam outing.

 

Meningkatkan kerja sama tim

Setelah outing, karyawan akan semakin akrab dan mengenal satu sama lain. Hal ini tentunya akan mempermudah kerja sama tim.

Misalnya, karyawan jadi lebih mengenali gaya komunikasi rekan kerja ketika menghabiskan waktu bersama saat outing. Informasi tersebut bisa digunakan untuk menyesuaikan cara berkomunikasi dengan rekan kerja saat mengharuskan untuk mengerjakan proyek bersama.

 

Menghilangkan penat kerja pada karyawan

Manfaat outing yang paling terlihat tentu saja untuk menghilangkan penat kerja pada karyawan. Karyawan dapat melepaskan beban pikiran tentang pekerjaan ketika melakukan outing.

Dengan beban pikiran yang lebih santai, karyawan diharapkan dapat mengeluarkan lebih banyak ide-ide cemerlang saat bekerja.

 

Baca juga: 5 Games Outdoor yang Bikin Training Perusahaan Makin Seru

 

Rencanakan Acara Kantor Lebih Mudah dengan Software HR

software hris

 

Bagaimana cara merencanakan outing di tengah aktivitas pekerjaan di kantor? Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah meluangkan waktu untuk menyelenggarakan outing.

Pengaturan jadwal outing dapat Anda kelola dengan mudah menggunakan Software HR LinovHR. Software ini memiliki modul Time Management yang dapat mengatur jadwal seluruh libur dan event perusahaan, termasuk juga jadwal outing.

Tak hanya itu, modul Time Management juga mampu mengatur kriteria karyawan yang berhak mendapat libur atau mengikuti outing.

Jika Anda menggunakan Software HR LinovHR, outing akan terencana dengan mudah dan efisien. Dengan demikian, Anda tak lagi perlu kerepotan. Anda dan karyawan pun bisa mengikuti outing dengan hati gembira.

Yuk, coba demonya sekarang juga!