Ketahui Contoh dan Format Form Biodata Karyawan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

form biodata karyawan
Isi Artikel

Form biodata karyawan adalah salah satu jenis formulir yang digunakan oleh perusahaan dalam mengetahui informasi personal karyawan.

Formulir biodata karyawan sendiri memiliki banyak jenis. Mulai dari jenis yang paling sederhana dan singkat hingga jenis yang formulir dengan informasi yang sangat lengkap.

Beberapa data yang terdapat di formulir biodata karyawan, biasanya akan digunakan sebagai dasar pemberian hak karyawan. Seperti karyawan perempuan yang berhak untuk mendapatkan cuti haid maupun cuti melahirkan. 

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai formulir biodata karyawan, artikel LinovHR kali ini sudah merangkumnya untuk Anda.

Simak penjelasan berikut sampai tuntas ya!

 

Apa Itu Form Biodata Karyawan?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, form biodata karyawan merupakan formulir identitas karyawan yang biasanya akan diminta oleh perusahaan dalam proses awal rekrutmen.

Adapun beberapa informasi yang biasanya dimasukkan ke dalam biodata karyawan. Di antaranya adalah identitas, pendidikan, hingga pengalaman kerja

Biodata karyawan yang dimiliki oleh perusahaan tentu memiliki beberapa manfaat bagi manajemen perusahaan dalam mengelola administrasi karyawan.

Ini dapat menjadi langkah awal bagi sebuah perusahaan dalam mengoptimalkan fungsi pengembangan dari sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan. 

 

Format Formulir Identitas Karyawan

Sebelum mengetahui contoh form biodata karyawan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai format atau susunan dari formulir identitas karyawan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Identitas Karyawan

Identitas karyawan membantu perusahaan dapat mengetahui mengenai informasi penting dari karyawan yang dimilikinya yang berguna untuk pengelolaan data human resource perusahaan.

Adapun beberapa informasi yang biasanya tercantum di identitas karyawan adalah nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, kewarganegaraan, nomor induk penduduk (NIK), jenis kelamin, agama, status perkawinan, jumlah tanggungan, alamat, nomor telepon dan lain sebagainya.

 

  1. Identitas Keluarga

Biasanya, di dalam form biodata karyawan, perusahaan akan meminta identitas keluarga. Hal ini diperlukan perusahaan agar dalam keadaan darurat saat karyawan tidak dapat dihubungi.

Maka perusahaan dapat menghubungi keluarga yang bersangkutan sesuai dengan identitas keluarga yang tercantum.

 

  1. Data Karier Karyawan

Data karier karyawan biasanya akan berisi mengenai informasi perjalanan karier yang dimiliki oleh para karyawan, baik itu mengenai jenis pekerjaan, riwayat jabatan, masa kerja, dan lain sebagainya.

Bagi fresh graduate yang belum memiliki riwayat pekerjaan, maka perusahaan dapat mengisinya dengan mamasuki riwayat pendidikan terakhir yang mereka tempuh maupun mengenai pengalaman organisasi yang mereka miliki selama menjadi mahasiswa dan pelajar.

 

Baca Juga: Contoh Data Karyawan yang Penting untuk Dikelola Perusahaan

 

Contoh Form Biodata Karyawan

Jika perusahaan yang Anda miliki ingin membuat form biodata karyawan, Anda dapat melihat contoh form biodata karyawan berikut ini agar menjadi patokan Anda dalam membuat formulir data karyawan.

 

FORMULIR DATA KARYAWAN

 

  1. Identitas Karyawan

 

Nama :

Tempat / Tanggal Lahir :

Alamat Rumah :

Kewarganegaraan :

Agama :

Alamat :

Email :

Nomor Telepon Rumah :

Nomor Hp :

Status Perkawinan : Belum Menikah / Menikah / Cerai / Lainnya (                         )

Golongan Darah :

 

 

  1. Identitas Keluarga

 

2.1 Ayah

Nama Ayah :

Usia :

Pekerjaan :

Pendidikan :

Alamat :

Nomor Telepon :

 

2.2 Ibu

Nama Ibu :

Usia :

Pekerjaan :

Pendidikan :

Alamat :

Nomor Telepon :

 

 

  1. Data Karir Karyawan

 

Jabatan Tahun Mulai Tahun Selesai Keterangan

 

Kelola Form Biodata Karyawan dengan Aplikasi Data Karyawan  LinovHR

Form biodata karyawan adalah salah satu data penting yang dipergunakan perusahaan untuk memenuhi hak karyawan serta juga digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan.

Oleh karena pentingnya data ini, maka sudah jadi hal wajib bagi setiap perusahaan untuk mengelolanya dan terus dapat memperbarui informasi-informasi yang ada di dalamnya agar tetap relevan.

Namun, kadang hal ini menjadi sulit dilakukan karena banyaknya tugas HR sehingga tidak punya cukup waktu bila harus mendata ulang serta memperbaharuinya satu persatu.

Padahal, saat ini untuk mengelola biodata karyawan perusahaan sudah bisa melibatkan karyawan itu sendiri untuk merevisi dan meng-update data dirinya sendiri. Hal ini bisa dilakukan dengan bantuan Aplikasi Data Karyawan LinovHR.

 

aplikasi data karyawan
Aplikasi ESS LinovHR

 

Melalui ESS (Employee Self Service) yang ada di aplikasi data karyawan LinovHR, manajemen perusahaan dapat melibatkan karyawan secara aktif untuk mencatat segala informasi-informasi penting dirinya yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Ini semua bisa dilakukan karena ESS LinovHR sudah dilengkapi fitur Profile. Di mana fitur ini memuat segala informasi penting karyawan yang dapat diperbaharui kapanpun oleh karyawan.

Untuk melakukan pembaharuan data diri pun tidak sulit, bahkan bisa dilakukan melalui smartphone mereka baik iOs dan Android.

Setelah karyawan memperbarui profilnya, tugas HR hanya tinggal melakukan approval maka otomatis data diri karyawan akan diperbarui di database yang sudah berbasi cloud.

Tertarik dengan kemudahan Aplikasi Data Karyawan LinovHR? Segera ajukan demo gratis sekarang juga!

Itulah informasi mengenai form biodata karyawan yang perlu Anda ketahui.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda!

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter