Job Enrichment

Job Enrichment: Meningkatkan Motivasi dan Kinerja Karyawan Anda

Tugas yang itu-itu saja dapat membuat performa karyawan merasa bosan dan menjadi kurang maksimal. Kebosanan yang dibiarkan akan membuat kinerja berantakan dan menimbulkan berbagai kendala, seperti munculnya konflik internal, kemangkiran karyawan, dan lain-lain. Untuk mengatasi hal tersebut, praktisi HRD profesional dapat menggunakan metode job enrichment. Apa yang dimaksud dengan job enrichment?

 

Sekilas Mengenai Job Enrichment

Simpelnya, job enrichment adalah sebuah metode untuk memperkaya tugas karyawan secara  vertikal, yaitu menambahkan tugas karyawan lebih tinggi dari posisi saat ini. 

Tugas yang ditambahkan kepada karyawan tidak hanya seputar reguler, melainkan mencakup pengambilan keputusan dan pemberian feedback.

Dengan menambahkan tugas dan wewenang kepada karyawan, diharapkan karyawan dapat tertantang dan termotivasi untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja. Sehingga karyawan bisa merasakan kepuasan kinerja yang jauh lebih tinggi. 

 

Baca Juga: Cara Tingkatkan Kepuasan Karyawan dengan Software HR

 

Perbedaan Job Enrichment dan Job Enlargement

Tujuan dari dua metode ini adalah untuk menambahkan tugas kepada karyawan. Namun, ada perbedaan paling mencolok di antara keduanya. 

Job enlargement cenderung horizontal, di mana penambahan tugas bersifat “melebar” pada posisi karyawan. Pemberian tugas yang diberikan masih mencakup dalam ruang lingkup role karyawan saat ini. Program ini dapat diberikan kepada karyawan yang kinerjanya stagnan atau tidak menunjukkan peningkatan. Tingkat kesulitan tugas dari job enlargement sejenis dengan posisi terkini.

Berbeda dengan job enrichment yang bersifat vertikal, penambahan tugas dan wewenang karyawan berada di satu atau beberapa tingkat lebih tinggi dibandingkan dengan posisinya saat ini. Jika karyawan menunjukkan kinerja yang mulai progresif, ia dapat diberikan program job enrichment agar karyawan dapat meningkatkan potensinya serta sebagai sarana untuk penentuan promosi. 

 

Baca Juga: 8 Tips Memilih Jenjang Karir Idaman

 

Tujuan Job Enrichment

Supaya karyawan termotivasi sehingga meningkatkan kinerjanya, maka dari itu HRD perlu melakukan penambahan tugas dan wewenang kepada karyawan. Tujuan dari metode ini antara lain: 

  1. Membuat pekerjaan karyawan memiliki makna lebih dan menyenangkan
  2. Memberikan wewenang dan tanggung jawab lebih kepada karyawan
  3. Membuka kesempatan besar untuk mengembangan karir
  4. Mendukung proses pembelajaran dalam perusahaan
  5. Mendorong perkembangan karyawan

 

Manfaat Job Enrichment

Tujuan utama dari menambah wewenang dan tugas kepada karyawan adalah untuk  memotivasi sehingga karyawan bisa bekerja lebih unggul dibandingkan sebelumnya. Manfaat dari Job enrichment yang paling terlihat adalah: 

  1. Aktualisasi diri karyawan;
  2. Menumbuhkan sense of belonging;
  3. Menurunkan employee turnover rate;
  4. Merangsang tingkat kepuasan kinerja; 
  5. Meningkatkan rasa bangga karyawan atas perusahaan tempat bekerja. 

 

Mengelola Job Enrichment Ala LinovHR

HRD tidak bisa gegabah dan sembarangan dalam memberikan tugas kepada karyawan. Bukan malah memotivasi, bisa-bisa penambahan pekerjaan yang tidak tepat justru akan menghambat kinerja karyawan. Atau yang lebih buruk, karyawan yang belum siap menerima wewenang lebih akan menyalahgunakan wewenang tambahan yang diberikan.

Itulah sebabnya mengapa HRD perlu melakukan analisis mendalam mengenai kondisi kinerja karyawan saat ini melalui penilaian kinerja. Barulah selanjutnya HRD akan menentukan apakah akan melakukan job enrichment pada posisi tertentu atau tidak. 

Hal ini menunjukkan bahwa job enrichment dengan cara manual tidak akan maksimal. Bukanlah hal yang efektif jika HRD harus berkutat dengan tumpukan dokumen yang memakan banyak tempat. Agar lebih mudah dalam melakukan job enrichment, HRD dapat memanfaatkan fitur job profile dari Software HRD LinovHR.

Fitur job profile dapat membantu HRD dalam menambahkan deskripsi tugas dan spesifikasi dari pekerjaan yang sudah ada berdasarkan role karyawan di perusahaan. Dengan begitu, semua informasi disimpan dalam satu pusat secara terorganisir. 

LinovHR menyediakan Software HRD untuk membantu para profesional HRD dalam pengelolaan karyawan yang lebih tepat sasaran khususnya dalam program job enrichment. Didukung dengan fitur dan tampilan yang mudah digunakan, LinovHR siap membantu HRD memaksimalkan manajemen SDM dalam perusahaan. Untuk lebih lengkapnya, hubungi LinovHR sekarang juga!