formulir lembur

Mengenal Formulir Lembur Karyawan yang Wajib HRD Ketahui

Ada kalanya karyawan harus lembur ketika sedang bekerja, entah karena ada keadaan mendesak maupun untuk menyelesaikan pekerjaan yang begitu banyak.

Sebelum melakukan lembur, seorang karyawan wajib untuk mengisi sebuah formulir yang berfungsi sebagai bukti bahwa karyawan tersebut benar-benar melakukan lembur.

Formulir adalah sebuah kertas yang berisi informasi untuk melengkapi administrasi saat melakukan pengajuan suatu hal.

Maka dari itu, dalam pembahasan ini kita akan membahas mengenai membuat formulir lembur. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Aturan Lembur Karyawan Menurut Undang-Undang

Sebelum mempelajari tentang cara membuat form lembur dengan Aplikasi ESS LinovHR, Penting bagi karyawan untuk mengetahui peraturan lembur terlebih dahulu, agar yang dilakukan sesuai regulasi yang berlaku.

Lembur yang dilakukan oleh karyawan di setiap perusahaan memiliki aturan dan syaratnya sendiri. Hal ini sudah diatur di dalam Undang-Undang.

 

Menurut peraturan dalam pasal 28 PP No. 35 Tahun 2021 terdapat syarat kerja lembur, yaitu:

  1. Untuk melaksanakan waktu kerja lembur harus ada perintah dari pengusaha dan persetujuan dari pekerja atau buruh yang bersangkutan secara tertulis dan atau melalui media digital.
  2. Perintah dan persetujuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dibuat dalam bentuk daftar pekerja/buruh yang bersedia bekerja lembur yang ditandatangani oleh pekerja/buruh yang bersangkutan dan pengusaha.
  3. Pengusaha sebagaimana dimaksud pada ayat (2) harus membuat daftar pelaksanaan kerja lembur yang memuat nama pekerja/buruh yang bekerja lembur dan lamanya waktu kerja lembur.

 

Maka dari itu, sebelum karyawan melakukan lembur, kedua belah pihak antara perusahaan dan karyawan harus menyetujuinya, dan tidak bisa dilakukan apabila hanya salah satu pihak saja yang menyetujui.

Karyawan yang melakukan lembur wajib untuk diberikan bayaran atau upah oleh perusahaan. Sebab karyawan yang lembur menggunakan waktunya di luar jam kerja untuk tetap bekerja, sehingga ia berhak untuk dibayar oleh perusahaan atas waktu yang terpakai tersebut.

 

Baca juga: 8 Efek Mengerikan Ini Bisa Menyerang Anda Jika Sering Lembur

 

Cara Membuat Formulir Lembur Karyawan

Dalam membuat form lembur, sebenarnya tidak ada format bakunya, namun ada beberapa poin yang harus masuk di form lembur karyawan diantaranya:

  1. Kop Surat
  2. Tanggal Pengajun Lembur
  3. Nama Formulir (Contoh: Formulir Lembur Karyawan)
  4. Lokasi Pekerjaan
  5. Waktu Kerja Lembur (Contoh: Selasa)
  6. Uraian Tugas Lembur
  7. Nama Karyawan
  8. Durasi Jam Lembur
  9. Tanda Tangan Karyawan dan Atasan yang Mempunyai Kewenangan

 

Baca Juga: Perhitungan Lembur Pada Hari Libur

 

Contoh Formulir Lembur Karyawan

Formulir Pengajuan Cuti
Contoh Formulir

 

Download formulir lembur di sini

 

Form Laporan Lembur
Form Laporan Lembur

 

Download form laporan lembur di sini

 

Baca Juga: Contoh Form Lembur Excel dan Kegunaannya

 

Formulir Lembur dari LinovESS Mempermudah Kerja HRD

Aplikasi Absensi Online - LinovESS
Aplikasi Absensi Online – LinovESS

 

Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat mendorong banyak perusahaan beralih menggunakan sistem yang terintegrasi dengan internet atau online. Salah satunya yaitu dengan menggunakan form lembur kerja ESS LinovHR.

 

Apa saja keuntungan yang didapatkan HRD dengan menggunakan form lembur ESS LinovHR? Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Hemat Kertas dan Data Aman
  2. Tidak Perlu Menginput Data Secara Manual
  3. Cepat, mudah, dan Akurat
  4. Terintegrasi dengan Sistem Lainnya

 

Apabila hal-hal di atas masih terlihat kurang efisien di mata Anda, solusinya yaitu menggunakan Aplikasi Absensi dari LinovHR.

Terdapat modul Employee Self Service (ESS) dalam aplikasi absensi LinovHR yang bisa membantu Anda dalam membuat formulir lembur secara online.

Modul ESS LinovHR juga akan memudahkan karyawan dalam mengelola data personal mereka sendiri, seperti melihat riwayat kehadiran, pengajuan cuti, izin, hingga lembur.

 

Banner Proses Absensi ESS

 

Fitur Request pada modul ESS LinovHR akan membantu karyawan dalam membuat berbagai macam request atau pengajuan seperti melakukan pengajuan lembur, izin, dan cuti hanya melalui smartphone saja. 

Ada juga fitur Time Management yang berfungsi untuk membantu dan memudahkan karyawan dalam melihat timesheet (catatan kehadiran karyawan), company calendar, overtime request, permission request, dan leave request.

Dalam fitur ini juga karyawan bisa mengisi worksheet (tugas sehari-hari), mengajukan permission, leave, dan overtime request, serta masih banyak lagi fitur-fitur lainnya.

Demikian pembahasan mengenai membuat formulir lembur online dengan fitur Employee Self Service LinovHR.

 

Banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh hanya bermodalkan satu aplikasi saja. Coba demo gratis LinovHR sekarang juga!