formulir lembur

Buat Formulir Lembur Tak Perlu Repot Lagi dengan Employee Self Service LinovHR

Ada kalanya karyawan harus lembur ketika sedang bekerja, entah karena ada keadaan mendesak maupun untuk menyelesaikan pekerjaan yang begitu banyak.

Sebelum melakukan lembur, seorang karyawan wajib untuk mengisi formulir lembur yang berfungsi sebagai bukti bahwa karyawan tersebut benar-benar melakukan lembur.

Saat ini membuat form lembur bisa dilakukan secara cepat dan mudah secara online.

Maka dari itu, dalam pembahasan ini kita akan membahas mengenai membuat formulir lembur secara online dengan cepat dan mudah dengan modul ESS LinovHR!

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

 

Aturan Lembur Karyawan Menurut Undang-Undang

Lembur yang dilakukan oleh karyawan di setiap perusahaan memiliki aturan dan syaratnya sendiri. Hal ini sudah diatur di dalam Undang-Undang. Menurut peraturan dalam pasal 28 PP No. 35 Tahun 2021 terdapat syarat kerja lembur, yaitu:

  1. Untuk melaksanakan waktu kerja lembur harus ada perintah dari pengusaha dan persetujuan dari pekerja atau buruh yang bersangkutan secara tertulis dan atau melalui media digital.
  2. Perintah dan persetujuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dibuat dalam bentuk daftar pekerja/buruh yang bersedia bekerja lembur yang ditandatangani oleh pekerja/buruh yang bersangkutan dan pengusaha.
  3. Pengusaha sebagaimana dimaksud pada ayat (2) harus membuat daftar pelaksanaan kerja lembur yang memuat nama pekerja/buruh yang bekerja lembur dan lamanya waktu kerja lembur.

 

Maka dari itu, sebelum karyawan melakukan lembur, kedua belah pihak antara perusahaan dan karyawan harus menyetujuinya, dan tidak bisa dilakukan apabila hanya salah satu pihak saja yang menyetujui.

Karyawan yang melakukan lembur wajib untuk diberikan bayaran atau upah oleh perusahaan. Sebab karyawan yang lembur menggunakan waktunya di luar jam kerja untuk tetap bekerja, sehingga ia berhak untuk dibayar oleh perusahaan atas waktu yang terpakai tersebut.

 

Baca juga: Dampak Jika Sering Lembur

 

Manfaat Menggunakan Formulir Lembur Secara Online

Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat mendorong banyak perusahaan beralih menggunakan sistem yang terintegrasi dengan internet atau online. Salah satunya yaitu dengan menggunakan form lembur kerja secara online.

Apa saja keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan form lembur secara online?

Berikut beberapa manfaatnya.

 

1. Hemat Kertas dan Data Aman

Manfaat pertama dari beralihnya menggunakan form secara online yaitu Anda tidak perlu lagi membutuhkan kertas yang banyak, yang akan membuat ruangan sempit. Hal ini tentunya lebih ramah lingkungan dan mudah untuk dikelola, karena semua disimpan ke dalam database yang terhubung dengan internet.

Selain itu, data-data yang tersedia di dalam formulir lembur dapat diakses secara cepat dan mudah, dimanapun dan kapanpun, tanpa perlu khawatir mengalami kehilangan seperti ketika menggunakan kertas atau cara lama.

 

2. Tidak Perlu Menginput Data Secara Manual

Ketika beralih pada form online, itu artinya Anda tidak perlu menginput data secara manual dari form kertas ke komputer. Hal tersebut bisa dilakukan secara bersamaan, jadi Anda tidak perlu bekerja dua kali untuk hal yang sama, sehingga waktu bisa dialihkan untuk hal lain yang lebih penting.

 

Baca Juga: Perhitungan Lembur Pada Hari Libur

 

3. Cepat, mudah, dan Akurat

Menggunakan formulir lembur secara online akan memudahkan permintaan dan persetujuan lembur antara kedua belah pihak. Hal ini lebih efektif dan efisien ketimbang menggunakan cara yang lama yaitu menggunakan formulir kertas.

Cara lama juga memiliki resiko lebih tinggi terjadinya human error, kehilangan data, maupun kesalahan dalam pembuatan.

 

4. Terhubung dengan Aplikasi Lain

Umumnya form lembur online sudah terhubung atau terintegrasi dengan aplikasi lain yang berhubungan dengan karyawan, seperti absensi, perhitungan payroll, ataupun perhitungan lembur itu sendiri.

Hal ini tentunya menjadi nilai plus untuk perusahaan dalam mengelola sumber daya yang mereka miliki, karena bisa meringankan beban pekerjaan yang dimiliki.

 

Kelebihan Membuat Formulir Lembur Online dengan Modul Employee Self Service LinovHR

 

mobile ess

 

Apabila hal-hal di atas masih terlihat kurang efisien di mata Anda, solusinya yaitu menggunakan Aplikasi Absensi dari LinovHR.

Terdapat modul Employee Self Service (ESS) dalam aplikasi absensi LinovHR yang bisa membantu Anda dalam membuat formulir lembur secara online.

Modul ESS LinovHR juga akan memudahkan karyawan dalam mengelola data personal mereka sendiri, seperti melihat riwayat kehadiran, pengajuan cuti, izin, hingga lembur.

Fitur Request pada modul ESS LinovHR akan membantu karyawan dalam membuat berbagai macam request atau pengajuan seperti melakukan pengajuan lembur, izin, dan cuti hanya melalui smartphone saja. 

Ada juga fitur Time Management yang berfungsi untuk membantu dan memudahkan karyawan dalam melihat timesheet (catatan kehadiran karyawan), company calendar, overtime request, permission request, dan leave request.

Dalam fitur ini juga karyawan bisa mengisi worksheet (tugas sehari-hari), mengajukan permission, leave, dan overtime request, serta masih banyak lagi fitur-fitur lainnya.

 

Demikian pembahasan mengenai membuat formulir lembur online dengan fitur Employee Self Service LinovHR.

Banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh hanya bermodalkan satu aplikasi saja. Fitur-fitur dalam aplikasi absensi online LinovHR akan memudahkan HR dan juga perusahaan dalam mengelola kegiatan yang berhubungan dengan karyawan atau SDM, terutama dalam pengajuan lembur dan juga perhitungannya.