Lembur kerja

8 Efek Mengerikan Ini Bisa Menyerang Anda Jika Sering Lembur

Diburu dengan kecepatan untuk menyelesaikan pekerjaan di kantor? Apa yang akan Anda lakukan? Ya, tentu saja lemburlah jawabannya. Memang tidak bisa dipungkiri, lembur merupakan jalan terbaik untuk mengejar pekerjaan yang belum terselesaikan. Meskipun kantor tetap membayar upah dari jam lembur Anda, jangan dikira lembur tidak ada efek sampingnya. Berikut 8 efek mengerikan jika sering lembur:

 

Baca Juga: Perhitungan Uang Lembur, Aturan Dan Tata Caranya

 

1. Menurunkan Ketahanan Badan

Tubuh kita tidak diciptakan seperti robot. Tubuh perlu istirahat yang cukup, dan istirahat terbaik adalah tidur. Setiap orang dewasa memerlukan tidur normal sehari 7-8 jam. Di saat malam hari, pada waktu tidurlah badan kita mereparasi sel-sel yang rusak. Jadi sangatlah penting untuk tidur 7-8 jam sehari. Jam tidur pun tidak boleh terlalu malam. Diperkirakan pukul 22.00 sampai pukul 5.00 pagi adalah waktu yang ideal untuk istirahat tidur. Jika badan kita tidak cukup tidur dalam waktu yang lama, maka ketahanan badan kita akan turun. Jika ketahanan Anda turun, maka penyakit mudah menyerang Anda. Anda dapat membaca artikel yang berjudul 7 Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur dari Website National Geographic.

 

2. Badan Menuju Ke 2 Hal Ekstrim, Bisa Gemuk Atau Kurus

Terlalu banyak lembur membuat jam tidur Anda terganggu. Tentu saja saat lembur adalah saat yang melelahkan. Dan biasanya ketika Anda stres dikejar waktu dan merasa lelah, hormon di badan Anda akan terganggu juga. Lembur bisa membuat Anda merasa sangat lapar ataupun menjadi tidak ingin makan. Ini bisa membuat badan Anda tidak proporsional karena jika terlalu banyak makan dan ngemil, badan akan gemuk dan menjadi tidak sehat. Demikian juga sebaliknya, jika nafsu makan Anda turun, tubuh Anda menjadi kering dan kurang sehat akibat kelelahan lembur.

 

3. Fokus Terganggu

Akibat dari lembur adalah mengantuk dikarenakan kurang tidur. Badan kita memerlukan tidur yang cukup, dan ternyata otak kita juga beristirahat saat kita tidur. Jika kita kelelahan karena kurang tidur maka kita akan susah fokus. Setelah Anda lembur, biasanya keesokan harinya setelah kembali bekerja di kantor Anda akan merasa pikiran Anda sulit untuk fokus. Ada yang suka melakukan kesalahan yang tidak biasanya, itu dikarenakan fokus pikiran terganggu.

 

Baca Juga: Tidak ingin lembur urus pembayaran gaji? Ini Solusinya

 

4. Emosi Tidak Stabil

Jika Anda sering lembur atau mempunyai teman kantor yang ‘hobi’ lembur, coba perhatikanlah tingkat emosi. Seseorang yang kurang tidur, biasanya akan mudah emosional. Ini dikarenakan rasa capai, lelah, dan mengantuk yang tak tertahankan. Sering kali emosi yang tidak stabil mengganggu penilaian kita saat membuat keputusan penting dalam kantor. Emosi yang tidak stabil ini juga akan mengganggu hubungan dengan tim kerja Anda.

 

5. Rentan Terhadap Penyakit

Jangan pernah meremehkan jam istirahat tidur Anda. Menurut ilmu kedokteran, orang yang kurang tidur akan rentan dan 3 kali lebih cepat terserang penyakit. Bukan hanya penyakit ringan seperti flu dan batuk, bahkan juga sampai kanker. Pada dasarnya stres yang berlebihan sendiri sudah mengundang datangnya penyakit yang berbahaya. Memang jam tidur yang berkurang sangat membahayakan badan kita. 

 

6. Mata Terganggu

Bekerja melihat komputer atau menulis dan membaca terus menerus dari pagi sampai tengah malam akan membuat dampak buruk pada mata. Saat mata sudah lelah bekerja pada jam normal kantor, Anda masih mengambil lembur. Ini membuat otot ciliary mata tegang dan menjadi kabur. Buat yang sudah berkacamata minus, ini harus diperhatikan jika lembur.

 

7. Stres Dan Depresi

Mengejar pekerjaan yang belum selesai dalam waktu beberapa hari, akan membuat diri Anda stres. Kurang tidur akibat lembur akan membuat depresi. Jika berkelanjutan terus menerus, akan mengganggu kesehatan jiwa Anda

 

8. Gangguan Pada Jantung

Kurangnya tidur dan istirahat bisa sampai berakibat fatal seperti serangan jantung. Stres dan kelelahan adalah pemicu awalnya. Di samping itu, efek samping lembur adalah makan yang tidak terkontrol yang mengganggu fungsi jantung Anda. Jadi, dengan banyaknya hal yang mengerikan ini saat mengambil lembur berlebihan, sebaiknya pikirkan cara menyelesaikan pekerjaan tanpa mengambil jam kerja tambahan yang berlebihan.

 

 

Dengan melihat fakta-fakta mengerikan dari lembur kerja, setidaknya kita bisa mencegahnya dengan cara mengaturjam kerjayang kita miliki dan membuat skala prioritas terhadap pekerjaan-pekerjaan kita. Kedua cara tersebut setidaknya dapat anda lakukan untuk menghindari lembur.