Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat? Ternyata Cukup Menggiurkan!

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

tukang parkir pesawat
Isi Artikel

Tukang parkir pesawat atau marshaller adalah salah satu profesi yang unik dan juga diketahui memiliki gaji yang tinggi. Gaji tukang parkir pesawat dikatakan bisa tembus sampai dua digit.

Jangan salah sangka, marshaller bukan seperti tukang parkir pada umumnya yang hanya memarkirkan kendaraan di suatu tempat dan membantu menyebrangkan kendaraan. Profesi ini memiliki tugas untuk menuntun pesawat udara ke posisi yang aman.

Pada saat pilot mengendarai pesawat udara, pilot tidak bisa dengan mudahnya menentukan posisi yang benar karena keterbatasan penglihatan.

Diketahui pesawat udara tidak memiliki spion seperti kendaraan pada umumnya, pesawat udara hanya memiliki kaca depan yang ukurannya cukup terbatas.

Hal ini yang membuat pilot perlu diarahkan oleh marshaller ketika pesawat udara sedang mendarat dan membutuhkan tempat parkir.

Selain itu, untuk memarkirkan sebuah pesawat udara, seorang pilot harus berkoordinasi dengan marshaller agar upaya yang dilakukan berhasil.

Namun, pekerjaan marshaller memiliki risiko yang sangat tinggi. Mengingat pesawat udara adalah salah satu kendaraan yang sangat besar, dan apabila tidak hati-hati maka bisa mengakibatkan kesalahan yang fatal. Oleh karena itu, gaji marshaller bisa dibilang cukup tinggi.

Akan tetapi, berapa sebenarnya gaji tukang parkir pesawat udara? Mari temukan jawabannya dalam artikel LinovHR berikut ini ya!

 

Apa Tugas Seorang Tukang Parkir Pesawat?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tugas utama marshaller adalah mengarahkan pesawat ke tempat parkir yang sudah ditentukan.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang marshaller akan menggunakan alat lighting atau sejenisnya untuk memandu pilot memarkirkan pesawatnya.

Bisa dikatakan bahwa marshaller adalah mata bagi pilot. Mereka yang akan membantu pilot dalam mengarahkan pesawat udara ke tempat parkir.

Ia akan menggunakan beberapa kode dengan gerakan tubuhnya untuk memandu pilot sehingga pilot bisa diarahkan ke tempat parkir yang telah ditentukan.

Setiap kode gerak tubuh yang diberikan memiliki maknanya, sehingga pilot mengerti kemana ia harus mengarahkan dan memberhentikan pesawat pada tempat parkir.

Seorang tukang parkir pesawat biasanya akan langsung mendekat ke arah pesawat yang baru tiba di taxiway atau jalan penghubung bagi pesawat.

Mereka terkadang menggunakan kendaraan khusus yang disebut dengan follow me car, nantinya pesawat akan mengikuti kendaraan tersebut menuju tempat yang ditentukan.

Saat pesawat telah sampai di area ramp, marshaller akan keluar lalu memberikan arahan dan isyarat tangan. Semua harus dilakukan dengan cepat dan tepat, sampai pesawat tiba di pemberhentian terakhir.

 

Gaji Tukang Parkir Pesawat di Indonesia 

Gaji tukang parkir pesawat memang terbilang cukup tinggi, karena mereka memiliki tanggung jawab yang besar. Di Indonesia, gaji marshaller bisa dibilang di atas rata-rata gaji pegawai perusahaan.

Untuk gaji tukang parkir pesawat di Indonesia sendiri berada di kisaran Rp4 juta sampai Rp7 juta setiap bulannya atau Rp48 juta sampai Rp84 juta setiap tahunnya.

Gaji tersebut adalah gaji pokoknya, belum dihitung dengan tunjangan atau penghasilan lainnya. Apalagi gaji marshaller bisa meningkat setiap tahunnya seiring dengan skill dan pengalaman mereka.

 

Gaji Tukang Parkir Pesawat di Luar Negeri

Berbeda dari gaji tukang parkir pesawat di Indonesia, gaji tukang parkir pesawat di luar negeri bisa lebih besar. Rata-rata gaji tukang parkir pesawat luar negeri per tahun berkisar 45.000 USD atau sekitar Rp674 juta.

Dengan rincian, marshaller akan dibayar sekitar 21 USD atau Rp320 ribu per jam. Angka tersebut apabila dikalkulasikan selama sebulan menjadi 3.770 USD atau Rp56 juta per bulannya.

 

Baca Juga: Berapa Gaji Pramugari yang Ada di Indonesia?

 

Gaji Marshaller Bisa Dikelola Lebih Mudah dengan Aplikasi Payroll LinovHR 

Gaji tukang parkir pesawat yang terbilang cukup besar tentu membutuhkan pengelolaan tersendiri. Apalagi perhitungan jam kerja marshaller berbeda dari pekerjaan pada umumnya. Sehingga perusahaan perlu mempunyai pengelolaan tersendiri untuk menghitung dan mengelola penggajiannya.

Cara perhitungan gaji secara manual mungkin belum bisa melakukannya dengan efektif dan efisien. Apalagi perhitungannya juga membutuhkan waktu yang lebih lama.

Oleh sebab itu, maskapai penerbangan harus mengelola gaji marshaller dengan baik, agar tidak terjadi keterlambatan dalam penggajian.

 

payroll

 

Solusi terbaik dalam melakukan perhitungan dan alokasi gaji secara otomatis adalah dengan menggunakan Aplikasi Payroll LinovHR.

Dengan menggunakan Aplikasi Payroll LinovHR, proses pengelolaan dan perhitungan gaji bisa dilakukan lebih cepat dan tepat. Bahkan perhitungan komponen gaji untuk ukuran 2000 karyawan bisa diselesaikan dalam hitungan menit. 

Aplikasi Payroll LinovHR yang sudah berbasis cloud dapat menyimpan informasi-informasi penting terkait penggajian melalui fitur Bank List, perusahaan juga bisa melakukan pengelompokkan pembayaran gaji dengan fitur Payroll Group.

Tidak hanya itu, Aplikasi Payroll LinovHR juga memiliki beberapa fitur penting untuk menghitung iuran BPJS serta PPh 21.

Tunggu apa lagi? Segera gunakan Aplikasi Payroll Online LinovHR untuk kemudahan pengelolaan karyawan sekarang juga!

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter