Pengertian Geofencing dan Kegunaannya dalam Sistem Absensi

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

geofencing adalah
Isi Artikel

Saat ini, sudah banyak teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk melacak keberadaan atau menandai suatu posisi. Salah satunya adalah teknologi geofencing yang memungkinkan kita untuk membuat “pagar virtual” di suatu lokasi.

Ketika pengguna aplikasi memasuki suatu daerah atau area, mereka akan disajikan dengan pemberitahuan (push notification) yang berguna untuk mempromosikan suatu produk atau layanan jasa di smartphone.

Sudah penasaran dengan geofencing dan kegunaannya dalam sistem absensi? Artikel dari LinovHR akan menjelaskannya untuk Anda, simak ya!

 

Apa Itu Geofencing?

Geofencing adalah penggunaan jaringan satelit GPS atau pengenal frekuensi radio lokal seperti node WiFi atau suar bluetooth untuk membuat batas virtual di sekitar lokasi.

Alat ini kemudian dipasangkan dengan aplikasi perangkat keras atau perangkat lunak yang merespons batas dengan cara tertentu seperti yang ditentukan oleh parameter program.

Batas-batas virtual di peta menetapkan titik batas di sekitar area tertentu. Dari sini Anda dapat melacak, memberikan notifikasi push, melacak waktu masuk dan keluar, dan hal-hal lainnya.

Penerapan teknologi ini juga dapat membantu perusahaan, contohnya seperti membantu melacak aktivitas karyawan di lingkungan kerja, dan membantu memantau jam kerja karyawan yang berpengaruh terhadap sistem penggajian karyawan.

 

Kegunaan Geofencing di Tempat Kerja

Ada banyak kegunaan dari geofencing di tempat kerja, ia memudahkan proses kerja dan mendukung  pekerjaan. Berikut adalah kegunaannya, antara lain:

 

1. Marketing

Perusahaan dapat memanfaatkan teknologi geofencing ini untuk memasarkan produk atau layanan jasanya. 

Selain itu, perusahaan juga dapat menawarkan produk kepada calon konsumen melalui notifikasi-notifikasi yang ada di smartphone. Hal ini cukup efektif untuk menarik minat calon konsumen.

 

2. Social Networking

Kegunaan selanjutnya adalah untuk jaringan sosial. Jika Anda sedang berada di suatu acara dan meng-upload foto atau video di sosial media, sebenarnya Anda telah menggunakan teknologi geofencing

Foto atau video yang diupload di media sosial tersebut akan menjadi suatu kampanye di media sosial.

Nantinya jika Anda mencari informasi tentang acara atau daerah tersebut, maka orang-orang yang mengupload foto atau video di media sosial akan muncul di kolom pencarian.

Selain itu, jika Anda memasuki area geofencing, tentunya Anda akan dimintai umpan balik atau memberikan ulasan ketika Anda telah keluar dari area tersebut.

 

3. Employee Time Tracking

Teknologi satu ini juga digunakan untuk pencatatan jam kerja karyawan di perusahaan. Dengan menggunakan aplikasi absensi, perusahaan dapat memantau jam kerja dan absensi dari karyawannya.

Selain itu, perusahaan juga dapat melacak keberadaan karyawan melalui aplikasi yang terpasang di HP karyawan.

 

Baca Juga: Apa Pentingnya Geolocation dalam Proses Audit?

 

Manfaat Geofencing dalam Pelacakan Waktu Karyawan

Penggunaan teknologi geofencing dalam pelacakan waktu karyawan sangat menguntungkan bagi perusahaan. Dengan bantuan teknologi ini, perusahaan dapat meminimalisir berbagai kecurangan dan kecurangan.

Berikut ini beberapa manfaatnya dalam pelacakan waktu karyawan, berikut beberapa manfaatnya, antara lain:

 

1. Mengurangi kesalahan timesheet

Pelacakan waktu dengan geofencing dapat membantu perusahaan dalam membuat laporan waktu kerja karyawan. Sehingga laporan waktu kerja karyawan tersebut lebih akurat dan terhindar dari kesalahan data di timesheet.

 

2. Meningkatkan produktivitas

Software absensi dapat memberdayakan karyawan untuk melacak jam kerjanya secara mandiri. Karyawan dapat melihat jam kerja secara mandiri dan dapat melihat bahwa karyawan dibayar secara akurat atau tidak.

Hal ini dapat membantu karyawan dalam meningkatkan produktivitasnya.

 

3. Pembatasan berkas

Jika sudah menggunakan software absensi, maka proses pemberkasan tidak lagi menggunakan excel atau penyimpanan berkas secara manual untuk pengelolaannya.

Dengan aplikasi absensi pemberkasan data diri dan penyimpanan arsip-arsip akan semakin mudah dan praktis.

 

Lacak Kehadiran Karyawan dengan GPS Aplikasi Absensi LinovHR

 

mobile ess

 

Melacak karyawan jadi hal penting yang perlu dilakukan oleh perusahaan. Ini adalah salah satu cara untuk memastikan karyawan benar-benar hadir. Hal ini tentu akan sulit bila dilakukan dengan cara-cara manual.

Di sinilah peran teknologi GPS sangat penting diterapkan oleh perusahaan. Dengan cara ini, perusahaan bisa memantau lokasi dari para karyawan.

Teknologi GPS sendiri bisa ditemukan di dalam aplikasi absen yang telah dilengkapi dengan fitur GPS. Salah satu pilihan aplikasi absen GPS terbaik bisa Anda dapatkan dalam aplikasi absensi LinovHR.

Aplikasi absen LinovHR bisa diakses di smartphone yang berbasis iOs maupun Android ini telah dilengkapi dengan geolocation. Jadi GPS akan secara akurat menandai titik keberadaan karyawan secara real time.

Perusahaan juga tidak perlu takut karyawan melakukan manipulasi lokasi karena di dalam aplikasi absen LinovHR juga sudah dilengkapi dengan anti fake GPS, anti root, dan anti jailbreak.

Karyawan yang mencoba memasang fake GPS, melakukan jailbreak, root akan terdeteksi dan tidak bisa melakukan absen.

Lalu, admin perusahaan pun akan menerima laporan siapa saja karyawan yang mencoba curang. Jadi sistem pelacakan kehadiran dengan LinovHR dijamin aman dan dapat meminimalisir kecurangan.

Aplikasi Absensi dari LinovHR juga dapat membantu perusahaan dalam mengelola jadwal kerja karyawan.

 

Gunakan aplikasi absensi LinovHR sekarang!

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Sasa Karyono
Sasa Karyono

SEO specialist yang mengombinasikan antara pengoptimasian situs web dan membagikan wawasan HRD melalui artikel lengkap dan menarik. Follow her on Linkedin.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter