Pentingnya HRIS untuk Industri Perbankan: Tantangan dan Manfaat

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Isi Artikel

Dalam era dimana teknologi terus berkembang pesat, industri perbankan menghadapi tantangan manajemen sumber daya manusia. 

Dalam mengatasi tantangan tersebut, penggunaan Human Resources Information System (HRIS) telah menjadi solusi yang populer. 

HRIS untuk industri perbankan memberikan kemudahan dalam mengelola berbagai aspek HR, mulai dari rekrutmen hingga penggajian, serta pemantauan kinerja karyawan. 

Dengan integrasi HRIS, perusahaan bank dapat meningkatkan efisiensi, akurasi, dan transparansi dalam pengelolaan sumber daya manusia mereka, sehingga memungkinkan fokus yang lebih besar pada strategi pengembangan organisasi dan kepuasan karyawan.

 

Tantangan HR di Industri Perbankan

Dalam industri perbankan, manajemen sumber daya manusia (HR) memegang peranan penting dalam menjaga kinerja dan kelangsungan bisnis. Namun, pekerjaan HR di industri perbankan tidaklah mudah, ada beberapa tantangan yang kerap mereka hadapi dalam manajemen human resource, seperti berikut ini:

 

1. Sulit dalam Melakukan Perekrutan

Industri perbankan sering menghadapi kesulitan dalam merekrut karyawan berkualitas karena persaingan yang ketat dalam pasar tenaga kerja. 

Permintaan akan keahlian khusus dalam bidang keuangan juga membuat proses rekrutmen semakin rumit dan memakan waktu. 

Bahkan bank juga harus bersaing dengan industri lain dalam hal gaji dan tunjangan untuk menarik dan mempertahankan bakat terbaik.

 

2. Manajemen Karyawan

Kompleksitas manajemen karyawan dalam industri perbankan melibatkan berbagai peran dan tanggung jawab. Belum lagi peningkatan dalam hal jumlah karyawan seiring dengan berkembangnya bank.

Dari penilaian kinerja hingga pengembangan karier, setiap langkah memerlukan perencanaan dan pengelolaan yang cermat. 

Retensi karyawan juga menjadi perhatian utama, karena kehilangan bakat berharga dapat berdampak negatif pada kinerja dan keberlanjutan bisnis bank.

 

3. Kepatuhan Terhadap Hukum

Seperti industri lainnya, bank juga harus tunduk pada berbagai regulasi dan kebijakan yang kompleks terkait dengan ketenagakerjaan dan perpajakan. 

Mengikuti perkembangan peraturan yang kompleks menjadi tantangan tersendiri bagi HR. Di mana mereka harus memastikan bahwa segala kebijakan dan praktik manajemen human resource telah dilakukan dengan mengikuti standar hukum yang berlaku, guna menghindari risiko pelanggaran dan sanksi hukum yang serius.

 

4. Keamanan Data

Ancaman keamanan cyber semakin meningkat, hal ini mengharuskan bank untuk meningkatkan upaya perlindungan data karyawan dan informasi sensitif lainnya. 

Dengan data yang menjadi aset berharga, kebocoran atau serangan cyber dapat merusak reputasi bank dan menyebabkan kerugian finansial yang besar.

 

5. Digitalisasi

Proses menuju digitalisasi merupakan langkah yang tak terhindarkan bagi industri perbankan. Namun, hal ini juga membawa tantangan tersendiri. 

Bank harus mengubah infrastruktur tradisional mereka ke dalam lingkungan yang lebih modern. Tentunya ini memerlukan adaptasi karyawan terhadap perubahan dan investasi dalam sistem baru yang efisien.

Implementasi teknologi baru juga memerlukan pelatihan karyawan untuk memastikan penggunaan yang efektif dan optimal.

 

Baca Juga: 5 Modul HRIS Penting Bagi Perusahaan

 

Manfaat Penggunaan HRIS untuk Industri Perbankan

Penggunaan HRIS telah menjadi solusi yang semakin penting dalam mengatasi tantangan manajemen sumber daya manusia di industri perbankan. 

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan HRIS untuk industri perbankan:

 

1. Mempermudah Proses Rekrutmen

HRIS mempermudah proses rekrutmen dan seleksi karyawan baru dengan menyediakan platform yang terintegrasi untuk posting lowongan kerja, penilaian kandidat, dan manajemen pelamar.

Hal ini membantu bank dalam mendapatkan bakat-bakat baru yang sesuai dengan kebutuhan mereka dengan lebih efisien dan cepat.

 

2. Manajemen Kinerja

Software HRIS terbaik yang telah dilengkapi dengan performance management dapat membantu dalam menetapkan tujuan dan sasaran yang jelas bagi setiap karyawan, melacak kemajuan mereka dan memberikan feedback secara real-time.

Selain itu, HRIS juga dapat memfasilitasi evaluasi kinerja dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

 

3. Mempermudah Perencanaan Bisnis

Memastikan akurasi data jadi hal yang penting dalam pengelolaan SDM di industri perbankan. HRIS dengan kemampuannya untuk menyajikan data yang cepat mampu menyediakan data yang akurat dan terkini tentang karyawan.

Data ini bukan hanya data personal tapi termasuk keterampilan, pengalaman, dan kinerja mereka. 

Hal ini memungkinkan manajemen bank untuk membuat perencanaan bisnis yang lebih efektif, termasuk alokasi sumber daya dan pengembangan strategi HR yang sesuai dengan tujuan perusahaan.

 

4. Membantu Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja

Dengan HRIS, bank dapat melakukan analisis mendalam tentang kinerja karyawan dan kebutuhan pelatihan. 

Hal tersebut memungkinkan bank untuk mengidentifikasi area-area di mana karyawan memerlukan pengembangan keterampilan.

Selain itu, juga dapat menyesuaikan program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas mereka.

 

5. Menjamin Keamanan Data Karyawan

HRIS dilengkapi dengan fitur keamanan yang kuat untuk melindungi data pribadi dan sensitif karyawan. 

Dengan pengaturan akses yang tepat, bank dapat memastikan bahwa hanya staf yang berwenang yang dapat mengakses informasi karyawan, menjaga privasi dan keamanan data.

 

6. Akurat dan Menghemat Waktu

Penggunaan HRIS meminimalkan kesalahan manusia dan menyediakan data yang akurat secara konsisten. 

Hal ini membantu bank dalam mengambil keputusan berbasis data yang tepat dan efisien. 

Selain itu, otomatisasi proses administrasi HR juga menghemat waktu dan tenaga, memungkinkan staf HR untuk fokus pada kegiatan yang lebih strategis dan bernilai tambah.

 

7. Keterlibatan Karyawan

Penggunaan HR software di industri perbankan dapat membantu bank dalam meningkatkan employee engagement.

Hal ini mungkin dilakukan dengan menyediakan portal self-service, performance feedback, program penghargaan, dan tools lainnya yang mendorong komunikasi dan kolaborasi.

 

8. Analisis dan Pelaporan

Aplikasi HR terbaik dapat memberikan bank wawasan yang berharga mengenai proses HR yang telah dijalankan, mulai dari turn-over rate, time to fill, dan efektivitas pelatihan.

Data dari wawasan ini dapat membantu dalam mengambil keputusan yang tepat mengenai tenaga kerja dan meningkatkan HR strategic.

 

Modul HRIS LinovHR yang Cocok untuk Industri Perbankan

LinovHR
Dalam menghadapi dinamika di industri perbankan, penggunaan HRIS memegang peran yang krusial dalam memastikan kelancaran operasional dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Namun, sebelum mengimplementasikan HRIS Anda perlu mengetahui modul apa saja yang relevan dengan kebutuhan pengelolaan human resource Anda.

Ini menjadi hal yang penting agar perusahaan mendapatkan manfaat dari penggunaan HRIS tersebut.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk mengimplementasikan HRIS untuk mengelola karyawan perbankan, Software HRIS LinovHR bisa menjadi pilihan yang cocok.

Software HRIS LinovHR menjadi solusi all-in one untuk kebutuhan manajemen human resource end-to end. Dengan modul yang lengkap, Anda bisa mengelola seluruh aktivitas secara terpusat.

Berikut beberapa modul HRIS LinovHR yang cocok untuk industri perbankan di antaranya:

 

1. Recruitment Management

Fitur Candidate Recruitment - LinovHR
Fitur Candidate Recruitment – LinovHR

 

Modul rekrutmen dalam HRIS LinvoHR dapat membantu bank untuk mengelola seluruh proses perekrutan secara efisien, mulai dari mengajukan permintaan penambahan manpower di suatu divisi atau unit kerja. Memasang lowongan dengan url khusus perusahaan, pun bisa dilakukan.

Tidak sampai situ, dengan Software Recruitment LinovHR Anda juga bisa melakukan pelacakan status lamaran calon karyawan dengan memanfaatkan fitur Application Tracking.

Untuk memastikan Anda menyaring dan mengevaluasi kandidat dengan tepat, LinovHR juga sudah menyediakan fitur Resume Screening di dalam aplikasi rekrutmennya.

Kemampuan modul Recruitment LinovHR bukan hanya sampai di situ saja, modul ini juga mendukung HR dalam membuat proses onboarding lebih mudah. Dilengkapi juga dengan fitur reporting dan analisis yang membantu Anda mengetahui seberapa efektif proses rekrutmen yang telah dijalankan.

 

2. Employee Self-Service (ESS)

Employee Self Services Dashboard
Employee Self Services Dashboard

 

Modul ESS memungkinkan karyawan untuk mengakses dan mengelola informasi pribadi mereka sendiri, seperti data kontak, informasi gaji, dan jadwal kerja, melalui platform HRIS.

ESS LinovHR bahkan bisa digunakan untuk melakukan review kinerja, melaporkan KPI, mengajukan cuti hingga mengikuti pelatihan e-Learning.

 

3. Asset Management

Dalam industri perbankan, manajemen aset karyawan seperti komputer, perangkat lunak, dan peralatan lainnya juga menjadi penting. 

Segala pengelolaan aset ini bisa dilakukan dengan mudah melalui modul Workforce yang ada di LinovHR.

Asset management dalam modul Workforce ini bisa digunakan untuk mengelola segala aset di dalam perusahaan.

Tidak hanya berfungsi sebagai pencatatan segala aset, fitur satu ini juga bisa digunakan untuk memberikan review terhadap pengajuan, peminjaman aset, serta aktivitas peminjaman dan pengembalian aset.

 

4. Payroll

Modul penggajian adalah salah satu modul paling vital dalam HRIS termasuk di industri perbankan. 

Anda bisa mendapatkan semua fitur yang memudahkan Anda dalam mengelola dan memproses gaji karyawan dalam Software Payroll LinovHR.

Dengan fitur otomatisasi penggajian, perhitungan pajak, dan pembuatan laporan gaji yang akurat, modul ini memastikan bahwa setiap karyawan menerima pembayaran yang tepat dan tepat waktu.

Pembuatan slip gaji pun bisa diotomatisasi dengan Software Payroll LinovHR, bahkan HR bisa melakukan blast langsung kepada karyawan.

 

5. Worksheet

Dalam lingkungan kerja yang sibuk seperti industri perbankan, manajemen tugas yang efisien sangatlah penting.

Anda dapat melakukan manajemen tugas dengan mudah melalui modul Time Management LinovHR yang telah dilengkapi dengan fitur Worksheet.

Fitur ini secara khusus dapat digunakan para karyawan untuk mencatat berbagai tugas yang mereka kerjakan setiap harinya.

Karyawan bisa melakukan pencatatan tugas ini melalui aplikasi ESS lalu HR bisa melihat rincian tugas tersebut di modul Time Management.

 

Dengan berbagai modul tersebut HRIS LinovHR dapat membantu bank dalam mengatasi tantangan manajemen HR. 

Implementasi HRIS yang tepat dapat menjadi langkah strategis untuk menjaga daya saing dan kesuksesan jangka panjang industri perbankan.

Ayo ajukan demo gratis sekarang juga untuk tahu lebih jauh apa saja keunggulan HRIS LinovHR yang dapat membantu perusahaan Anda!

Tentang Penulis

Benedictus Adithia
Benedictus Adithia

Seorang penulis konten SEO dengan pengalaman luas dalam menulis artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Berfokus pada strategi konten yang menarik dan informatif untuk website.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Benedictus Adithia
Benedictus Adithia

Seorang penulis konten SEO dengan pengalaman luas dalam menulis artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Berfokus pada strategi konten yang menarik dan informatif untuk website.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter