sistem absensi berbasis web

Pilih Sistem Absensi Berbasis Web atau Manual?

Sistem absensi berbasis web yang saat ini sudah banyak digunakan oleh banyak perusahaan dirasa sangat membantu mereka dalam pengelolaan absensi karyawan. Namun, tidak sedikit juga perusahaan masih menggunakan sistem absensi karyawan manual. Dari kedua sistem tersebut, tentu saja memiliki perbedaan antara keduanya. 

 

Perbedaan Sistem Absensi Karyawan Berbasis Web dan Manual

Terdapat beberapa perbedaan antara kedua sistem absensi tersebut, apa saja perbedaannya?

 

Penggunaan 

  • Absensi web : Untuk penggunaanya, sistem absensi ini tentu saja memerlukan teknologi dan akses internet yang stabil agar bisa digunakan secara baik.
  • Absensi manual : Karena mengandalkan tenaga dari manusia, sistem manual tidak memerlukan bantuan alat teknologi.

 

Otomatisasi 

  • Absensi web : Sistem dapat menginput dan merekap seluruh data absensi karyawan secara otomatis
  • Absensi manual : Penginputan dan perekapan data absensi dikerjakan sepenuhnya oleh manusia dan tidak bisa dilakukan secara otomatis

 

Waktu dan Tempat Penggunaanya

  • Absensi web : Karyawan bisa melakukan absensi serta mengajukan izin, cuti, atau sakit kapan saja dan dimana saja melalui smartphone pribadinya tanpa harus datang ke kantor. Hal ini memudahkan karyawan jika sedang dinas luar atau memiliki keperluan yang mendadak.
  • Absensi manual : Proses absensi harus dilakukan di kantor dan jika karyawan ingin mengajukan izin harus mendatangi langsung HRD yang bersangkutan untuk proses pengajuan.

 

Skala Prioritas

  • Absensi web : Sistem absensi berbasis web ini bisa digunakan dari perusahaan berskala kecil dengan jumlah karyawan yang sedikit hingga berskala besar dengan jumlah karyawan yang banyak.
  • Absensi manual : Pada absensi manual ini lebih diprioritaskan pada perusahaan yang memiliki jumlah karyawan yang sedikit agar proses pengelolaan karyawan bisa tetap dilakukan dengan baik.

 

Tingkat Akurasi

  • Absensi web : Karena sistem dapat mengerjakan seluruh data secara otomatis, hasil yang diberikan pun lebih akurat.
  • Absensi manual : Pengerjaan yang dilakukan oleh tenaga manusia ini memungkinkan terjadinya human error sehingga data yang dihasilkan tidak 100% akurat.

 

Keamanan Data

  • Absensi web : Seluruh data akan disimpan di dalam satu sistem sehingga keamanan data akan terjamin dan meminimalisir terjadinya kerusakan atau kehilangan data.
  • Absensi Manual : Pengelolaan data yang dilakukan masih menggunakan kertas sehingga tingkat kerusakan atau kehilangan data masih sangat tinggi.

 

Hubungan/Integrasi dengan Pekerjaan Lainnya

  • Absensi web : Absensi berbasis web ini secara otomatis akan terhubung pada pekerjaan lainnya seperti pada proses penggajian. Sehingga jika saatnya tiba waktu penggajian, sistem bisa mentransfer data absensi secara otomatis. Selain itu, sistem ini juga terhubung untuk proses penilaian kinerja karyawan.
  • Absensi manual : Saat waktu penggajian, admin harus melakukan input data sendiri dan dilakukan satu persatu pada seluruh karyawan. Hal yang sama juga akan dilakukan pada saat proses penilaian kinjera karyawan.

 

Tingkat Kecurangan

  • Absensi web : Jika menggunakan absensi web ini, karyawan Anda tidak bisa menitip absen kepada rekannya atau manipulasi waktu absen karena absensi dilakukan sesuai dengan data diri tiap karyawan. Sehingga sistem ini akan mengurangi tingkat kecurangan dan meningkatkan kedisiplinan.
  • Absensi manual : Pada absensi manual, karyawan masih bisa menitip absen kepada karyawan lainnya dan juga mereka bisa mengganti waktu absensi mereka. 

 

Baca Juga : Aplikasi Absensi Mobile dengan Absensi Manual, Mana yang Lebih Baik?

 

Jadi Sistem Absensi Apakah yang Terbaik?

Dari pembahasan di atas dapat diketahui bahwa sistem absensi berbasis web dirasa lebih efektif dari pada absensi manual. Karena absensi berbasis web bisa disesuaikan dengan jumlah karyawan pada perusahaan dan seluruh pengerjaan bisa dilakukan secara otomatis.

Selain itu, penggunaan web pada proses absensi tidak akan membutuhkan banyak kertas, Anda hanya tinggal mengakses satu sistem saja untuk melakukan semuanya tanpa adanya tumpukan kertas. Karyawan pun akan lebih mudah untuk melakukan absensi dimana saja.

 

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Absensi Android Terbaik untuk Karyawan

 

Penggunaan absensi yang berbasis web ini akan jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan absensi manual. 

 

Modul Time Management LinovHR, Solusi Absensi Online Terbaik!

Agar bisa memanfaatkan absensi tersebut, Anda bisa menggunakan Software HR LinovHR melalui modul Time Management!

Dengan modul Time Management LinovHR, seluruh proses absensi bisa dilakukan secara online baik melalui ponsel pribadi ataupun komputer. 

Selain itu, pada perusahaan yang memiliki jumlah karyawan yang banyak dengan mobilitas yang berbeda-beda ini, modul ini juga dapat membuat jadwal kerja masing-masing karyawan yang disesuaikan dengan beban kerja yang mereka kerjakan. Sehingga, karyawan bisa melakukan pekerjaan secara baik dan maksimal.

Modul ini menawarkan berbagai fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Jadi, jika perusahaan Anda menerapkan sistem kerja tetap atau shift, modul ini akan membantu merampingkan pengaturan dan pengelolaan absensi karyawan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa sistem absensi berbasis web lebih menguntungkan dari pada absensi manual. Tingkatkan kedisiplinan karyawan dengan menggunakan absensi online dari Software Absensi LinovHR sekarang juga!