bonus golden hello

Kenali Pengertian dan Pro Kontra Golden Hello

Golden hello adalah istilah yang mengacu pada bonus penandatanganan yang ditawarkan oleh perusahaan kepada karyawan yang berada di tingkat eksekutif. 

Istilah ini juga dikenal sebagai bonus masuk yang dilakukan oleh perusahaan saat proses perekrutan karyawan tingkat eksekutif.

Biasanya, perusahaan melakukan cara ini untuk menarik dan merekrut karyawan eksekutif dari perusahaan saingan agar mereka mau bergabung dengan perusahaan.

Lantas, bagaimana cara kerja dari metode ini dan apakah metode ini akan menghadirkan pro dan kontra bagi perusahaan maupun karyawan?

Untuk mengetahuinya, simak penjelasan artikel LinovHR berikut tentang golden hello sampai tuntas ya!

 

Pengertian Golden Hello 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, golden hello adalah suatu mekanisme yang digunakan oleh perusahaan untuk menarik calon kandidat yang memiliki tingkat eksekutif senior dari perusahaan lain untuk bergabung dengan perusahaan Anda.

Biasanya, perusahaan menggunakan metode ini guna mendapatkan calon kandidat terbaik yang berasal dari perusahaan lain. Perusahaan akan membayar berapapun jumlah yang diperlukan untuk mendapatkan calon kandidat tersebut.

Bonus masuk ini biasanya akan dibayar oleh perusahaan dalam bentuk pembayaran tunai sekaligus maupun melalui cicilan selama jangka waktu tertentu ketika seorang karyawan sudah resmi bergabung dengan perusahaan.

 

Baca Juga: Mengenal Signing Bonus yang Diberikan kepada Karyawan Baru

 

Cara Kerja Golden Hello 

Untuk menarik calon kandidat terbaik, tentu perusahaan akan menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan calon kandidat tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan golden hello saat proses perekrutan.

Adapun beberapa bidang tertentu yang biasanya mendapatkan penawaran bonus masuk dari perusahaan saat proses rekrutmen, di antaranya adalah bidang teknologi, keuangan, dan perusahaan konsultan.

Cara kerja dari bonus masuk sendiri akan berbeda pada setiap perusahaan. Namun, biasanya perusahaan akan memberikan bonus masuk dalam bentuk tunjangan tertentu seperti perawatan kesehatan berbayar maupun cuti berbayar ekstra.

 

Pro Kontra Golden Hello 

Penerapan dari golden hello ternyata menghadirkan beberapa pro dan kontra baik bagi perusahaan maupun bagi karyawan tersebut, berikut adalah penjelasannya.

 

1. Pro

Bagi seorang karyawan, tentu bonus masuk akan memberikan keuntungan yang tidak bisa didapatkan secara cuma-cuma.

Bonus masuk juga dapat membuat karyawan tersebut merasa lebih dihargai karena perusahaan menawarkan benefit yang besar saat mereka bergabung.

Sedangkan bagi perusahaan, bonus masuk juga dapat memberikan keuntungan karena perusahaan telah berhasil untuk mendapatkan karyawan terbaik dari perusahaan pesaing.

Perusahaan pun hanya perlu mengeluarkan biaya pembayaran bonus yang masuk akal dalam satu kali. Biaya tersebut pada umumnya tidak menimbulkan masalah keuangan bagi bisnis.

Selain itu, perusahaan yang memberikan bonus masuk juga dapat meningkatkan produktivitas karyawan tersebut. Hal ini tentunya akan memberikan timbal balik terhadap produktivitas perusahaan itu sendiri.

 

2. Kontra

Namun, bonus masuk juga dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan maupun bagi karyawan yang tidak memahami secara mendalam mengenai golden hello

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ketentuan bonus masuk bagi tiap perusahaan akan memiliki perbedaan.

Beberapa perusahaan akan ada yang menerapkan ketentuan seperti karyawan harus membayar kembali bonus masuk yang diberikan oleh perusahaan jika mereka keluar sebelum tanggal tertentu.

Selain itu, karyawan yang menerima bonus masuk juga dapat memungkinkan mengalami kerugian secara finansial dalam jangka waktu yang panjang apabila perusahaan tidak menawarkan bonus-bonus lainnya seiring dengan berjalannya waktu.

Hal tersebut pernah terjadi pada perusahaan Hewlett-Packard. Setelah membayar golden hello sebesar 8.6 juta dolar AS kepada Leo Apotheker, perusahaan tersebut terus mengalami kerugian. Saham Hewlett-Packard merosot hingga 46% di bawah kepemimpinannya.

 

Atur Golden Hello Karyawan dengan Aplikasi Payroll LinovHR 

 

payroll

 

Mengatur penggajian karyawan, termasuk bonus karyawan tentu dapat menjadi salah satu beban yang dimiliki oleh seorang HR, terlebih jika mereka harus mengaturnya secara manual.

Seorang HR perusahaan yang masih melakukan pengelolaan gaji secara manual tentu akan membutuhkan waktu yang lama.

Belum lagi, HR bisa saja menimbulkan kesalahan seperti human error yang dapat memberikan kerugian finansial terhadap perusahaan.

Untuk menangani hal ini, sudah saatnya bagi perusahaan untuk mengubah cara tradisional menjadi cara yang konvensional dengan menggunakan aplikasi payroll untuk mengelola penggajian karyawan seperti LinovHR.

Pada dasarnya LinovHR merupakan provider Software HRIS yang memiliki banyak modul dan fitur untuk memudahkan pengelolaan karyawan dan salah satunya adalah pengelolaan payroll melalui aplikasinya.

Aplikasi payroll terbaik yang dapat Anda gunakan adalah Aplikasi Payroll LinovHR yang dapat mempermudah HR dalam melakukan segala kegiatan yang bersifat administratif seperti perhitungan gaji karyawan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, tentu perusahaan akan mendapatkan kemudahan dalam berbagai macam kegiatan seperti perhitungan payroll, pembayaran gaji beserta komponen-komponennya, pengelompokkan payroll berdasarkan jenis karyawan, pembuatan slip gaji, hingga menghasilkan laporan payroll secara cepat, tepat, dan mudah.

 

Tertarik dengan kemudahan Aplikasi Payroll LinovHR?

Segera gunakan sekarang juga!