ambrivert

7 Hal yang Hanya Dilakukan Karyawan dengan Kepribadian Ambivert

Setelah sebelumnya ada yang artikel yang membahas tentang ciri -ciri ambrivert disini  https://www.linovhr.com/ciri-ciri-karyawan-ambivert/  Mari melanjutkan pembahasan mengenai ambrivert dengan mengetahui apa saja yang dapat mereka lakukan di dunia kerja .

Dalam dunia psikologi, tipe kepribadian manusia dibedakan menjadi beberapa kepribadian. Ini tergantung pada bagaimana karakter seseorang dalam bersikap dan itu sudah melekat pada dirinya sendiri. Ada introvert yang terkenal dengan citra pendiam, ada juga ekstrovert yang terkenal dengan citra lebih bisa memperlihatkan diri. Selain dua kepribadian tersebut, ada juga satu kepribadian unik yang biasa dimiliki seseorang yaitu kepribadian Ambivert.

Dalam dunia kerja mereka yang menjadi seorang “Ambivert” biasanya memiliki hal-hal unik yang hanya dilakukan oleh dirinya sendiri. Berikut ini adalah 7 hal yang hanya dilakukan karyawan dengan kepribadian Ambivert:

 

1.Tidak sulit untuk merasa nyaman

Bila masuk dalam lingkungan kerja baru, pastinya kita akan merasa sedikit segan karena itu masih tahap awal atau masih tahap perkenalan. Bagi seorang yang memiliki introvert, tahap perkenalan bisa berlangsung dalam waktu lama namun hal itu berbeda dengan seseorang yang memiliki sifat Ambivert. Ia akan mudah merasa nyaman berada dalam lingkungan barunya dengan waktu yang tidak relatif lama, Karena mereka mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

 

2.Tidak bisa bekerja sendiri

Orang-orang yang memiliki kepribadian ambivert cenderung senang bersosialisasi dengan orang lain. Sehingga tidak heran saat ia bekerja sendiri, ia akan merasa bosan dan tidak menyukai nya, tidak ada yang bisa diajak diskusi atau tukar pikiran.  Orang dengan kepribadian ini senang bila bekerjasama dengan orang lain atau pekerjaan yang melibatkan tim .

 

3. Bisa menyesuaikan kepribadian dengan lawan bicara

Seorang ambivert juga sangat ahli dalam menyesuaikan kepribadian dengan lawan bicaranya. Artinya ia sangat fleksibel, mau berhadapan dengan orang introvert atau ekstrovert tak akan jadi masalah bagi orang dengan kepribadian . Hal ini karena orang yang memiliki kepribadian ini mudah beradaptasi .

 

4. Akan berbicara dengan lebih spesifik

Karyawan yang memiliki kepribadian ambivert tak akan pernah malas saat harus menanggapi sebuah percakapan, meskipun percakapan itu ditujukan untuk hanya basa-basi saja. Namun semangatnya bisa semakin tinggi bila ada topic menarik dalam percakapan. Artinya lebih jika percakapan itu lebih spesifik maka akan lebih bersemangat dalam percakapan tersebut.

 

5.Berbicara Menyesuaikan Kondisi

Karyawan yang memiliki kepribadian ambivert juga cenderung lebih peka pada intuitifnya. Sehingga ia bisa mengontrol dirinya sendiri, kapan ia harus diam atau kapan ia harus berbicara. Artinya ia akan berbicara dalam waktu yang tepat.

 

Baca Juga : Kamu Termasuk Karyawan Introvert ? Gunakan 7 Hal ini Untuk Mempromosikan Diri

 

6.Multi-Taksing

Yap! Kebanyakan ambivert itu multi-tasking loh! mereka benar-benar sangat menikmati apapun yang sedang dikerjakan. Baik itu sendiri, berkelompok, satu pekerjaan dalam satu waktu atau dua pekerjaan sekaligus. Orang yang memiliki kepribadian ini tidak segan untuk mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus .

 

7. Sulit dalam membuat perencanaan

Sayangnya ada satu sifat yang mungkin bisa menjadi sifat negatif dalam dunia kerja bagi seorang ambrivert . Seorang ambivert lebih sulit membuat perencanaan dan strategi sehingga tak akan cocok bila ditempatkan dalam divisi yang berfokus pada pembuatan strategi. Ia akan cenderung memutuskan sesuai dengan kondisi moodnya saat itu. Padahal dalam dunia kerja tidak boleh menjadikan mood sebagai alasan dalam pengambilan keputusan.

Itulah 7 hal yang hanya dilakukan karyawan dengan kepribadian ambivert. Jadi, kalau dalam dunia kerja kepribadian Anda yang mana? Apakah Introvert, Ekstrovert atau Ambivert? Masing-masing kepribadian tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.