hard skill

10 Hard Skill Paling Populer dan Dicari Perusahaan

Hard Skill adalah kemampuan lain yang harus dimiliki di samping soft skill. Banyak orang memperdebatkan mana yang paling penting di antara kemampuan umum tersebut. Padahal dua hal ini sama-sama penting dan tak bisa ditinggalkan begitu saja. 

 

Apa itu Hard Skill

Hard skill adalah rangkaian kemampuan yang lebih mengarah kepada kemampuan atau keterampilan yang bersifat teknis dalam perusahaan. Sementara soft skill adalah kemampuan individu dan bersikap seperti komunikasi, negosiasi, dan lain-lain yang berguna untuk kelancaran pekerjaan. 

 

Daftar Hard Skill Paling Dicari

Sangking pentingnya, ada berapa kemampuan tertentu yang mulai dibutuhkan oleh perusahaan. Permintaan ini harus dibarengi dengan supply tenaga kerja yang berkualitas. Peluang besar akan kebutuhan perusahaan merupakan kesempatan emas bagi jobseeker khususnya bagi fresh graduate agar mudah mendapatkan pekerjaan. Simak penjelasan LinovHR tentang daftar hard skill yang paling dicari perusahaan saat ini!  

 

1. Blockchain

Blockchain adalah cara baru untuk  menyimpan, validasi, autentikasi, dan memindahkan data digital di internet dengan jaminan keamanan tinggi.  Sistem berisikan catatan yang terhubung melalui kriptografi dan telah dimanfaatkan oleh berbagai sektor, salah satunya untuk transaksi mata uang kripto seperti Bitcoin. 

Blockchain mulai lahir pada tahun 2009 dan terus berkembang hingga kini. Bisa dibilang, blockchain adalah catatan transaksi digital dengan banyak server. Teknologi ini menjadikan transaksi di internet jauh lebih mudah karena tidak memerlukan lagi perantara ketiga.

 

2. Cloud Computing

Dewasa ini mayoritas perusahaan mulai menggunakan cloud sebagai server penyimpanan data dan informasi perusahaan. Oleh karena itu perusahaan membutuhkan seorang profesional yang menguasai cloud computing dan mampu membangun infrastruktur cloud server

Cloud computing dinilai sebagai solusi efektif dalam hal penyimpanan untuk menghemat tempat dan dana. Karena berbasis cloud, perusahaan dapat mengakses data dan informasi melalui autentifikasi pengguna terlebih dahulu kapan dan dimana saja tanpa harus menggunakan perangkat keras di kantor. 

 

Baca Juga: Mengenal Cloud Computing dan Manfaatnya bagi Perusahaan

 

3. Analytical Reasoning 

Data yang diolah menjadi informasi menjadi pondasi utama bagi pertumbuhan bisnis perusahaan. Seluruh data dan informasi yang dikumpulkan dapat menjadi pengetahuan baru yang berguna untuk pengambilan keputusan terbaik dalam strategi perusahaan serta meningkatkan proses bisnis. Contohnya sebuah perusahaan dagang yang menjual alat berat menggunakan customer management system yang mengolah data dan informasi konsumen untuk mencari konsumen potensial yang ada.

 

4. Artificial Intelligence 

Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan tidak serta merta menggantikan tenaga manusia, melainkan menambah kemampuan tenaga kerja manusia untuk pelayanan yang lebih baik.  Perusahaan yang memanfaatkan kekuatan AI akan diuntungkan dengan pembelajaran otomatis dan membantu memberikan produk dan layanan yang lebih relevan, personal, dan inovatif. 

Pendataan dan analisis data atau informasi juga mampu berkembang lebih efisien serta menghasilkan prediksi akurat dengan AI. Contoh penggunaan AI di perusahaan adalah fitur chat box pada website yang melayani keluhan konsumen dengan keyword dan opsi yang dapat dipilih konsumen melalui fitur yang tersedia. Layanan sejenis ini berguna untuk menangani keluhan konsumen dengan lebih cepat sebagai bentuk nyata perusahaan menjalin hubungan purna jual dengan konsumen. 

 

5. UX Design 

Berkat perkembangan teknologi,  banyak bermunculan berbagai macam website dan software yang mementingkan tampilan yang membantu pengguna atau user menggunakan software dan website. UX design berguna untuk menunjang proses pembangunan software dan website lebih mudah digunakan dan meningkatkan kepuasan dari sisi user.  Sehingga produk software dan website perusahaan memiliki tampilan yang ramah bagi manusia.

 

6. Business Analysis

Perkembangan lingkungan bisnis yang kian kompetitif. Banyak perusahaan berlomba-lomba lebih unggul atau sekadar bertahan dari arus persaingan. Itulah sebabnya mengapa kehadiran business analyst mulai dibutuhkan. Business analyst membantu perusahaan untuk menganalisis situasi yang dihadapi dan memberikan solusi atas masalah tersebut. 

 

Baca Juga: Tugas dan Tanggung Jawab Business Analyst

 

7. Affiliate Marketing 

Dengan meningkatnya metode advertising atau periklanan melalui media sosial, affiliate marketing muncul dan banyak dicari perusahaan. Umumnya agency advertising adalah perusahaan yang paling membutuhkan keterampilan ini. Affiliate marketing  mempermudah perusahaan dalam memanfaatkan kerjasama atau kemitraan advertising dengan segmentasi target audience yang spesifik.

 

8. Sales

Penjualan adalah salah satu sumber terbesar dari pendapatan perusahaan. Meskipun sudah lama ada sejak dulu, kemampuan sales masih dicari banyak perusahaan. Seseorang yang mampu mengatur tim melakukan penjualan, memahami saluran penjualan, kerjasama dengan partner tertentu akan membawa perusahaan kepada level tertinggi dalam penjualan. Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan bagi perusahaan. 

 

9. Scientific Computing

Scientific computing dimiliki oleh profesional yang bergerak dalam bidang data science, insinyur atau engineer, software developer, dan lainnya. Lagi-lagi kemampuan ini masih sangat berkaitan dengan teknologi. Perusahaan membutuhkan scientific computing untuk  membangun machine learning yang mempermudah  distribusi knowledge management dalam perusahaan menggunakan pendekatan dengan bahasa pemrograman tertentu.  

 

10. Video Production

Konten video adalah salah satu media yang laris manis saat ini. Salah satu platform penyedia streaming video, Youtube telah diakses oleh 1,8 miliar user setiap bulannya. Angka tersebut sangatlah menggairahkan bagi perusahaan. Maka dari itu, perusahaan membutuhkan banyak orang yang mampu melakukan video production  untuk mengkampanyekan produk perusahaan secara internal maupun eksternal. Cisco pun telah memperkirakan konten video menyumbang 82% traffic di internet pada 2022.

 

Itulah penjelasan LinovHR mengenai hard skill yang paling dicari oleh perusahaan saat ini. Nah, ini adalah peluang besar bagi para mahasiswa maupun fresh graduate untuk mempelajari dan menguasai salah satu dari daftar kemampuan ini. Jika seseorang dapat menguasai salah satu dari hard skill di atas, maka pekerjaan idaman pun bukan lagi impian.