skill manajer

Mau Jadi Manajer Andal? Miliki 10 Skill Manajer Berikut!

Salah satu jabatan penting dalam perusahaan adalah manajer. Agar operasional dapat terlaksana dengan maksimal, manajer perlu mempunyai beberapa keterampilan atau skill manajer yang bagus untuk mendukung pekerjaan.  

Manajer menjadi sosok  yang bertanggung jawab atas pengelolaan kerja dan koordinasi antara satu divisi dan yang lainnya demi mencapai tujuan perusahaan. Manajer juga menjadi pihak yang menjaga produktivitas kerja tetap teratur.

Dalam perusahaan, sosok ini memiliki sejumlah tugas penting. Salah satu tugas tersebut adalah menjadi jembatan komunikasi antara pihak atasan badan usaha dan karyawan. Tak hanya itu, manajer pun harus bisa menyampaikan arahan informasi secara tepat dan akurat. Dengan begitu, karyawan dapat bekerja sesuai dengan perintah pimpinan perusahaan. 

Lalu, pengemban jabatan ini pun mempunyai tugas untuk mengawasi kinerja karyawan dan divisi kerja. Jadi, segala masalah di perusahaan dapat teridentifikasi dengan lebih cepat.

Manajer yang baik umumnya mampu menyelesaikan permasalahan yang baik dialami oleh karyawan maupun suatu divisi. Jadi, koordinasi kerja dapat terus terjaga lantaran segala masalah dapat terselesaikan secara baik.

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer adalah mampu mengelola karyawan agar dapat bekerja lebih maksimal serta mencapai target. Namun, masih banyak keterampilan atau skill manajer lain yang harus dikuasai. Apa saja keterampilan tersebut?

 

Apa Saja Skill yang Harus Dimiliki Manajer?

Adapun skill manajer yang perlu dimiliki agar operasional perusahaan dapat berjalan dengan maksimal sebagai berikut.

 

1. Pengelolaan SDM

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer adalah mampu menggerakkan banyak sumber daya di perusahaan. Sumber daya manusia adalah aset berharga milik perusahaan. Jika tidak dikelola dengan baik, akan sulit untuk mencapai potensi maksimal dari SDM tersebut. 

Apabila perusahaan memiliki sosok manajer dengan kemampuan demikian, maka bisnis dapat berjalan secara sistematis. Melalui pengelolaan SDM yang optimal, seluruh karyawan dapat bekerja dengan lebih terarah, terorganisir, dan teratur demi mencapai tujuan organisasi. Alhasil, perusahaan akan semakin sejahtera dari masa ke masa.

 

Baca Juga: Meningkatkan Kualitas Karyawan Melalui Mentoring 

 

2. Kecerdasan Emosional

Perusahaan menampung banyak karyawan dengan segala perbedaan sifat. Oleh karena itu, manajer perlu memiliki kecerdasan emosional yang baik. Terlebih, ketika sedang ada suatu permasalahan. Jika, masalah tersebut tidak diselesaikan dengan kepala dingin, maka keadaan dapat menjadi semakin buruk

performance review

3. Punya Jiwa Kepemimpinan

Tanpa karisma kepemimpinan, seorang manajer akan sulit untuk memberikan arahan kepada bawahan. Apabila tidak mempunyai skill ini, karyawan cenderung akan meremehkan perintah dan enggan tunduk pada peraturan perusahaan.

Perlu diketahui, jiwa kepemimpinan bukan berupa pemberian perintah secara otoriter. Namun, manajer harus bisa menjadi sosok yang mengayomi setiap karyawan agar dapat terus bekerja sama.

 

4. Komunikatif

Komunikasi merupakan salah satu skill vital yang perlu dimiliki oleh manajer. Bila pengemban jabatan ini tidak mampu berkomunikasi dengan baik, maka operasional perusahaan dapat berpotensi berantakan.

Jadi, jika manajer merupakan sosok yang komunikatif, maka segala arahan kerja dapat terlaksana dengan optimal oleh para karyawan. Bahkan, negosiasi dengan pihak eksternal organisasi pun dapat berjalan semakin lancar.

 

5. Inovatif

Persaingan bisnis semakin ketat dari waktu ke waktu. Jika tidak inovatif, perusahaan akan semakin tertinggal. Akibatnya, laba pun semakin menurun lantaran konsumen mulai berlatih pada kompetitor.

Seorang manajer yang inovatif dapat membantu perusahaan untuk menciptakan hal-hal baru. Jadi, perusahaan dapat semakin kompetitif dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

 

6. Mampu Menjaga Reputasi

Untuk menjaga keberlangsungan bisnis, perusahaan perlu memiliki pandangan yang baik di mata konsumen. Jika manajer tidak memiliki keterampilan menjaga reputasi, dikhawatirkan terjadi suatu hal yang dapat memperburuk citra organisasi. Akibatnya, konsumen akan enggan untuk menggunakan produk perusahaan.

 

7. Mampu Menyelesaikan Masalah

Kemampuan dalam menyelesaikan masalah atau problem solving adalah keterampilan penting lainnya. Manajer yang baik harus memiliki kemampuan dalam mengatasi segala masalah yang muncul selama bisnis berlangsung.

Problem solving dalam kemampuan manajemen melibatkan identifikasi masalah atau situasi tertentu dan kemudian menemukan cara terbaik untuk menangani masalah tersebut dan mendapatkan solusi terbaik

Ketika seorang manajer memiliki keterampilan problem solving yang hebat, hal ini akan membedakan skill dari si manajer dari anggota tim lainnya serta akan menumbuhkan kepercayaan dari karyawan yang di bawahnya.

 

8. Manajemen Keuangan

Manajer dengan kemampuan manajemen keuangan yang baik dapat melakukan perencanaan anggaran operasional dengan lebih optimal. Alhasil, perusahaan dapat memperoleh laba secara maksimal. 

Tak hanya itu, ilmu manajemen keuangan juga akan memudahkan manajer untuk membuat laporan finansial dengan tepat. Dengan begitu, potensi adanya penyelewengan dana perusahaan dapat diminimalisir.

 

Baca Juga: Apa Saja Kemampuan Karyawan untuk Membangun Perusahaan? 

 

9. Pengelolaan Waktu yang Efisien

Dalam dunia bisnis, kerap dikenal suatu istilah bahwa waktu adalah uang. Istilah tersebut bisa dikatakan benar. Mengapa? Lantaran semakin efektif manajer mengelola waktu kerja, maka kian efisien pula kinerja karyawan. Alhasil, perusahaan dapat memperoleh laba dengan lebih optimal.

 

Baca Juga: Manajer HR, Harus Siap! ini Tantangan Mengelola Kinerja Pegawai

 

10. Membangun Motivasi

Lingkungan kerja rawan akan adanya stres di kalangan karyawan. Terlebih jika perusahaan memiliki  tempo kerja yang cepat. Bila ada karyawan yang mengalami stres tentu dapat mempengaruhi produktivitas perusahaan.

Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan perlu menunjuk sosok manajer yang mampu memberikan motivasi kerja kepada karyawan. Melalui hal demikian, moral para pegawai perusahaan dapat terus terjaga.

Demikian pembahasan tentang 10 skill manajer yang perlu dimiliki oleh seorang manajer andal. Semoga uraian di atas dapat menjadi referensi yang baik untuk Anda yang ingin menjadi seorang manajer. Manakah yang sudah ada dalam diri Anda?