Hilangkan rasa malas

Hilangkan Rasa Malas Kerja Di Kantor Dengan 5 Hal Ini

I hate Monday!!“. Mungkin itu adalah kalimat populer di awal minggu bagi para karyawan. Sebenarnya ini terjadi karena hilangnya momentum bekerja karena hari libur, terutama bagi yang menjalani 5 hari kerja. Rasa malas memang harus dihindari, dan penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana hilangkan rasa malas saat kerja. Ada pula kemalasan yang muncul di tengah jam kerja. Bagaimana cara mengatasinya?

Anda bisa mencoba beberapa tips ini. Tidak semuanya sesuai untuk setiap orang, namun Anda bisa mencoba beberapa dan temukan yang paling bekerja untuk diri sendiri. Kemudian jadikan itu sebuah kebiasaan, dan sesudahnya akan jauh menjadi lebih mudah!

Stop Mengeluh!!

Jika pikiran Anda merasakan kemalasan, yang pertama perlu Anda lakukan adalah menahan mulut. Jangan memperkatakan kalimat, “Aku malas sekali bekerja hari ini” atau apapun yang sejenis. Secara psikologis perkataan Anda akan mempengaruhi sikap tubuh dan tindakan. Jika Anda berkata Anda malas, maka tubuh akan mengendorkan otot, gerakan semakin pelan, menguap, dan mungkin saja mata akan mulai mengantuk.

Terapkan 2-Minutes Rules

Daripada berkata negatif (walaupun mungkin itu benar), lakukan Peraturan 2 Menit. Anda bisa melakukan sebuah tugas rutin selama maksimal dua menit saja. Katakan, “Aku akan memeriksa dokumen ini selama dua menit saja.” Anda akan heran ketika berhasil melakukan pekerjaan tersebut walaupun memakan waktu lebih dari dua menit. Otak kita didesain untuk menghindari kesulitan dan mencari kesenangan. Itu sebabnya kita berpikir dua menit (maksimal) adalah waktu yang sangat singkat dan tidak akan menyakitkan jika melakukannya. Dan saat tubuh bergerak maka terjadi momentum yang akan membuat tubuh terus bergerak. Rasa malas akan hilang dengan sendirinya, tanpa usaha yang keras.

Bangun lebih pagi

Anda juga bisa terkejut mengetahui efek dari bangun 1 jam lebih awal. Dalam melakukannya, Anda mendapat waktu untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya mungkin tidak bisa atau sulit untuk dikerjakan. Waktu pribadi yang tenang sebelum memasuki gegap gempita kehidupan dan pekerjaan, membaca koran dengan santai, dan makan pagi yang cukup (memberikan energi untuk bekerja lebih). Anda perlu mendapatkan pengalaman ini. Cobalah. Anda bisa menemukan hubungan positif antara bangun pagi dengan kualitas dan kuantitas kinerja yang meningkat.

Just a game!!

Buatlah pekerjaan seperti permainan. Jika saya mengerjakan ini dengan cepat, saya bisa minum kopi sebentar sebelum melanjutkan pekerjaan selanjutnya. Berikan diri sendiri penghargaan kecil untuk setiap hal yang dikerjakan. Ini akan menyenangkan! Jika Anda suka makan permen, manjakan diri sendiri hanya setelah menyelesaikan sesuatu. Anda akan menjadi produktif sambil menikmati sedikit kesenangan pribadi (perhatikan biaya perawatan gigi, tentunya).

Baca Juga: Buat Harimu Selalu Menyenangkan di Tempat Kerja

Olahraga dan istirahat yang cukup

Mungkin kedengarannya klise, namun berolahraga sebenarnya meningkatkan level energi dan menghilangkan kemalasan. Seperti pompa air jaman dahulu, olahraga mengeluarkan energi fisik dan “menarik” energi tambahan yang memperkuat tubuh. Dengan segarnya otot-otot dan bagian tubuh lain, otak akan menjadi segar sehingga pikiran menjadi lebih cepat dan awas. Ini juga otomatis menghilangkan kemalasan. Anda bisa berolahraga ringan di tempat kerja dengan melakukan peregangan di tempat. Ingat senam yang Anda lakukan di sekolah dulu? Memutar leher, mengarahkan pandangan pada kejauhan, berjalan kaki ke tempat kerja, dan lainnya bisa membantu membuat tubuh aktif kembali.

Anda tidak perlu melakukan semuanya sekaligus. Coba dulu satu yang kelihatannya paling cocok. Jika sudah bisa, coba yang lainnya. Semakin banyak senjata ampuh yang Anda miliki untuk memerangi kemalasan, tentunya lebih baik bukan?