kartu absensi karyawan

Masih Relevankah Kartu Absensi Karyawan di Era Digital Saat Ini?

Memasuki era digitalisasi, metode atau sistem absensi karyawan saat ini pun bermacam-macam dan semakin modern. Namun, tak banyak juga perusahaan yang masih menggunakan cara manual, seperti salah satunya kartu absensi karyawan. 

Lalu, apakah kartu absensi karyawan masih relevan untuk digunakan di era digital saat ini? Anda akan menemukan jawabannya di artikel ini!

 

Mengenal Kartu Absensi untuk Karyawan

Absensi karyawan merupakan salah satu informasi penting yang dijadikan sebagai salah satu pedoman bagi manajemen karyawan. Dengan informasi mengenai kehadiran dan keterlambatan karyawan, perusahaan dapat memonitor kinerja setiap karyawannya.  Tidak hanya itu, absensi karyawan juga menjadi dasar penilaian perusahaan untuk perhitungan gaji. 

Sebelum kita mencari tahu soal relevansi kartu absensi karyawan, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu kartu absensi karyawan. 

Kartu absensi karyawan adalah kartu yang dikeluarkan perusahaan yang bertujuan untuk mencatat jam hadir karyawan ke perusahaan. Pengisian kartu absensi karyawan ini dapat menggunakan beberapa cara seperti karyawan harus tanda tangan untuk mengisi kartu. Ada pula cara lainnya lagi, yakni dengan menggunakan mesin ceklok.

Jika menggunakan mesin amano atau ceklok, karyawan harus memasukkan kartunya ke dalam mesin agar absensi mereka dapat terdeteksi, mulai dari jam dan hari kehadiran mereka di kantor.

 

Baca Juga: Tips Memilih Software Absensi Karyawan

 

Keunggulan dan Kekurangan Kartu Absensi

Sama seperti sistem absen lainnya, kartu absensi karyawan juga memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Inilah keunggulan dan kekurangan kartu absensi karyawan yang perlu Anda ketahui.

 

Kelebihan Kartu Absensi Karyawan

Jika skala perusahaan Anda masih dalam lingkup kecil, sistem kartu absensi ini bisa Anda gunakan karena biaya mesin absensi kartu ini bisa dibilang cukup terjangkau. Kartu yang digunakan pun bisa Anda temukan dengan mudah dan harga yang murah. 

Sistem ini lebih cocok untuk perusahaan yang skalanya kecil karena biasanya pada perusahaan jenis skala tersebut dibutuhkan pengawasan yang ekstra pada aktivitas absensi, apalagi jika menggunakan sistem kartu absensi karyawan dengan cara tanda tangan. 

Selain itu, keunggulan lainnya dari kartu absensi karyawan adalah siapa saja dapat dengan mudah menggunakannya. Di beberapa perusahaan yang rentang usia antar karyawannya cukup jauh, teknologi baru akan lebih sulit untuk diperkenalkan. Maka dalam hal ini kartu absensi karyawan dapat menjadi pertimbangan.

 

Baca Juga: Aplikasi Absensi Menggunakan Face Recognition

 

Kekurangan Kartu Absensi Karyawan

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa butuh pengawasan yang ekstra apabila perusahaan menggunakan sistem kartu absensi. Apalagi jika memilih cara dengan menggunakan tanda tangan karyawan. Hal tersebut sangat rawan terjadinya kecurangan.  karyawan bisa saja dengan sengaja memanipulasi data absensinya. 

Masalah lain dengan sistem ini adalah ketidakmampuan perusahaan untuk memantau atau melihat pembaruan secara online. Anda tidak dapat memeriksa tim Anda yang bekerja secara remote atau jarak jauh. 

Tak hanya itu, pastinya dibutuhkan waktu yang lama untuk mengolah data absensi karyawan yang tentunya akan menciptakan alur kerja yang tidak efektif dan dapat merugikan perusahaan.

 

Upgrade Sistem Absensi Karyawan dengan LinovESS!

 

mobile ess

 

Di era teknologi sekarang seluruh perusahaan perlu sistem absensi yang lebih efisien dan modern. Inilah saat yang tepat untuk upgrade sistem absensi karyawan di perusahaan Anda dengan LinovESS. 

LinovHR menawarkan aplikasi absensi online sehingga akan mempermudah kinerja HR maupun karyawan. Modul LinovESS dari LinovHR merupakan gabungan dari HRIS yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan karyawan dalam mengelola data tak hanya terkait absensi saja, melainkan seluruh data human resource mereka sendiri. Karyawan pun dapat mengajukan izin, cuti, lembur dan sebagainya hanya dari satu aplikasi. 

Kemudahan lainnya yaitu karyawan dapat melakukan absensi kapanpun dan dimanapun, sesuai lokasi yang telah ditentukan. Hal ini tidak akan ditemukan jika perusahaan masih menggunakan kartu absensi untuk mencatatkan absensi karyawan sehari-hari. 

Jadi, lebih baik menggunakan Aplikasi Absensi LinovHR daripada kartu absensi, bukan? Kelola absensi karyawan dengan sistematis, mudah, dan akurat hanya dengan LinovESS!

Tertarik untuk merasakan langsung keunggulan dari LinovESS? Ajukan demo dengan hubungi tim sales kami untuk informasi selengkapnya!