Mengulik Mesin Absensi Kartu, Lebih baik dari Absensi Via Aplikasi?

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

mesin absensi kartu
Isi Artikel

Sebelum teknologi berkembang seperti sekarang ini, kehadiran karyawan masih dicatat secara manual. Seperti membubuhkan tanda tangan. Namun, cara tersebut kurang efektif, dan menyita banyak waktu.

Seiring berjalannya waktu di ciptakanlah sebuah mesin pencatat waktu kerja dan sudah dipatenkan pada tahun 1890 oleh seorang ahli perhiasan dari Amerika Serikat bernama Willard le Grand Buddy. Dari sinilah cikal bakal mesin absensi kartu berasal.

Dalam artikel ini, LinovHR akan membahas lebih dalam mengenai apa itu mesin absensi kartu dan perbandingannya dengan absensi via aplikasi.

Yuk, simak langsung ulasannya.

 

Sekilas Soal Mesin Absensi Kartu

Mesin absensi kartu atau nama lainnya adalah absen ceklok merupakan pelopor munculnya absensi mesin digital yang lebih modern dan kini semakin berkembang.

Cara kerja absen ceklok  dengan memasukkan kartu kartu absen pada celah mesin, setelahnya akan tercetak tanggal dan jam saat itu juga. Apabila karyawan datang terlambat, maka mesin akan mencetak warna yang berbeda.

Karena sudah dikenal dalam perusahaan lama, maka mesin absensi ini jadi salah satu yang paling tua.

 

Lalu, Bagaimana dengan Absensi via Aplikasi?

Dari sistemnya saja sudah jelas berbeda antara absensi menggunakan kartu dengan absensi via aplikasi.

Absensi via aplikasi, dibuat untuk memberikan kemudahan dari sisi karyawan dan juga HR. Proses absen dengan aplikasi memanfaatkan teknologi komputer dan smartphone. Cara penggunaannya juga lebih praktis karena karyawan cukup melakukan login menggunakan username dan password yang terhubung dengan koneksi internet.

Kemudian pencatatan kehadirannya akan dilakukan secara otomatis. Sementara absen via kartu membutuhkan mesin dan pencatatannya pun masih dilakukan manual.

 

Perbandingan Mesin Absensi Kartu dengan Absensi via Aplikasi

Baik mesin absensi via kartu dan absensi via aplikasi, keduanya memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing. Namun, jika ingin dibandingkan ada baiknya Anda perlu melihat pada kelebihan masing-masing alat absensi berikut ini.

 

Keunggulan Mesin Absensi Kartu

Beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari mesin absen ceklok adalah:

 

1. Penerapan yang Sederhana

Secara operasionalnya, mesin absensi kartu atau ceklok lebih mudah digunakan. Mesin absensi ini cocok untuk karyawan lama yang kurang paham cara menggunakan sistem komputer.

 

2. Untuk Kelola Administrasi Kecil

Karena dilakukan secara manual, di mana karyawan harus mendatangi tempat mesin absensi dan memasukkan kartunya ke dalam mesin, maka sistem ini lebih cocok dipakai pada perusahaan-perusahaan yang jumlah karyawannya sedikit. Dalam hal ini bisnis UKM bisa menggunakan alat ini untuk mencatat kehadiran karyawan.

 

3. Tidak Butuh Teknologi

Dari prosesnya mesin ceklok atau kartu ini masih dioperasikan oleh manusia sehingga tidak membutuhkan teknologi khusus untuk dipelajari.

 

Kelebihan Absensi via Aplikasi

Bagaimana dengan absensi via aplikasi? Apa saja kelebihan yang dimilikinya? Berikut penjelasannya.

 

1. Lebih Efisien

Menggunakan absensi aplikasi lebih efisien karena tidak perlu biaya untuk membeli mesin dan biaya perawatan secara rutin. Begitu pun dari sisi biaya operasionalnya, perusahaan bisa lebih hemat dibandingkan dibandingkan mesin absensi kartu.

 

2. Menekan Tindak Kecurangan

Menggunakan aplikasi absensi online, potensi kecurangan dapat dihindari dibandingkan mesin absen kartu karena masing-masing karyawan memiliki akun yang telah terdaftar.

Aplikasi absensi online juga sudah dilengkapi fitur GPS, yang membuat HRD bisa langsung mengetahui dimana karyawan melakukan absen kerja. Sehingga HR akan sangat terbantu untuk dapat memantau kinerja karyawan tanpa adanya kecurangan.

 

3. Fitur-Fiturnya Saling Terintegrasi

Absensi via aplikasi memudahkan HRD menyimpan seluruh data kehadiran dalam sistem online. Sehingga data-data tersebut bisa lebih mudah dimanfaatkan untuk keperluan lain tanpa perlu susah payah mencarinya.

Misalnya untuk menghitung gaji karyawan, tunjangan, dan proses lain yang berkaitan dengan kebijakan perusahaan.

 

Baca Juga: Seperti Apa Kekurangan Absen Berbasis Barcode?

 

Jadi, menurut Anda lebih baik yang mana? Mesin absensi kartu atau absensi via aplikasi?

Jika perusahaan Anda skala menengah atau besar, mesin absen via kartu atau ceklok sudah tidak relevan lagi digunakan. Apalagi karyawan yang dimiliki berjumlah banyak, sehingga yang Anda butuhkan bukan lagi mesin absen yang hanya sekadar mencatat kehadiran saja, tapi lebih dari itu. 

Mesin absen yang Anda perlukan sudah harus terintegrasi dengan hal lainnya terkait pengelolaan SDM. Sehingga, aplikasi absen yang terintegrasi sudah jadi sebuah keharusan yang perlu segera diadopsi untuk membantu kompleksitas administrasi perusahaan.

 

Absensi Online
Aplikasi Absen LinovHR

 

Anda bisa memilih aplikasi absen LinovHR untuk karyawan atau ESS sebagai andalan karena fitur-fitur terintegrasi dengan baik dan paling lengkap untuk menunjang kebutuhan mengelola sumber daya manusia.

Terlebih teknologi yang dimiliki LinovHR sudah dapat mendeteksi kecurangan absensi dengan fitur anti fake GPS. Selain itu, aplikasi LinovHR sudah dilengkapi anti root atau jailbreak untuk mendeteksi peluang kecurangan pada ponsel karyawan yang akan digunakan untuk absensi.

Selain membantu karyawan memudahkan dalam absensi, Aplikasi ESS  ini juga sangat membantu karyawan ketika ingin mengupdate data diri, pengajuan cuti, hingga mencetak slip gaji.

 

Tunggu apa lagi, jadwalkan demonya sekarang juga dan dapatkan promo menarik!

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter