kasbon adalah

Pengertian Kasbon dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Selain gaji atau upah, salah satu pertimbangan karyawan dalam memilih perusahaan untuk dijadikannya tempat bekerja yaitu fasilitas yang diberikan.

Pemberian benefit atau fasilitas sendiri merupakan salah satu strategi jitu yang dikeluarkan oleh perusahaan, guna mempertahankan karyawan-karyawan yang memiliki potensi yang baik dan setia.

Dari sekian banyak fasilitas yang umum diberikan oleh perusahaan, salah satu fasilitas yang tidak kalah penting dengan yang lainnya yaitu Kasbon. Istilah ini merujuk pada fasilitas yang diberikan perusahaan kepada karyawannya dalam bentuk pinjaman.

Dalam kesempatan kali ini, LinovHR sudah merangkum beberapa hal penting dan juga manfaat Kasbon untuk perusahaan.

Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Apa Itu Kasbon?

Seperti yang telah disinggung di atas, kasbon adalah sebuah fasilitas pinjaman yang diberikan oleh perusahaan kepada setiap karyawannya.

Cara kerja dari kasbon sendiri yaitu karyawan boleh mengambil sebagian gaji yang ia miliki lebih dulu. Nantinya, uang yang ia ambil tersebut harus dibayarkan atau dipotong sesuai dengan jumlah Kasbon yang tertera, pada akhir bulan saat pembagian gaji tiba.

 

Manfaat Kasbon dalam Perusahaan

Pemberian Kasbon sendiri dapat mendatangkan beragam manfaat baik bagi perusahaan maupun karyawan yang bersangkutan, di antaranya:

 

  1. Bagi Perusahaan

  • Dapat meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Loyalitas yang meningkat, akan mengurangi terjadinya turnover di dalam perusahaan. Tak hanya itu, loyalitas juga berpengaruh dalam kinerja dan produktivitas karyawan.
  • Seperti yang sudah disebutkan di atas, manfaat kasbon yang selanjutnya yaitu meningkatkan dan mendorong produktivitas karyawan. Produktivitas yang meningkat, tentunya akan meningkatkan juga pendapatan dan keuntungan perusahaan.
  • Membangun citra perusahaan agar menjadi lebih positif di mata para karyawan internalnya. Image atau citra positif yang dimiliki perusahaan di mata para karyawannya, tentu akan membangun citra yang baik juga di mata masyarakat luas.

 

  1. Bagi Karyawan

  • Memudahkan karyawan yang membutuhkan dana tambahan atau darurat dalam waktu yang relatif lebih cepat dan persyaratan yang mudah.
  • Karyawan tidak terbebani dengan bunga pinjaman, karena perusahaan tidak memberikan bunga atas kasbon yang mereka berikan kepada karyawannya. Hal ini tentu sangat meringankan beban karyawan dalam melakukan peminjaman.
  • Karyawan tidak perlu khawatir dalam melunasi pinjaman tersebut, sebab kasbon akan dipotong secara otomatis pada saat hari penggajian tiba, di akhir bulan nanti.
  • Keamanan dalam melakukan peminjaman lebih terjamin, karena dana berasal dari perusahaan. Hal ini tentunya akan mengurangi potensi terjadinya penipuan ketika melakukan pinjaman, terutama kepada pihak luar.

 

Baca Juga: Pertimbangan dalam Membuat Program Pinjaman Karyawan

 

Alasan Karyawan Membutuhkan Kasbon

Setiap karyawan yang mengajukan atau membutuhkan kasbon, pastinya memiliki berbagai macam faktor yang melatarbelakanginya. Berikut beberapa alasan umum yang dimiliki karyawan, ketika mengajukan Kasbon kepada perusahaan.

 

  1. Biaya Pendidikan atau Sekolah

Salah satu alasan yang paling umum ditemukan oleh karyawan yang mengajukan Kasbon yaitu untuk keperluan biaya pendidikan anak.

Seperti yang kita ketahui, pendidikan anak sangat penting untuk diberikan. Oleh karena itu, banyak karyawan yang sudah menjadi orang tua, rela melakukan pinjaman termasuk Kasbon, guna menyekolahkan anak-anak mereka.

 

  1. Biaya Pengobatan atau Rumah Sakit

Kesehatan seseorang memang tidak bisa diprediksi secara pasti dan akurat. Tidak jarang orang-orang yang sehat, akan jatuh sakit dalam waktu yang relatif singkat.

Biaya pengobatan atau rumah sakit yang tinggi, biasanya akan membuat karyawan mengajukan pinjaman atau kasbon kepada perusahaan untuk menutupi pembayaran biaya tersebut sementara waktu.

 

  1. Biaya Melahirkan

Alasan ketiga yang sering ditemukan yaitu untuk membayar biaya persalinan untuk dirinya atau istrinya.

Di zaman sekarang ini, biaya persalinan sangat mahal, terlebih jika persalinan dilakukan secara operasi. Meskipun banyak dari karyawan yang sudah mempersiapkan biaya persalinan, namun terkadang ada saja biaya-biaya mendesak lain yang harus dipenuhi.

 

  1. Perbaikan Mobil/Motor

Kendaraan baik itu motor dan mobil, sudah menjadi salah satu kebutuhan yang lumayan penting di zaman sekarang ini. Selain memudahkan karyawan dalam bepergian, kendaraan juga dapat mempercepat waktu yang dibutuhkan karyawan dalam menuju destinasi tertentu.

Sama seperti barang yang lainnya. Kerusakan terhadap kendaraan juga tidak dapat diprediksi, bahkan terjadi secara mendadak.

Perbaikan kendaraan tentunya tidak murah. Maka dari itu, tidak sedikit karyawan yang mengajukan pinjaman kepada perusahaan untuk membayar perbaikan kendaraan yang mereka miliki, terutama ketika rusak secara mendadak.

 

  1. Membayar DP Rumah

Bagi karyawan yang ingin melakukan cicilan atau KPR rumah, tentunya harus membayarkan sejumlah DP atau uang muka terlebih dahulu.

Meski begitu, banyak karyawan yang masih belum sanggup dalam membayarkan DP rumah tersebut. Sehingga banyak yang mengajukan pinjaman kepada perusahaan, agar dapat membayarnya.

 

Aplikasi LinovHR Mempermudah Pengelolaan Kasbon

Kasbon adalah salah satu benefit yang bisa diberikan perusahaan kepada perusahaan untuk karyawan. Dengan adanya kasbon ini, karyawan dapat meminta gaji di muka ketika mereka dalam keadaan terdesak. Dengan begitu, mereka tidak lagi perlu mengandalkan pinjol. 

Namun, ketika perusahaan ingin memberikan kasbon kepada karyawan, perlu ada aturan yang jelas agar tidak ada yang merasa dirugikan. Aturan terkait berapa batas maksimal kasbon bisa diajukan, syarat siapa saja yang bisa mengajukan kasbon, dan bagaimana prosesnya. 

Perusahaan harus dapat membuat aturan tersebut terlebih dulu dengan jelas. Selain itu, perusahaan juga harus mengatur tentang pengelolaan kasbon dengan baik karena hal ini terkait dengan keuangan perusahaan.

 

software hris

 

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Aplikasi Pinjaman Karyawan LinovHR, agar dapat memudahkan Anda dalam melakukan pengaturan dan pengelolaan Kasbon Karyawan.

Aplikasi ini dapat menunjang fasilitas pinjaman yang diberikan perusahaan kepada karyawannya dengan mudah dan praktis.

Tak hanya itu, Aplikasi Pinjaman Karyawan juga dapat membantu manajemen dalam melakukan pengaturan proses Kasbon secara sistematis, mulai dari permintaan hingga pelunasan Kasbon.

Dengan begitu, pengaturan Kasbon perusahaan dapat dilakukan secara transparan dan efektif.

Penasaran dengan manfaat lainnya?

Segera ajukan demo untuk mendapat penjelasan lebih lanjut!