Merit Increase

Ketentuan Merit Increase untuk Karyawan

Ketika seorang karyawan memiliki prestasi dan kemampuan yang baik pada pekerjaannya, maka seorang karyawan berhak mendapatkan kenaikan gaji berdasarkan hasil kinerja mereka di perusahaan. Namun, hal tersebut juga tergantung dari peraturan perusahaan masing-masing.

Pemberian kenaikan itu di dalam dunia HR dikenal dengan merit increase. Secara sederhana, merit increase adalah bentuk penghargaan perusahaan kepada karyawan profesional dan berkinerja tinggi. Bentuknya pun tidak melulu kenaikan gaji tapi bisa juga kenaikan jabatan.

Agar Anda bisa lebih memahami mengenai istilah satu ini, mari simak artikel LinovHR berikut ini!

 

Apa Itu Merit Increase?

Merit Increase adalah kenaikan gaji yang diberikan perusahaan kepada karyawan berdasarkan prestasi, kinerja karyawan, atau juga keterampilan mereka. Tujuan dari hal ini adalah untuk mendorong karyawan berprestasi terus bekerja di perusahaan dalam waktu yang lama.

Jika dapat diterapkan dengan baik, metode ini dapat digunakan oleh perusahaan sebagai alat manajemen retensi, produktivitas, dan kinerja.

Namun, tidak semua karyawan bisa mendapatkan merit increase. Hanya karyawan yang berprestasi saja yang bisa mendapatkannya.

Hal tersebut juga bisa membuat besaran gaji yang diberikan setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan menjadi berbeda-beda. Gaji pada level junior staff bisa saja lebih besar daripada level senior karena prestasinya di perusahaan.

 

Ketentuan Merit Increase yang Bisa Diterima Karyawan

Salah satu cara umum yang digunakan dalam merit increase adalah dengan memberikan kenaikan gaji karyawan secara bertahap sesuai dengan kinerja. Dengan karyawan yang berkinerja terbaik akan mendapatkan persentase kenaikan tertinggi. Namun, berapakah standar kenaikannya?

Standar kenaikannya sendiri biasanya mencapai 3% – 4% dari gaji saat ini. Ini juga tergantung pada nilai kinerja karyawan di perusahaan. Seorang karyawan bisa saja mendapatkan kenaikan dengan persenan yang lebih tinggi apabila kinerja mereka mendapatkan ranking pertama.

Oleh sebab itu, pada saat wawancara kerja, Anda dapat bertanya secara khusus tentang bagaimana perusahaan menangani kenaikan gaji tahunan. Apakah perusahaan tersebut menawarkan merit increase kepada karyawan berkinerja tinggi atau tidak.

 

Perbedaan Merit Increase dengan Kenaikan Gaji Tahunan

Biasanya, suatu perusahaan akan menawarkan kenaikan gaji pada seluruh karyawan satu tahun sekali atau dua kali dalam setahun. Kenaikan gaji ini dilakukan untuk memastikan bahwa karyawan memiliki gaji kompetitif dan selaras dengan kebutuhan hidup sehari-hari.

Dalam menetapkan kenaikan gaji tahunan, perusahaan tidak melihat seperti apa kinerja karyawan. Inilah hal yang membedakannya dengan merit increase yang memerhatikan metrik kinerja dan produktivitas karyawan.

Biasanya kenaikan merit increase ini diberikan kepada karyawan profesional di posisi vital perusahaan.

 

Baca Juga: Seperti Apa Aturan Kenaikan Gaji Berkala Karyawan?

 

Mengapa Memberi Merit Increase Sangat Penting?

Perusahaan yang memberikan merit increase kepada karyawan bertujuan untuk menghargai dedikasi dan kinerja para karyawan yang berprestasi.

Hal ini juga akan mendorong karyawan untuk meningkatkan kualitas kinerja mereka yang sekaligus akan berdampak langsung pada produktivitas perusahaan.

Pada intinya, perusahaan yang memberikan merit increase dapat membangun budaya kerja yang sehat dan produktif, dan selalu berorientasi pada tujuan dan pencapaian bisnis itu sendiri. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan profitabilitasnya.

Selain  itu, cara ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat retensi karyawan dan membangun loyalitas dengan memberi penghargaan kepada orang atas kerja keras mereka.

 

Cara HR dalam Memberikan Merit Increase untuk Karyawan

Seorang HR dapat memberikan merit increase kepada karyawan dengan menggunakan beberapa pedoman sebagai berikut:

  • Melihat beberapa faktor penentu pemberian kenaikan gaji. Dengan begitu, perusahaan dapat menentukan faktor apa saja yang bisa menjadi acuan untuk kenaikan gaji karyawan. Hal tersebut bertujuan agar pemberian kenaikan gaji bisa tepat sasaran.
  • Tentukan persyaratan untuk mengidentifikasi posisi atau departemen mana yang vital bagi kesuksesan bisnis perusahaan.
  • Tentukan kriteria prestasi karyawan. Kriteria apa saja yang bisa membuat karyawan mendapatkan kenaikan gaji. Buatlah kriteria tersebut dengan serealistis mungkin agar karyawan termotivasi untuk mendapatkannya.
  • Tawarkan merit increase pada setiap periode tertentu. Dengan begitu, seorang praktisi HR dapat memberikan kenaikan gaji setiap kali ada karyawan yang berprestasi di perusahaan.

 

Atur Merit Increase Karyawan dengan Software Payroll LinovHR

Memberikan kenaikan gaji kepada karyawan menjadi salah satu cara perusahaan menghargai kerja keras karyawan dan juga memastikan bahwa gaji mereka tetap kompetitif di pasar tenaga kerja.

Oleh sebab itu, ketika karyawan berencana untuk menaikan gaji karyawan karena prestasinya, pastikan perusahaan memasukkan metrik kinerja ke dalam komponen perhitungan gaji.

Perkara menghitung kenaikan gaji ini tentu bukanlah hal sederhana, jika dihitung secara manual prosesnya akan memakan waktu yang lama dan human error tidak bisa dihindari.

Maka dari itu, bila perusahaan masih menggunakan cara-cara manual dalam menghitung kenaikan gaji, ada baiknya sekarang mulai beralih menggunakan software payroll.

 

payroll

 

Software payroll seperti LinovHR bisa menjadi andalan perusahaan untuk menghitung segala macam bonus karyawan.

Di dalam aplikasi payroll LinovHR terdapat fitur-fitur pendukung yang memudahkan HR dalam memproses penggajian karyawan. Seperti fitur Payroll Component yang dapat digunakan untuk mengelola dan mengelompokkan apa saja komponen dalam perhitungan gaji. 

Lalu ada juga fitur Account Code yang bisa mempermudah HR untuk penggolongan kode akuntansi dalam penggajian.

Selain itu, software Payroll LinovHR juga bisa mengatur siapa saja karyawan yang mendapatkan bonus dengan fitur Payroll Group, fitur ini memudahkan HR melakukan pengelompokkan payroll.

Setelah menggunakan software Payroll LinovHR, Anda tidak lagi perlu repot membuat slip gaji secara manual karena telah tersedia fitur Salary Slip yang dapat membuat laporan slip gaji karyawan secara otomatis dan lain-lain.

Segala kemudahan tentang perhitungan gaji karyawan bisa didapatkan dengan Software Payroll LinovHR. Dapatkan softwarenya sekarang untuk perhitungan gaji yang lebih baik di perusahaan Anda!