Mengulik Kelas Virtual: Pengertian, Manfaat dan Cara Penerapan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Mengulik Kelas Virtual: Pengertian, Manfaat dan Cara Penerapan
Isi Artikel

Di era serba digital seperti sekarang, kehadiran kelas virtual bukan lagi hal yang asing. Mulai dari kursus hingga program training karyawan, banyak kegiatan belajar mengajar yang memakai sistem kelas di atas guna mempermudah akses dan jangkauan ke banyak peserta.

Selain keunggulan di atas, ternyata masih memiliki sederet manfaat lain. Apa saja? Simak pembahasannya di artikel LinovHR berikut ini.

Pengertian Kelas Virtual

Singkatnya, kelas virtual adalah lingkungan belajar mengajar secara online berbasis website atau aplikasi online conference. Di kelas ini, pengajar dan murid bisa saling berinteraksi dengan menyampaikan materi, mengajukan dan menjawab pertanyaan, serta berdiskusi.

Oleh karena sifatnya yang berbasis daring, kelas ini sangat bergantung pada jaringan internet. Kelas virtual menjadi sangat populer ketika pandemi Covid-19 melanda dunia pada tahun 2020 lalu.

Aturan social distancing yang ditetapkan pemerintah mengubah sistem belajar mengajar yang awalnya luring menjadi daring.

Sampai sekarang, sistem kelas satu ini masih banyak digandrungi karena ternyata memiliki banyak keunggulan dibanding kelas biasa.

Manfaat Penerapan Kelas Virtual

Apa saja manfaat penerapan kelas virtual yang bisa diperoleh lembaga pendidikan atau pelatihan?

1. Lebih Fleksibel dan Aksesibel

Oleh karena berbasis daring, kelas online lebih fleksibel untuk diikuti peserta yang di manapun dan kapanpun, baik dari dalam maupun luar daerah. Dengan begitu, kelas yang diadakan bisa menjangkau lebih banyak peserta.

2. Meningkatkan Self-Development

Sistem kelas online membuat para siswa tidak bisa melakukan kegiatan belajar kelompok secara efektif karena keterbatasan jarak.

Meski begitu, hal ini memberi pengaruh baik terhadap perkembangan diri siswa karena akan memacu mereka untuk belajar secara mandiri tanpa bantuan siapapun.

3. Menghemat Biaya

Sistem kelas online bisa menghemat biaya pendidikan secara signifikan.

Peserta tidak harus mengeluarkan uang untuk ongkos transportasi, bahan bakar, maupun biaya makan karena mereka bahkan tidak perlu meninggalkan rumah untuk belajar. Mereka hanya perlu memiliki device memadai dan jaringan internet yang bagus.

Baca Juga: Metode Pelatihan Online vs Offline, Mana yang Terbaik?

Cara Penerapan Kelas Virtual

Ingin membuat kelas virtual untuk kegiatan belajar mengajar? Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menerapkan sistem kelas ini.

1. Siapkan Internet dan Peralatan yang Memadai

Lancar atau tidaknya kelas online sangat bergantung pada jaringan internet dan kualitas device seperti laptop atau komputer. Pastikan bahwa perlengkapan yang Anda miliki sudah siap dan berfungsi dengan baik.

2. Rencanakan Kelas

Kemudian, susun rencana dengan cermat. Keberhasilan kelas terletak pada seberapa baiknya rencana yang Anda susun.

Topik apa yang ingin dibahas? Tools dan multimedia apa yang ingin Anda gunakan? Bagaimana cara membuat siswa tetap aktif dan terlibat? Metode pelatihan seperti apa yang Anda pakai untuk membawakan materi?

Buat rencana sebaik mungkin dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan penting seperti di atas. Jangan lupa juga untuk membuat rencana cadangan jika terjadi hal tak diinginkan, seperti kesalahan teknis.

3. Membiasakan Diri dengan Tools

Kelas virtual biasa menggunakan tools seperti Zoom, Google Meet, LMS, dan semacamnya. Pilihlah sesuai aksesibilitas dan kebutuhan Anda serta peserta. Biasakan diri dan pelajari fitur-fiturnya terlebih dahulu supaya Anda tidak mengalami kendala saat kelas berlangsung.

4. Pilih Tanggal dan Waktu serta Kirim Undangan

Selanjutnya, pilih tanggal dan waktu kapan kelas akan diadakan. Dalam membuat keputusan, pertimbangkan zona waktu para peserta Anda. Apa perbedaan waktunya signifikan? Hal ini perlu diperhatikan terutama jika Anda mengajar secara internasional.

Lalu, kirim undangan kepada para peserta. Lampirkan semua informasi yang dibutuhkan, seperti tanggal, waktu, dan platform yang dipakai. Sertakan juga link ke perangkat lunak konferensi video sehingga peserta dapat dengan mudah bergabung ke kelas.

5. Lakukan Pengujian

Sebelum benar-benar menyelenggarakan kelas, uji terlebih dulu segala persiapan yang telah Anda lakukan.

Apakah invitation telah terkirim ke email seluruh peserta? Apakah tautan kelas bisa diakses? Apakah koneksi internet Anda berfungsi dengan baik? Apakah mikrofon dan video Anda bisa digunakan?

Tujuannya untuk menghindari masalah yang bisa menghambat kegiatan belajar mengajar. Setelahnya, baru Anda bisa melaksanakan kelas sesuai jadwal yang disepakati.

Kesimpulan

Kelas virtual merupakan solusi jitu bagi Anda yang ingin mengadakan training maupun kursus dengan biaya yang lebih murah dan jangkauan peserta yang lebih luas.

Sifatnya yang fleksibel juga membuat kegiatan belajar mengajar lebih mudah karena dapat dilakukan lewat mana saja.

Namun, untuk memastikan kelas bisa berjalan dengan baik, Anda harus memiliki device dan jaringan yang baik, menguasai fitur-fitur pada platform dan tools yang dipakai.

Atur Kelas Pelatihan Karyawan dengan E-Learning LinovHR

Learning Management System

Kelas virtual juga bisa menjadi solusi bagi perusahaan untuk melakukan pelatihan karyawan. Apalagi sekarang untuk melakukannya bisa lebih mudah karena sudah ada Learning Management System LinovHR yang telah dilengkapi dengan fitur E-learning.

Dengan fitur E-learning ini, karyawan bisa mengakses materi pelatihan melalui ESS di perangkat mobile maupun web.

Selain itu, LMS LinovHR pun memudahkan perusahaan dalam melakukan pemantauan progres pelatihan yang sedang dijalankan oleh karyawan.

Setelah berhasil menyelesaikan pelatihan, para peserta pun bisa secara langsung mendapatkan sertifikat pelatihan yang bisa di-generate langsung oleh sistem.

Dengan LMS LinovHR, pelatihan karyawan bisa lebih efektif dan efisien. Sehingga peningkatan skill dan kompetensi karyawan bisa dilakukan dengan optimal.

Ayo, cari tahu lebih dalam dengan mengajukan demo secara gratis sekarang juga!

Tentang Penulis

Picture of Amanda Alodyasari
Amanda Alodyasari

Content writing enthusiast. Lulusan sejarah dari Universitas Diponegoro. Hobi membaca dan menulis terkait dunia kerja, HR dan teknologi

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Amanda Alodyasari
Amanda Alodyasari

Content writing enthusiast. Lulusan sejarah dari Universitas Diponegoro. Hobi membaca dan menulis terkait dunia kerja, HR dan teknologi

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter