Leave Management System

Mudahnya Kelola Cuti Menggunakan Leave Management System

Setiap perusahaan wajib memberikan hak pegawai sesuai ketentuan yang berlaku, contohnya adalah cuti. Perusahaan dapat mengelola cuti karyawan dengan berbagai cara. Kini, banyak perusahaan  mulai menggunakan leave management system

Apa yang dimaksud dengan istilah leave management system? Berikut ulasannya! 

mobile ess

 

Apa itu leave management system?

Leave management system adalah sebuah sistem pengelolaan cuti atau libur karyawan yang digunakan oleh bagian personalia perusahaan (Human Resources Department). Seperti diketahui, cuti merupakan salah satu cara ampuh perusahaan untuk mengembalikan produktivitas karyawan yang merasa jenuh dalam bekerja.

Namun, melakukan manajemen cuti amatlah kompleks. Terdapat banyak dokumen yang harus dikelola. Dikhawatirkan, dokumen-dokumen penting karyawan dapat tercecer dan hilang. Ditambah lagi jumlah karyawan yang cukup banyak dalam perusahaan. 

Berkat perkembangan teknologi, sistem manajemen cuti atau leave management system mulai banyak dikembangkan. Dengan menggunakan sistem, karyawan dapat mengajukan libur kepada perusahaan lebih praktis. Lalu, HRD akan menyetujui pengajuan tersebut sesuai ketentuan organisasi lebih cepat tanpa antrian approval yang terlalu lama.

 

Baca Juga: Attendance Management Software untuk Pengelolaan Kehadiran

 

Mengapa Perusahaan Harus Menggunakan Leave Management System?

Perusahaan Anda perlu menggunak leave management system sesegera mungkin karena memiliki sejumlah keuntungan. Adapun keuntungan dari LMS adalah sebagai berikut.

 

1. Mudah Digunakan

Sistem tata kelola cuti yang dikembangkan dengan baik dan memiliki tampilan yang ramah pengguna, tentu bakal mudah  untuk digunakan oleh HRD. Tak  hanya itu, karyawan pun dapat mengakses sistem tersebut secara online dengan aplikasi yang telah terintegrasi.

Jadi, karyawan dapat melihat sisa libur kapan pun dan di mana pun. Selain itu, para pegawai juga bisa melakukan pengajuan cuti dengan aplikasi terkait. Lalu, manajemen perusahaan bakal menerima ajuan cuti dan memberikan persetujuan atas ketentuan tersebut.

 

2. Menyederhanakan Administrasi

Pemberlakuan leave management system akan sangat menyederhanakan proses administrasi perusahaan Anda. Segala rentetan dokumentasi yang rumit dan kompleks bakal teratasi dengan sistem pengelolaan libur ini.

Sebelum menggunakan LMS, HRD  pasti memiliki banyak spreadsheet manajemen cuti yang berantakan. Namun, dengan leave management system, seluruh dokumen tersebut akan terkelola dalam satu sistem online.

 

3. Transparan

Guna membangun budaya kerja yang sehat, perlu adanya transparansi. Hal tersebut termasuk dalam pengelolaan libur. Melalui aplikasi LMS, karyawan dapat melihat secara langsung dan transparan soal kuota cuti, periode cuti, dan siapa saja yang berhak memperoleh cuti tertentu.

 

Baca juga: Hendak Ajukan Cuti Besar? Perhatikan Aturan Berikut Ini! 

 

4. Cepat dan Akurat

Setiap ada perubahan soal cuti, akan langsung terbarukan dalam sistem secara real-time. Sehingga segala kesalahan dan kekeliruan informasi dapat lebih diminimalisir. Dengan demikian, pengelolaan libur dapat terkelola dengan lebih optimal.

 

“Kelola manajemen cuti dengan leave management system dari LinovHR. Dengan LinovHR, segala urusan penyelenggaran libur karyawan akan terkelola dengan cepat dan akurat”

 

5. Meningkatkan Disiplin 

Seperti diketahui, penerapan leave management system adalah untuk mengikuti aturan Undang-Undang Ketenagakerjaan soal adanya cuti karyawan. Bila tidak diatur dengan sedemikian rupa, dikhawatirkan ada karyawan yang melakukan libur melebihi aturan yang ditentukan.

 

6. Lebih Hemat Anggaran

Implementasi sistem akan mendukung penyelenggaraan cuti karyawan akan beralih pada sistem online. Artinya, segala administrasi yang bergantung dokumen kertas akan berkurang. Dengan berkurangnya penggunaan kertas, tentu anggaran perusahaan untuk pengadaan barang tersebut bakal terminimalisir serta mendukung lingkungan kantor yang lebih ramah lingkungan.

 

Optimalisasi Pengelolaan Manajemen Cuti Karyawan dengan Leave Management System dari LinovHR

Salah satu vendor penyedia leave management system adalah LinovHR. Dengan menggunakan fitur LMS dari LinovHR, Anda dapat mengelola segala kebutuhan pengaturan cuti karyawan dalam satu sistem terintegrasi.

Segala perubahan data yang dilakukan oleh admin akan langsung terupdate dalam sistem secara real-time. Anda pun tak perlu khawatir  atas adanya kebocoran data. LinovHR menjaga seluruh data penting perusahaan Anda dalam sistem yang aman.

Software LinovHR juga memiliki tampilan yang ramah pengguna. Artinya, Anda tidak memerlukan keahlian khusus untuk mengoperasikan sistem ini. Seluruh HRD di perusahaan Anda dapat mengandalkan leave management system untuk mewujudkan pengelolaan cuti yang akurat, mudah, dan praktis.

Untuk merasakan kemudahan leave management system, Anda dapat berlangganan modul Time Management dari LinovHR. Tertarik untuk tahu lebih lanjut? Segera hubungi tim kami sekarang juga melalui tautan berikut!

LinovHR.com/Contact-Us/