attendance management software

Mengelola Kehadiran Karyawan Menggunakan Attendance Management Software

Kehadiran karyawan adalah indikator untuk mengetahui apakah seorang karyawan memiliki dedikasi atas pekerjaannya atau tidak. Gaji karyawan pun ditentukan dari jumlah kehadirannya di kantor. Jumlah karyawan yang dimiliki suatu perusahaan sangat banyak. Tidak mungkin divisi HRD dalam perusahaan bertahan dengan sistem pencatatan kehadiran manual untuk mengelola kehadiran karyawan yang sangat banyak. Kini, pengelolaan data kehadiran karyawan mulai bergeser ke arah yang lebih inovatif menggunakan attendance management software.

 

Apa itu Attendance Management Software?

Attendance management software adalah sebuah perangkat lunak khusus untuk mencatat, menyimpan, dan mengelola data kehadiran karyawan. Perusahaan tidak lagi membutuhkan tumpukkan kertas dan atau mesin finger print untuk menggunakan attendance management. Data kehadiran yang masuk akan diproses kemudian dapat direkapitulasi menjadi sebuah laporan, yang nantinya akan diintegrasikan dengan berbagai proses lain dalam HRD seperti payroll, pengajuan cuti, dan lainnya. 

Data kehadiran karyawan juga sangat berguna untuk HRD dalam pengambilan keputusan. Misalkan ada karyawan yang terlihat selalu datang tepat waktu, tetapi kinerjanya belakangan menurun. Pihak HRD akan mencari tahu mengapa kinerja karyawan tersebut menurun dan cara untuk menyiasati penurunan kinerja tersebut. Pengambilan keputusan yang tepat dan baik berlandaskan kepada informasi dan data yang akurat. Oleh karena itu, sistem dalam attendance management software dengan sedemikian rupa mengolah seluruh data dan informasi secara terpusat dan otomatis menjadi informasi yang berkualitas dan tak perlu diragukan reabilitasnya.  

 

Manfaat Attendance Management Software

Penggunaan attendance management akan membawa perubahan besar bagi HRD dan perusahaan secara keseluruhan. Mengapa demikian? Karyawan sebagai harta perusahaan yang berharga sangat besar keberadaan dan peranannya dalam perusahaan untuk bersama-sama menjalankan operasional. Tanpa kedisiplinan karyawan untuk datang tepat waktu, perusahaan tidak mampu menjalankan operasional dengan lancar. Apa saja manfaat attendance management software untuk perusahaan? 

 

Mudah Mengawasi Kinerja Secara Real Time

Mencatat data kehadiran karyawan secara manual sangat tidak efektif dan menyita waktu. Data yang masuk dan tercatat dalam cara manual tidak dapat dipercaya 100% karena berbagai kemungkinan kecurangan dan manipulasi data saat karyawan melakukan pencatatan di atas kertas. Attendance management bisa membantu perusahaan mengatasi permasalahan ini.

 

Baca Juga: Mengenal Fitur Attendance Management Software

 

Proses pengumpulan data kehadiran karyawan dengan attendance management bisa dilakukan secara otomatis dan mudah. Hal tersebut membuat HRD lebih mudah mengawasi data kehadiran yang masuk secara real time saat itu juga. Kedisiplinan karyawan untuk datang tepat waktu dapat terlihat jelas dan memudahkan HRD dalam mengawasi dan menilai kinerja karyawan. Tak hanya itu, tampilan antarmuka pada software juga memiliki desain yang sangat user friendly sehingga HRD tidak membutuhkan waktu lama dalam mempelajari cara penggunaan software

 

Integrasi Sistem

Data kehadiran karyawan digunakan dalam berbagai keperluan HRD seperti payroll, penilaian kinerja, pengajuan cuti, dan lain-lain. Jika pencatatan dilakukan dengan cara manual, tentu akan sangat merepotkan karena HRD harus memasukkan data kehadiran satu-satu kedalam sistem lain untuk berbagai keperluan. Cara manual dapat memungkinkan munculnya  human error dan mengakibatkan kesalahan dalam proses administrasi. 

Itulah sebabnya mengapa sistem dalam attendance management dirancang terintegrasi secara online dan memungkinkan HRD untuk mengintegrasikan data kehadiran karyawan dengan payroll, penilaian kinerja, dan lainnya. Sistem online yang terintegrasi ini juga akan memudahkan karyawan untuk mengajukan dan mendapat persetujuan dalam mengajukan cuti atau lembur. Jadi, karyawan sudah tidak perlu untuk membuat berbagai macam surat pengajuan yang berbelit. 

 

Baca Juga: Mudah Mengajukan dan Mengelola Cuti Online dengan Software HRD

 

Fleksibel

Ada masanya ketika HRD memerlukan data kehadiran karyawan saat HRD berada diluar kantor. Sistem yang terintegrasi secara online dan dukungan cloud based server membuat HRD fleksibel untuk mengakses data kehadiran karyawan dimana dan kapan saja melalui perangkat apa pun selama masih terkoneksi dengan internet. Pemilik perusahaan pun juga memiliki akses untuk melihat perkembangan kinerja karyawannya sehari-hari. Dengan demikian, kebutuhan akan data yang akurat mengenai kehadiran dapat terpenuhi walau HRD dan pemilik perusahaan berada di luar kantor sekali pun. 

Beberapa manfaat software pencatat kehadiran karyawan dapat membantu HRD dan perusahaan mengelola kehadiran karyawan yang berguna untuk meningkatkan kinerja karyawan. Perusahaan yang mengelola karyawannya dengan baik akan mendapatkan kepercayaan dari karyawan. Sehingga kinerja karyawan dapat lebih produktif dan berkualitas. LinovHR berpengalaman dalam membantu banyak perusahaan dalam mengelola kehadiran karyawan dengan attendance management software. Ingin mendapatkan attendance management software terbaik? Hubungi LinovHR dan dapatkan penawaran uji coba gratis!