percaya diri

7 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Tempat Kerja

Percaya diri merupakan suatu hal mutlak yang harus dibawa dalam tempat kerja. Kepercayaan diri sendiri adalah kemampuan individu untuk menilai dan menggunakan sepenuhnya potensi yang ada dalam kehidupan sehari-hari terhadap tantangan yang ada. Sayangnya, tidak semua karyawan merasa percaya terhadap kemampuan diri di tempat kerja mereka, terutama bagi karyawan baru.  Jika terus dibiarkan, rasa percaya diri yang rendah akan menghambat karir dan produktivitas seorang karyawan. Kok bisa, ya? 

 

Misalkan seorang karyawan dipercaya untuk mengemban tanggung jawab baru yang tidak pernah ia terima sebelumnya. Adalah hal normal ketika semua orang merasa canggung dan belum mahir sepenuhnya untuk pertama kali. Namun, karyawan tersebut terus-terusan merasa minder dan takut berbuat salah karena merasa tidak percaya terhadap dirinya sendiri. Rasa khawatir dan tidak percaya akan mendominasi dan membuat kinerja menjadi kurang maksimal. Bayangkan bila rasa tidak percaya itu terus bertahan dalam diri seorang karyawan dan mempengaruhi penilaian kinerja karyawan.  Tentu pada akhirnya akan merugikan diri sendiri, bukan? 

 

Anda pernah mengalami kejadian di atas? Jangan khawatir, berikut LinovHR memberikan kiat singkat cara meningkatkan rasa percaya diri di tempat kerja! 

 

Memahami Kelebihan Diri Sendiri

Semua orang pastinya memiliki kelebihan unik pada dirinya masing-masing yang  menjadi potensi dan keuntungan besar saat karyawan mampu memahami dan mengembangkan kelebihan diri sendiri. Disaat kelebihan yang unik menjadi dominan pada diri karyawan, semua orang disekitarnya akan lebih respect dan percaya kepada karyawan karena kelebihan tersebut. Kelebihan pada diri karyawan juga akan membantu dalam self branding demi karir yang jauh lebih gemilang. 

 

Berdamai dengan Kekurangan

Di samping kelebihan, pasti ada kekurangan yang selalu mengikutinya dalam kepribadian seseorang. Tidak perlu malu dengan kekurangan diri sendiri. Pahamilah terlebih dahulu kekurangan apa yang ada, kemudian terimalah dan berdamai dengan kekurangan tersebut. Berdamai dengan kekurangan bukan berarti membiarkan kekurangan begitu saja tanpa ada usaha. Yang dimaksud berdamai dengan kekurangan adalah menerima bahwa kekurangan tersebut merupakan bagian dari diri Anda dan bertekad untuk memperbaiki atau mengurangi kekurangan diri secara kontinu sepanjang hidup. 

 

Baca Juga: Pentingnya Program Pengembangan Karir untuk Karyawan

 

Kenakan Pakaian yang Menarik dan Nyaman

Ada pepatah yang mengatakan bahwa pakaian mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Meskipun tidak langsung terkait dengan kemampuan, pakaian yang menarik akan mempengaruhi citra diri seseorang di depan publik. Bahkan pengaruh pakaian terhadap diri juga dibahas khusus dalam buku You Are What You Wear: What Your Clothes Reveal About You karya Jennifer Baumgartner. 

 

Tidak perlu selalu mengenakan pakaian yang mahal dari merk terkenal. Cukup kenakan pakaian menarik yang menurut Anda nyaman dan mencerminkan kepribadian. Di saat Anda mengenakan pakaian yang profesional dan rapi di tempat kerja, orang akan menilai Anda kompeten dan memiliki citra diri yang baik. 

 

Berbicara Secara Positif

Untuk berbicara dengan positif, pikirkan tentang bagaimana Anda akan membujuk atau memotivasi orang lain. Bicara positif bukan berarti selalu berbicara dengan mengabaikan kondisi di sekitar. Idealnya, pembicaraan yang positif mengandung sudut pandang yang masuk akal sesuai logika namun dapat membangun di tengah situasi sulit sekali pun. Berbicara secara positif mampu mengubah kebiasaan, kepercayaan, dan menjadi lebih bahagia.

 

Rajin Mengevaluasi Mandiri

Evaluasi adalah kunci bagi pengembangan berkelanjutan dalam aspek apapun. Anda dapat memulai evaluasi mandiri sederhana dengan secarik kertas. Coba tuliskan bagaimana kinerja dan pencapaian Anda selama 1 bulan. Lalu, bandingkan dengan kinerja atau pencapaian Anda  pada bulan lalu. Aspek mana saja yang mengalami penurunan dan kenaikan? Jika sudah dibandingkan, Anda dapat mencari solusi atas hasil evaluasi mandiri. Anda juga dapat meminta bantuan rekan kerja yang sering berinteraksi untuk menilai seberapa jauh kinerja dan pencapaian diri.  

 

Baca Juga: Ingin Naik Jabatan? Kenali Dulu Assessment Karyawan!

 

Menantang Diri Sendiri Secara Bertahap

Menantang diri adalah cara efektif bagi Anda yang ingin meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri. Lakukan semua secara bertahap dengan tekad yang kuat. Saat Anda berhasil melalui tantangan yang terasa sulit, Anda telah berhasil menguasai hal baru dan menambah rasa percaya kepada kemampuan diri sendiri. Ingat, tidak ada sesuatu yang instan di dunia ini kecuali mie instan. Jadi dalam proses menantang diri, Anda harus bersabar dengan waktu terutama mengalami kegagalan dalam prosesnya. 

 

Mencari Support System

Dukungan dari orang lain dapat membantu karyawan memahami diri sendiri. Oleh karena itu, carilah support system yang terdiri dari orang-orang yang Anda hormati di tempat kerja. Dukungan dan masukan yang membangun akan membuat karyawan mengenali bakat terpendam yang tidak tergali sebelumnya. Anda pun semakin termotivasi untuk bekerja lebih giat dan mengembangkan kemampuan diri bersama support system yang kompak dan solid. 

 

Sekian pembahasan cara meningkatkan rasa percaya diri di tempat kerja. Untuk memperoleh rasa percaya dari orang lain dalam konteks pekerjaan, Anda harus mempercayai diri sendiri terlebih dahulu. Hasil kinerja berdasarkan rasa percaya diri yang tinggi akan maksimal diikuti kemampuan yang berkualitas. Jika bukan Anda yang memulai untuk percaya diri, siapa lagi?