bosan kerja

Mulai Bosan Bekerja? Atasi Dengan 7 Tips Sederhana ini!

Merasa bosan pada pekerjaan dapat berupa perasaan sementara bahkan bagi beberapa orang tidak akan bisa hilang sampai pindah ke posisi pekerjaan yang baru. Biasanya, bosan kerja adalah perasaan umum yang sering muncul di tempat kerja yang biasanya diawali karena minimnya minat pada bidang pekerjaan tersebut sehingga akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi.

Ketika Anda mulai bosan di tempat kerja, jangan pernah merasa sendirian karena perasaan seperti itu juga pernah dialami oleh sebagian besar karyawan di tempat kerja. 

Coba beberapa tips berikut ini untuk mengatasi rasa bosan Anda di tempat kerja agar bisa semangat kembali dalam bekerja.

 

1. Ubah Lingkungan Kerja Anda

Ternyata, rasa bosan kerja juga bisa dipicu oleh lingkungan di tempat Anda bekerja. Jika ini juga terjadi pada Anda, ada baiknya Anda melakukan perubahan pada lingkungan kerja Anda. Pindah posisi meja, berikan sentuhan benda hidup seperti tanaman hias atau aquarium. Anda juga bisa menambahkan aksen warna-warni di sudut ruangan (warna merah, biru, orange, kuning, atau hijau) karena warna-warna cerah tersebut dapat membangkitkan perasaan bahagia. 

 

2. Ambil Cuti untuk Liburan

Percaya atau tidak, liburan adalah salah satu kegiatan untuk menyegarkan kembali mood Anda setelah sibuk dengan pekerjaan yang menumpuk dan seolah tidak ada habisnya. 

Mengambil jatah cuti Anda untuk liburan bersama teman atau keluarga adalah cara terbaik untuk menghilangkan rasa bosan dengan pekerjaan. Ketika liburan Anda berakhir, mood dan suasana hati Anda telah kembali membaik sehingga Anda dapat bekerja dengan optimal.

 

Baca Juga : Banyak Cuti Produktifitas Menjadi Meningkat ?

 

3. Curhat dengan Teman Kerja

Terkadang, rasa bosan dalam bekerja bisa terjadi karena Anda memiliki masalah di luar pekerjaan yang mengganggu Anda. Cobalah menemukan teman kerja sebagai tempat curhat yang dapat dipercaya. Siapa tahu teman kerja tersebut dapat memberikan solusi sehingga masalah yang Anda hadapi saat ini bisa segera berlalu. 

 

4. Lakukan Hal yang Menyenangkan Saat Bekerja

Ketika rasa bosan atau jenuh dengan pekerjaan kembali datang, coba lakukan hal yang menurut anda menyenangkan saat bekerja, Seperti mendengarkan musik, atau mengemil saat bekerja. Bahkan jika pekerjaan anda sedang santai anda bisa bermain game atau menonton film favorit meskipun hanya sebentar, intinya adalah buat senyaman mungkin ketika anda bekerja agar pekerjaan tersebut tidak menjadi membosankan.

 

Baca Juga : Tips agar Nyaman Saat Lembur Bekerja

 

5. Ingat Tujuan Anda Bekerja

Coba anda ingat-ingat kembali apa tujuan anda bekerja, apakah itu untuk keluarga ?, untuk menikah?, untuk membahagiakan orang tua ? atau untuk hal lain yang sangat berarti untuk anda. Dengan mengingat kembali tujuan anda bekerja akan membantu menumbuhkan motivasi serta rasa semangat kembali dalam bekerja dan tentu saja menghilangkan rasa jenuh dengan pekerjaan tersebut.

 

6. Berpikir Positif

Berpikir positif bisa menjadi cara mengatasi bosan di tempat kerja terbaik. Perasaan tidak nyaman lagi bekerja di kantor, bukanlah alasan terbaik Anda untuk mengajukan resign. 

Terlalu cepat mengambil keputusan tanpa pertimbangan yang matang bukanlah hal yang baik, berpikirlah positif sebelum melakukannya. Di luar sana, masih banyak pengangguran yang sangat menginginkan posisi Anda sekarang di tempat kerja. 

 

7. Coba Pikirkan, Apa Sebenarnya Makna dari Pekerjaan Anda Sekarang?

Anda juga dapat menanyakan pada diri Anda sendiri, apa manfaat yang telah Anda dapatkan dari pekerjaan Anda? Mengapa manfaat itu bernilai bagi Anda sehingga Anda masih melakukannya sampai sekarang?

Saat beberapa pertanyaan di atas memberikan jawaban positif bagi Anda, secara perlahan, keterlibatan Anda dalam pekerjaan yang bermakna bagi Anda tersebut akan meningkat secara otomatis sehingga menghilangkan rasa bosan Anda dalam bekerja. 

 

Baca Juga: Tips Mengembalikan Semangat Kerja Pasca Demosi

 

Sebagai manusia, rasa bosan pada pekerjaan bisa saja muncul sewaktu-waktu tanpa Anda sadari. Jika hal itu terjadi, pastikan Anda melakukan 7 tips cara mengatasi bosan di tempat kerja, dan tinjau ulang, apa sebenarnya yang membuat Anda merasa jenuh atau bosan pada pekerjaan Anda sekarang. Jika sudah menemukan akar masalahnya, selesaikan dengan cepat agar Anda bisa bekerja kembali dengan semangat baru dan hasil kerja yang lebih optimal.