kepuasan karyawan

Cara Tingkatkan Kepuasan Karyawan dengan Software HR

Karyawan adalah komponen penting bagi keberlangsungan perusahaan. Oleh karenanya perusahaan selalu berusaha semaksimal mungkin dalam mengelola karyawan. Oleh karena itu kepuasan seorang karyawan atas perusahaan pun memainkan peranan penting bagi perkembangan perusahaan. Saat ini Human Resource Departement (HRD) dapat mengelola karyawan dengan cepat dan tepat dengan memanfaatkan Software HR LinovHR. Bagaimana cara Software HR LinovHR dalam meningkatkan kepuasan karyawan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini! 

 

Pengertian Kepuasan Karyawan

Kepuasan karyawan adalah tingkat kepuasan dan kebahagiaan yang dirasakan oleh karyawan atas kinerja dan peranan karyawan dalam perusahaan serta terpenuhinya kebutuhan karyawan dengan baik. Karyawan yang menyukai pekerjaannya cenderung mempunyai tingkat kepuasan lebih tinggi dibandingkan karyawan yang tidak menyukai pekerjaannya. Kepuasan seorang karyawan dipengaruhi berbagai aspek, yaitu; kecerdasan individu, rekan kerja, gaji, fasilitas kantor, pola pikir, latar belakang pendidikan, dan lain-lain. 

 

Mengapa Kepuasan Karyawan Penting? 

Setiap tahun, ada saja karyawan yang mengajukan resign karena merasa kurang puas dan memilih untuk bekerja di perusahaan lain yang menawarkan penawaran lebih menarik. Tingkat karyawan resign yang tinggi akan mempengaruhi employee turnover  rate atau tingkat perputaran masuk dan keluar karyawan. Jika dilihat dari sudut pandang non praktisi HRD, keluar masuk karyawan bukanlah hal yang serius. Namun dalam pengelolaan karyawan, employee turnover rate yang tinggi berdampak buruk terhadap budaya kerja dan citra perusahaan. HRD pun perlu menganggarkan budget ekstra dalam mengadakan rekrutmen untuk mengisi posisi kosong yang ditinggalkan. 

Itulah sebabnya mengapa perusahaan perlu mengelola dan menjaga tingkat kepuasan seorang karyawan. Karyawan yang memiliki tingkat kepuasan tinggi cenderung betah untuk berkontribusi lebih lama dibandingkan karyawan yang tidak puas. Semakin tinggi tingkat kepuasan, maka semakin harmonis budaya kerja perusahaan dan semakin rendah pula tingkat employee turnover rate. Citra perusahaan dimata publik juga tetap terjaga dengan baik.  

 

Cara Meningkatkan Kepuasan Karyawan ala Software HR

Kepuasan serta kebahagian bisa terwujud dengan pengelolaan karyawan yang optimal. Tanpa itu semua, karyawan tidak dapat bekerja dengan baik dan benar.  Kini pengelolaan karyawan dapat dilakukan lebih mudah dengan Software HR LinovHR. Inilah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan nya:

 

Kumpulkan Informasi Melalui Survei

Segala informasi mengenai kinerja merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan dalam meningkatkan kepuasan seorang karyawan. Untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan terhadap perusahaan, fitur engagement membantu HRD mengadakan berbagai jenis survei karyawan. Survei akan menghasilkan kumpulan informasi yang dibutuhkan HRD untuk meningkatkan proses keterlibatan karyawan dengan perusahaan.

Baca Juga: 6 Tips Menghemat Biaya Rekrutmen Karyawan dalam Perusahaan

 

Tingkatkan Produktivitas dengan Goals dan KPIs

Diperlukan sebuah sistem yang mampu melacak sejauh apa progres kinerja karyawan yang bersangkutan untuk meningkatkan produktivitas. Perusahaan dapat melacak progres kinerja terhadap tujuan dengan fitur goals dan KPIs. Goals digunakan untuk melihat sejauh apa perkembangan perusahaan terhadap tujuan dan visi misi perusahaan. Sementara KPIs digunakan untuk menilai kinerja karyawan.  Dengan memahami dimana posisi perusahaan dan kinerja karyawan berada, masing-masing pihak yang terkait dapat meningkatkan produktivitas agar target tercapai sesuai tenggat waktu.  

 

Berikan Reward Kepada Karyawan Unggulan

Karyawan unggulan berhak mendapatkan reward atau penghargaan agar termotivasi untuk menjaga kinerja yang sudah baik. Berikan reward kepada karyawan yang berperforma tinggi dengan melihat hasil penilaian karyawan melalui fitur result pada modul Performance di Software HR LinovHR.  Result membagi klasifikasi kinerja karyawan menjadi lima golongan, yaitu distraction, underperformance, contributor, achiever, dan rockstar. Karyawan yang berhak mendapatkan reward adalah karyawan berperforma tinggi yang masuk ke golongan achiever dan rockstar

 

Feedback untuk Karyawan Berperforma Rendah

Karyawan yang berperforma rendah berhak untuk mendapatkan masukan berupa feedback untuk dapat memperbaiki kinerja. HRD dan manajer dapat memberikan feedback secara sistematis melalui modul Performance dalam Software HR LinovHR.  Feedback yang tersistem dapat dijamin kerahasiaannya sehingga dijamin tidak akan disalahgunakan untuk kepentingan di luar pengelolaan karyawan. 

 

Program Pelatihan dan Pengembangan 

Perusahaan perlu menyelenggarakan program pelatihan dan pengembangan guna peningkatan kompetensi. Ketika karyawan berhasil melewati program pelatihan dan pengembangan, biasanya akan mendapatkan jenjang karir atau tanggung jawab yang lebih besar dari sebelumnya. Karyawan yang mendapatkan program pelatihan dan pengembangan secara rutin akan merasa bahwa perusahaan memperhatikan kesejahteraan dan kondisi karyawan sehingga merasa puas terhadap cara perusahaan memperlakukan karyawan. 

 

performance review

Meningkatkan Kepuasan Karyawan dengan Software HR LinovHR

Pengelolaan karyawan secara manual dapat menimbulkan berbagai masalah seperti kesalahan perhitungan gaji, penilaian kinerja yang bias, data dan informasi yang tak terdokumentasi dengan baik, dan sebagainya. Kendala tersebut dapat mengurangi kualitas pengelolaan karyawan dan akhirnya akan berpengaruh terhadap kepuasan dan kebahagian karyawan. Pengelolaan karyawan yang akurat dan cepat adalah kunci kepuasan dan kebahagian karyawan. Sebaliknya, jika pengelolaan karyawan berjalan lambat dan tidak tepat akan menurunkan tingkat kepuasan dan kebahagian karyawan. 

Dengan Software HR dari LinovHR, HRD dapat mengelola karyawan lebih efektif dan efisien. Sistem otomatis dalam Software HR dapat memproses semua pengelolaan karyawan mulai dari penilaian kinerja, perhitungan gaji, penyusunan daftar kompetensi, pemberian feedback, dan sebagainya lebih cepat dan akurat. Karena tersimpan dalam kesatuan sistem, HRD dapat meningkatkan dokumen fisik yang rentan rusak dan tercecer. Dengan begitu, pengelolaan karyawan lebih rapi dan terstruktur.

Dengan begitu kepuasan karyawan dapat terjaga dan meningkat dari waktu ke waktu.   Dapatkan uji coba gratis Software HR Indonesia LinovHR Sekarang juga, dan rasakan manfaatnya!